seorang pria dan seorang wanita di kantor sedang mengedit video pada 2 monitor

Berapa banyak memori yang Anda butuhkan untuk mengedit video?

Memori penting bagi orang yang mengandalkan komputer yang cepat dan efisien untuk pengeditan video. Perangkat lunak pengeditan video menggunakan lebih banyak RAM (Random Access Memory) daripada yang dimiliki kebanyakan komputer, dan tanpa memiliki cukup memori, hampir tidak mungkin untuk mengedit video tanpa komputer rusak atau macet. Jumlah pasti memori yang Anda perlukan untuk pengeditan video akan ditentukan oleh perangkat lunak yang Anda gunakan, jenis rekaman yang Anda edit, dan jumlah aplikasi atau program berbeda yang akan Anda gunakan pada saat yang bersamaan. Untuk mendapatkan pengalaman pengeditan video yang lancar, Anda mungkin perlu menambahkan memori yang lebih banyak. Memiliki memori yang lebih banyak sangat penting untuk setiap bagian dari proses pengeditan video dan sangat disarankan untuk editor video mana pun yang ingin merevitalisasi mesin mereka yang bermasalah.

Bagimana cara kerja RAM?

mengetik dengan tangan pada keyboard laptop dengan SSD Kingston, ilustrasi memori yang terhubung dengan jalur sirkuit

RAM (Random Access Memory) adalah memori jangka pendek komputer, yang memungkinkan Anda mengakses banyak program sekaligus, dengan kecepatan dan efisiensi tinggi. Sebaliknya, HDD atau SSD komputer adalah memori jangka panjang, tempat dimana informasi disimpan secara lebih permanen. Baik Anda mengedit email, dokumen, atau video, semua tugas ini membutuhkan RAM. Banyaknya RAM yang Anda butuhkan tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan dan berapa banyak hal yang Anda lakukan sekaligus. Untuk pengeditan video, jumlah memori yang dimiliki komputer atau laptop Anda sangat penting untuk alur kerja Anda. Tanpa memori yang cukup, komputer Anda tidak akan dapat melakukan tugas yang diperlukan dan mengedit video akan berubah menjadi hal yang tidak perlu.

Berapa banyak RAM yang Anda butuhkan untuk mengedit video?

Singkatnya, semakin banyak RAM yang dimiliki sebuah komputer, semakin cepat komputer beroperasi. Anda memerlukan memori yang cukup dan tersedia untuk memuat sistem operasi komputer Anda, untuk membuka perangkat lunak pengeditan video yang Anda perlukan, untuk mengedit video dengan mudah, dan agar tugas background komputer dapat terus bekerja. Selain itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan bahwa aplikasi lain yang Anda buka, seperti Google Chrome atau Spotify, juga memerlukan sebagian besar RAM komputer. Untuk pengeditan video, sangat penting untuk mempertimbangkan jumlah RAM yang Anda perlukan untuk jenis dan jumlah rekaman video yang ingin Anda edit.

8GB

Ini adalah kapasitas minimum RAM yang sebaiknya Anda gunakan untuk mengedit video. Pada saat sistem operasi Anda dimuat, dan Anda membuka aplikasi pengeditan video seperti Adobe Premier Pro, sebagian besar RAM 8GB sudah digunakan. 8GB mungkin cukup untuk mengedit proyek yang lebih kecil dari 1080p, tetapi ini mungkin memerlukan penutupan program lain untuk membebaskan sebagian RAM. Pengeditan 4K hampir tidak mungkin dilakukan dengan 8GB, dan Anda akan membutuhkan banyak kesabaran untuk melihat pratinjau file video. RAM 8GB hanya memungkinkan produktivitas dasar dan oleh karena itu tidak boleh dipertimbangkan jika Anda menginginkan pengalaman pengeditan video yang efisien.

16GB

Mengingat sebagian besar komputer dilengkapi dengan RAM 4GB, 16GB akan memberi Anda cukup memori untuk melakukan banyak hal sekaligus dikomputer tanpa kesulitan. 16GB cukup untuk mengedit proyek 1080p atau file 4K dengan efek minimum. Namun, dengan tugas backgroud yang berjalan, dan beberapa aplikasi terbuka, komputer mungkin kesulitan untuk bekerja secara efisien. Kebanyakan orang akan kesulitan menggunakan RAM 16GB, tetapi bagi profesional kreatif yang perlu merender file besar dan menggunakan perangkat lunak yang rumit, 32GB harus dipertimbangkan.

32GB

Ini adalah kapasitas optimal RAM yang dibutuhkan komputer untuk mengedit video. 32GB akan memungkinkan Anda untuk mengedit semua jenis file, dan Anda akan dapat bekerja dengan video yang lebih panjang. Dengan RAM 32GB, Anda dapat menjalankan beberapa program secara bersamaan, dan masih dapat mengedit dan melihat video Anda secara efisien. 32GB memungkinkan Anda melakukan semua yang Anda butuhkan untuk mengedit video, tanpa memperlambat alur kerja Anda.

64GB

Sebagian besar editor video tidak perlu menggunakan RAM 64GB. Jika Anda berencana untuk mengedit file 8K atau bekerja dengan grafik bergerak, maka 64GB mungkin berguna untuk kebutuhan Anda. Tetapi ini mungkin membuat Anda mengeluarkan biaya lebih dari nilainya.

Kesimpulannya, jumlah RAM yang Anda miliki di PC atau laptop akan membuat perbedaan yang signifikan pada kemampuan Anda untuk mengedit video dengan mulus dan efisien. Meskipun 8GB atau 16GB adalah jumlah RAM yang besar bagi kebanyakan orang, pengeditan video membutuhkan lebih banyak RAM karena kerumitan perangkat lunak dan jenis file yang digunakan. Anda masih dapat menggunakan RAM 8GB atau 16GB untuk pengeditan video, tetapi jenis dan jumlah rekaman yang dapat Anda edit akan dibatasi dan Anda mungkin harus mematikan aplikasi lain. Namun, dengan membeli setidaknya kapasitas RAM 32GB, Anda akan meningkatkan pengalaman pengeditan video secara signifikan dan dapat melakukan semua tugas yang diperlukan tanpa memperlambat komputer Anda.

#KingstonIsWithYou

Pencarian Memori Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 30 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Video terkait

  • Jumlah Memori - Berapa Banyak RAM yang Anda Butuhkan? DIY dalam 5 ep 27

    Pikirkan RAM seperti papan pin: itu menyimpan semua dokumen yang sedang Anda kerjakan di memori, saat daya menyala.

  • Tips Mengedit Video - Rekomendasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak - DIY dalam 5 Ep 136

    Apakah Anda tiba-tiba menemukan diri Anda dengan keinginan untuk membuat konten video keren dan membagikannya kepada dunia?

  • PC Build - Pengeditan 4k Video PC Build 2019 - DIY dalam 5 Ep 108

    Berencana mengedit video 4K tetapi tidak yakin apakah model pra-bangun dari $1.000 akan berfungsi? Jangan khawatir. Kami akan menunjukkan cara membuat rig pengeditan 4K terbaik.

  • Pembuatan PC pengeditan video - DIY dalam 5 Ep 54

    Berikut adalah bagian-bagian yang benar-benar Anda perlukan untuk membangun PC pengeditan video.