Cara Mencadangkan PC Windows atau Mac Anda

Salah satu masalah umum yang mungkin pernah terjadi kepada Anda juga adalah kehilangan konten PC karena hal tak terduga dan file tidak dapat dipulihkan karena Anda tidak melakukan pencadangan. Jika hard drive Anda rusak atau mengalami serangan malware, Anda tentu yakin semua data akan baik-baik saja jika Anda telah menjalankan tindakan pencegahan yaitu mencadangkan PC.

Tidak tahu apa yang perlu dicadangkan? Anda dapat memulai dari file pribadi seperti video rumahan, foto, pustaka musik, serta dokumen penting yang biasanya sulit dipulihkan. File pribadi harus sering dicadangkan. Anda juga dapat mencadangkan sistem pengoperasian, program, dan pengaturan lainnya yang Anda anggap penting. Mencadangkan komputer Anda sesering mungkin dan memprioritaskan tindakan ini dapat menghemat uang dan waktu Anda jika terjadi keadaan darurat.

Ada beberapa cara untuk mencadangkan sistem Anda, di antaranya adalah pencadangan online dan lokal. Anda disarankan memiliki setidaknya tiga salinan dari file penting Anda – file asli, cadangan, dan cadangan dari cadangan. Kombinasi pencadangan online dan lokal dapat melindungi Anda dari 99 persen kemungkinan hilangnya data.

Tangkapan Layar Riwayat File Windows 10

Pencadangan lokal atau di tempat adalah pencadangan yang dilakukan secara fisik di lokasi Anda, seperti pencadangan ke hard drive eksternal yang lebih cepat, mudah, dan aman. Windows menyediakan solusi sederhana untuk mencadangkan data Anda yang disebut dengan Windows Backup (Pencadangan Windows). Pada Windows 7 solusi ini disebut Restore (Memulihkan), sementara pada Windows 10 dikenal dengan File History (Riwayat File). Pertama, pastikan hard drive eksternal memiliki kapasitas yang sama atau lebih besar dari drive internal yang akan Anda cadangkan. Selanjutnya, ketikkan kata “backup” (“pencadangan”) di bilah pencarian, lalu pilih pengaturan Pencadangan. Di bagian atas layar, Anda akan melihat Pencadangan menggunakan Riwayat File dan Anda dapat menggunakan tombol plus untuk memilih drive mana yang akan digunakan sebagai tujuan pencadangan. Selanjutnya, Anda dapat menjadwalkan seberapa sering pencadangan dilakukan.

Tangkapan layar Time Machine MacOS

Bagi pengguna Mac, Anda dapat membuka Preferensi Sistem, Time Machine, lalu memilih disk pencadangan Anda. Anda dapat menetapkan agar sistem menjalankan pembaruan setiap jam dan membuat salinan dari semua perubahan ke hard drive yang Anda pilih. Ini adalah proses sederhana, tetapi pencadangan dapat berhenti jika drive Anda kehabisan ruang penyimpanan. Jika hal ini terjadi, semua yang Anda cadangkan akan menimpa data lama dan mungkin akan menimbulkan masalah ketika Anda perlu mengakses data lebih jauh di kronologi.

Pencadangan luar adalah pencadangan file yang disimpan di tempat lain, dan bukan di lokasi sistem Anda. Secara teknis, hal ini seperti mencadangkan ke hard drive yang Anda simpan di rumah teman, tetapi pada dasarnya proses ini disebut pencadangan online. Dropbox, Google Drive, iCloud, dan OneDrive adalah pilihan praktis dan berbiaya rendah yang memiliki opsi sinkronisasi otomatis sehingga Anda dapat menyinkronkan file terpenting Anda. Anda dapat membeli paket data berdasarkan besarnya data yang ingin Anda cadangkan. Anda dapat menggunakan perangkat lunak platform penyimpanan yang Anda pilih untuk menetapkan preferensi Anda. Saat Anda tersambung ke internet, data akan dicadangkan secara otomatis sesuai dengan preferensi yang telah ditetapkan.

Cara paling komprehensif dan aman untuk mencadangkan keseluruhan sistem Anda adalah dengan menggunakan disk image atau ghost image. Anda memerlukan perangkat lunak tertentu untuk melakukan hal ini. Ada opsi gratis seperti Macrium Reflect dan EaseUS untuk hard drive berukuran 1TB atau yang lebih kecil, dan ada juga opsi berbayar seperti Acronis True Image. Temukan perangkat lunak pencadangan dan pemulihan yang tepat untuk Anda serta lakukan riset dengan membaca ulasan dan menonton video untuk melihat apakah perangkat lunak tersebut sesuai untuk kebutuhan Anda. Pengguna Mac dapat menggunakan aplikasi Disk Utility untuk membuat disk image.

Penting untuk diingat bahwa mencadangkan komputer Anda adalah proses yang mudah dan sederhana yang membantu Anda menghemat uang dan waktu ketika nantinya terjadi hal tak terduga pada komputer Anda. Memprioritaskan pencadangan dan menyisihkan waktu untuk mencadangkan memori serta penyimpanan Anda sesering mungkin merupakan tindakan perlindungan dan pencegahan hilangnya data yang paling tepat. Secara keseluruhan, mencadangkan adalah kebiasaan yang baik untuk dilakukan jika Anda menangani banyak informasi pribadi atau informasi bisnis yang sensitif.

#KingstonIsWithYou

Solid State Drives