Tampilan seseorang yang bekerja dengan komputer laptop sambil memegang cangkir dan membelai seekor anjing

7 Tips Mudah untuk Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja dari Rumah

Pengalaman bekerja dari rumah bisa menjadi perubahan menyenangkan dari rutinitas harian Anda ke kantor, tetapi ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi meskipun berada dalam kenyamanan rumah sendiri. Anda bisa menjadi musuh terburuk diri sendiri karena kurangnya tanggung jawab dan rutinitas sehari-hari, ditambah gangguan dari anggota keluarga, teman sekamar, anak-anak, hewan peliharaan, dan siapa pun yang tinggal di rumah bersama Anda. Dengan menetapkan peraturan dasar dan menyusun tugas harian, Anda bisa menciptakan lingkungan kerja yang produktif untuk membatasi gangguan serta menjaga Anda tetap bersemangat dalam bekerja. Berikut adalah 7 tips untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah.

1. Sediakan Ruang Kerja Khusus yang Ideal

Komputer di atas meja

Untuk Anda yang bekerja dari rumah saat ini, mempunyai ruang kerja khusus hampir merupakan kemewahan tersendiri. Beberapa mungkin mempunyai ruang kantor khusus di dalam rumah mereka, tetapi banyak, termasuk beberapa dari kami di Kingston, harus puas dengan apa yang kami punya, baik bekerja dari meja dapur atau menggunakan permukaan rata yang bisa kami temukan sebagai meja serbaguna.

Apa pun situasi Anda, coba cari sebuah tempat di rumah dan ubah menjadi ruang kerja khusus. Bisa jadi kamar atau dapur. Atau ruang tamu. Selama Anda memilih tempat yang dapat menjauhkan diri dari gangguan dan memungkinkan Anda fokus pada pekerjaan.

Jangan bermain di tempat bekerja dan jangan bekerja di tempat bermain. Menjaga batasan yang jelas antara tempat untuk beristirahat dan bekerja adalah kunci dalam menciptakan lingkungan yang dapat membuat Anda sadar waktunya untuk bekerja.

Tujuannya adalah untuk memisahkan pekerjaan dan kehidupan rumah Anda walaupun Anda bekerja dari rumah. Membuat batasan antara bekerja dan istirahat dengan menyediakan ruang untuk bekerja akan membantu Anda tetap produktif sekaligus membatasi gangguan.

2. Susun dan Prioritaskan Hari Kerja Anda

Saat masuk ke kantor, terdapat ritme natural saat beraktivitas yang membantu untuk membuat sebuah rutinitas. Semua persiapan kecil yang Anda siapkan di balik layar untuk memulai hari akan membantu dalam mengelola jadwal pribadi. Rutinitas pagi Anda sebelum berangkat ke kantor memungkinkan Anda menyiapkan mental untuk bekerja.

Komputer laptop di atas meja

Rutinitas tersebut telah berubah sejak beralih menjadi bekerja dari rumah. Anda tidak lagi memiliki aturan yang mengharuskan Anda melakukan hal dalam waktu tertentu. Membuat batasan tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan mental Anda sebelum kelelahan atau terlalu banyak bekerja.

Coba buat jadwal yang memisahkan waktu antara jam kerja dengan kehidupan rumah secara detail. Jika Anda bekerja lebih baik pada pagi hari, coba optimalkan jadwal agar Anda selalu memaksimalkan jam kerja produktif di pagi hari. Jika Anda bekerja lebih baik pada sore hari, pusatkan jadwal Anda sekitar sore hari agar Anda akan bekerja sebaik mungkin setiap hari.

Namun, jangan lupa untuk beristirahat. Terutama istirahat makan siang. Penting untuk memaksimalkan produktivitas saat jam kerja, tetapi meluangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan badan dan pikiran juga sama pentingnya. Walaupun bekerja dari rumah kesannya tidak begitu melelahkan, bisa saja Anda memaksakan diri untuk bekerja terlalu keras. Itu mengapa istirahat adalah hal penting dalam jadwal kerja yang sehat dan produktif.

3. Pulang dari “Kantor” saat Jam Kerja Berakhir

Jam

Anda mungkin berpikir bahwa bekerja dari rumah bisa menciptakan pekerjaan dan kehidupan yang lebih seimbang. Karena sudah nyaman bekerja dari rumah, Anda mudah terpaku dengan pekerjaan dan tidak pernah "pulang lebih awal". Perhatikan jam kerja dan beri kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sadar akan batas waktu selesai bekerja akan membantu Anda dalam memaksimalkan jam kerja agar lebih produktif. Jika Anda hanya duduk dan bekerja seharian tanpa akhir yang pasti, Anda akan bekerja terlalu keras serta kelelahan tanpa menyelesaikan apa pun. Proyek dan pekerjaan yang sulit dengan tenggat waktu terbatas akan datang menghantui jika Anda tidak menetapkan batasan.

Di kantor, mudah untuk mengingat waktu pulang ketika semuanya mulai berkemas dan bersiap untuk pulang. Ketika Anda di rumah, tidak ada pengingat kolektif yang memberi tahu Anda waktunya untuk pulang. Anda tidak harus pulang kerja pada waktu yang sama setiap hari. Namun, menetapkan batasan untuk memisahkan waktu selama jam kerja dan di luar jam kerja akan mengingatkan Anda untuk segera pulang serta beristirahat sambil bersiap untuk hari berikutnya.

4. Gunakan Alat yang Benar

Sekarang komunikasi dan kolaborasi lebih penting dibandingkan dahulu, sejak semua orang bekerja secara individu dari rumah. Banyak dari kita menggunakan panggilan video dan audio untuk tetap terhubung dengan rekan kerja, mengadakan rapat serta absen. Beberapa peralatan yang penting seperti keyboard, mouse, adaptor USB, monitor, mikrofon, dan headphone dapat membantu Anda tetap efisien serta produktif tanpa perlu khawatir dengan gangguan kecil.

Tampilan atas sebuah meja dengan komputer

Selain laptop, memiliki layar monitor ekstra menambahkan kemewahan dalam ruang kerja Anda. Anda bisa memiliki berbagai program dan aplikasi yang terbuka secara bersamaan pada layar Anda untuk membuat hal lebih mudah dikendalikan serta nyaman.

Menggunakan keyboard berukuran penuh dan mouse akan menambahkan kenyamanan saat bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama. Kedengarannya simpel, tetapi menggunakan keyboard berukuran penuh dan mouse daripada keyboard serta trackpad dari laptop Anda bisa meningkatkan produktivitas dengan membuat alur kerja lebih cepat dan nyaman.

Selain itu, menggunakan headset untuk panggilan video dan audio dapat menjadi hal yang baru. Ada headset nirkabel yang dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kabel dan kabel tambahan. Anda juga tidak perlu mikrofon terpisah karena kebanyakan headset sudah menyertakan mikrofon. Beberapa merupakan mikrofon bawaan, ada juga yang dapat dilepas.

Beberapa produk bekerja dari rumah favorit kami termasuk drive USB terenkripsi dan Nucleum USB-C. Drive USB terenkripsi membuatnya cepat dan mudah untuk memindahkan data antar perangkat, serta memberikan pengamanan data yang luar biasa untuk menyimpan informasi Anda. Jika Anda harus ke kantor untuk mengambil file, pertimbangkan menggunakan USB yang terenkripsi untuk menyimpan data tetap aman.

Nucleum adalah sebuah hub yang mengatur semuanya. Hub ini memungkinkan penggunaan mouse, monitor, USB, dan power pass through untuk mengisi daya perangkat yang terhubung. Menghadirkan kembali fungsionalitas dengan semua aksesori yang Anda sukai dengan notebook – menjadikannya teman yang sempurna untuk menciptakan ruang kerja dari rumah yang ideal.

5. Komunikasi Adalah Hal Utama

Orang-orang dalam obrolan video di laptop

Berkomunikasi merupakan hal penting ketika bekerja dari rumah. Berkomunikasi dengan rekan kerja Anda tentang proyek dan mengabari mereka terkait pekerjaan serta ketersediaan merupakan hal penting untuk menjaga pengalaman bekerja dari rumah yang lancar dan mudah.

Tujuan bekerja dari jarak jauh adalah untuk tetap merasa terhubung meskipun terisolasi dari rekan kerja yang lain. Ada berbagai aplikasi dan alat yang dirancang untuk membantu Anda tetap berhubungan dengan anggota tim, dengan menggunakan yang tepat untuk Anda dan tim dapat mengubah semuanya agar tetap produktif di rumah.

Di Kingston, kami menggunakan Asana dan Microsoft Teams untuk tetap terhubung, mengelola proyek serta pekerjaan kami. Untuk berkomunikasi dan memfasilitasi detail pekerjaan, kami menggunakan Microsoft Teams untuk mengobrol dan mengadakan konferensi video. Untuk mengelola pekerjaan, kami menggunakan Asana yang memungkinkan kami mengunggah dan membagikan file, menetapkan proyek, serta menjadwalkan tenggat waktu.

Kami juga menggunakan Zoom untuk mengadakan acara sosial yang seru seperti malam game dan waktu bersenang-senang. Hal tersebut merupakan cara yang tepat untuk tetap terhubung dan bersosialisasi dengan anggota tim di luar jam kerja untuk mendapatkan kesempatan terlibat dalam aktivitas membangun tim yang menyenangkan.

Seekor anjing di komputer

6. Batasi Gangguan

Bekerja dari rumah sudah pasti pengalaman yang lebih nyaman, tetapi tidak berarti itu lingkungan kerja yang ideal. Gangguan adalah tantangan terbesar saat bekerja dari rumah. Semua yang Anda nantikan setelah bekerja, sekarang mudah didapatkan. Cukup sulit untuk tetap fokus di kantor, tetapi jauh lebih sulit ketika di rumah.

Mengerjakan pekerjaan yang lain saat waktu istirahat Anda bukanlah masalah, seperti mencuci pakaian atau menyiapkan camilan, tetapi perhatikan seberapa sering Anda terganggu. Hindari melakukan aktivitas yang terlalu banyak memakan waktu dan fokus.

Menetapkan timer saat istirahat dapat membantu agar Anda tidak terganggu dan mengingatkan Anda untuk kembali bekerja. Karena rekan kerja tidak berada di kantor untuk mengingatkan Anda, penting untuk lebih berupaya dalam mengurangi gangguan.

7. Bersosialisasi dan Terlibat

Pengguna laptop dalam obrolan video sembari memegang bir

Semenjak bekerja dari rumah, kita kehilangan interaksi sosial yang biasa kita lakukan untuk membantu menghilangkan bosan dalam bekerja dan tetap bersosial. Kita tidak lagi mendengar obrolan ringan dan kejadian menarik yang membuat kita terhibur dan tanpa sadar membuat jam kerja selesai lebih cepat.

Untuk mengatasi jarak, mengobrol dengan rekan kerja melalui aplikasi pesan seperti Slack dan Microsoft Teams atau program konferensi seperti Skype atau Zoom. Interaksi kecil dan bersosial bisa sangat membantu dalam mengurangi rasa kesepian dan terisolasi. Tetap berhubungan dengan rekan kerja dan jaga hubungan sosial yang sehat dengan tim Anda.

Semua ini tidak hanya diterapkan untuk rekan kerja saja. Anda mungkin tidak bisa bertemu secara langsung, tetapi mengadakan acara virtual untuk berkumpul dengan teman atau saudara adalah cara yang baik untuk tetap bersosial dan terlibat dengan orang lain. Walaupun kita berada di rumah, masih penting untuk menghubungi, berhubungan, dan berbagi kehidupan kita dengan satu sama lain.

#KingstonIsWithYou

Encrypted USB Flash Drives