Potret seorang pria sedang meng-upgrade perangkat keras komputer desktopnya di rumah
Apakah ini waktunya untuk upgrade rakitan PC Anda?

Menentukan waktu yang tepat untuk upgrade rakitan PC Anda bukanlah hal yang mudah. Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda perlu melakukan upgrade setiap ada versi baru atau apakah sebaiknya menunggu hingga PC tidak berfungsi? Keputusan untuk upgrade rakitan Anda sangat bergantung pada fungsi dan performa PC Anda saat ini, serta berapa dana Anda karena membeli part baru juga membutuhkan biaya. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat ingin upgrade PC Anda.

Mengganti komponen

Jika bagian di dalam rakitan Anda tidak berfungsi dan menimbulkan masalah terhadap bagian PC lainnya, sebaiknya segera upgrade bagian tersebut. Jika Anda menunggu terlalu lama untuk melakukan upgrade, komponen yang rusak mungkin bisa memperlambat bagian lain PC Anda. Jika Anda tidak yakin bagian mana yang membuat PC Anda tidak berfungsi dengan benar, penting agar menjalankan uji diagnosis atau membawa PC kepada orang yang ahli. Jika harus mengganti bagian yang rusak, ini mungkin waktu yang tepat untuk mengganti komponen lain di rakitan PC Anda guna meningkatkan keseluruhan performa.

Performa yang lebih baik

pria muda duduk di rumah di depan mejanya, berteriak ke arah PC

Jika PC Anda tidak bekerja seperti biasanya, mengganti rakitan Anda di bagian tertentu akan membuatnya berfungsi seperti semula. Biasanya, bagian perangkat keras paling berpengaruh yang dapat Anda ganti agar performa game meningkat adalah GPU. Sekarang ini, grafik game telah menjadi makin realistis, sehingga sangat mengandalkan laju frame yang cepat. Jika Anda mengalami masalah grafis yang tidak bergerak (freeze) atau ingin memainkan game yang lebih menantang, mengganti kartu grafis Anda dapat menjadi salah satu peningkatan terbaik untuk performa yang lebih baik dan pengalaman gaming yang lebih menyenangkan.

Jika Anda kesulitan memuat halaman, streaming langsung, atau waktu respons yang lambat, sebaiknya Anda meningkatkan atau mengganti memori Anda. Meningkatkan memori komputer dapat berguna bagi gamer karena waktu responsnya akan lebih cepat, laju frame akan meningkat, dan game akan berjalan lebih mulus. 16GB adalah jumlah optimal RAM yang kami sarankan untuk pengalaman game berkualitas tinggi. Selain itu, berdasarkan beban kerja, aplikasi, dan multi-tasking, 32 GB akan menjadi solusi untuk memberikan ruang ekstra agar sistem Anda tidak usang.

Menambah penyimpanan Anda juga merupakan peningkatakan yang perlu dipertimbangkan jika Anda kehabisan ruang untuk menyimpan game, atau jika Anda mengalami waktu muat yang lambat. Ingat, Anda akan perlu menyimpan data lain di SSD Anda selain game sehingga sebaiknya gunakan penyimpanan berukuran setidaknya 500GB. Kami menyarankan penyimpanan berukuran 1TB atau 2TB agar Anda tidak pernah kehabisan ruang untuk game terbaru.

Bagian komponen terbaru

Beberapa gamer tidak menunggu hingga PC mereka berhenti berfungsi atau hingga performanya macet sebelum meningkatkan rakitannya karena di antara mereka ada yang ingin melakukan peningkatan setiap kali bagian baru dirilis. Produsen terus saling bersaing untuk merilis komponen yang lebih cepat dan lebih kecil dengan fitur yang baru dan menarik. Kemarakan perilisan terbaru dapat membuat Anda merasa harus meningkatkannya lebih awal dari yang dibutuhkan. Upgrade rakitan PC setiap kali Anda membeli bagian yang baru dirilis dapat membuat Anda menjadi boros. Namun, jika Anda adalah gamer profesional yang memiliki dana untuk melakukan hal ini, upgrade dengan bagian terbaru akan menjaga rakitan PC Anda bekerja hingga standar yang tertinggi.

Apakah peningkatan PC perlu dilakukan?

Singkatnya, penting agar memerhatikan rakitan PC Anda untuk memeriksa apakah semua bagian berfungsi dengan benar dan memantau performa sistem Anda. Jika Anda menyadari ada bagian yang berhenti berfungsi atau performanya macet, itu adalah saat yang tepat untuk melakukan peningkatan. Sebagian besar gamer menginginkan peralatan berperforma tinggi untuk mendapatkan pengalaman gaming sebaik mungkin. Meningkatkan sistem Anda mungkin adalah hal yang menyulitkan, tetapi PC Anda akan tetap menjadi mesin gaming yang kuat.

#KingstonFURY #KingstonIsWithYou

Kingston FURY Beast RGB dengan kipas pendingin CPU serta kabel yang dipasang di dalam motherboard dengan monitor di sebelah kiri dengan spesifikasi PC

Kingston FURY

Minta Bantuan Pakar