Tampilan belakang pasangan yang duduk di sofa ruang keluarga dan sedang menonton TV, si pria memegang remote

Cara memanfaatkan SSD lama Anda sebagai drive penyimpanan eksternal

Bisakah SSD digunakan sebagai penyimpanan eksternal?

SSD dikenal karena fungsinya untuk menyediakan penyimpanan internal di dalam laptop atau komputer. Namun, apakah Anda tahu bahwa SSD juga dapat digunakan sebagai penyimpanan eksternal? Penyimpanan eksternal adalah cara mudah dan portable untuk menyimpan semua file Anda. Dengan terhubung pada bagian luar perangkat, drive penyimpanan eksternal memungkinkan Anda mencadangkan dan memindahkan semua file dari komputer ke perangkat lainnya. Anda dapat membeli drive penyimpanan eksternal, tetapi daripada menghabiskan lebih banyak uang, gunakan apa yang sudah Anda memiliki untuk membangun drive sendiri. Terus baca untuk mempelajari cara memanfaatkan SSD lama Anda sebagai drive penyimpanan eksternal.

Apakah SSD lebih baik daripada HDD?

SSD KC600 Kingston dengan casing USB 3.0, kabel USB, serta mounting bracket untuk desktop

Solid State Drive (SSD) telah berevolusi dalam beberapa tahun terakhir, dan kebanyakan laptop saat ini menggunakan SSD sebagai penyimpanan utamanya, menggantikan produk Hard Disk Drive (HDD). SSD SATA hampir sepuluh kali lebih cepat, dan karena tidak memiliki komponen bergerak, SSD SATA lebih dapat diandalkan dengan performa yang lebih kuat daripada HDD. Oleh karena itu, mengganti hard drive dengan SSD adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa komputer Anda yang lambat.

Kapankah waktu yang tepat untuk menggunakan kembali perangkat penyimpanan lama Anda

Sudahkah Anda meningkatkan ke drive penyimpanan terbaru? Mungkin ke SSD NVMe? Sebelum Anda membuang SSD SATA, SSD M.2, atau HDD lama, Anda mungkin akan senang mendengar bahwa drive lama dapat digunakan kembali dan terbukti lebih berguna dari yang Anda kira.

Jika Anda menyingkirkan drive lama karena masalah serius, drive tidak akan berfungsi lebih baik sebagai penyimpanan eksternal. Namun, jika Anda meningkatkan penyimpanan saat ini ke SSD yang lebih cepat atau berkapasitas lebih besar, Anda dapat menggunakan yang lama sebagai penyimpanan eksternal. Untuk drive SATA, Anda dapat membeli Kit Instalasi SSD secara terpisah. Kit ini mencakup casing USB 3.0, kabel USB, mounting bracket 3,5 inci untuk desktop, dan perangkat lunak Acronis Cloning.

Cara mengubah SSD lama menjadi penyimpanan eksternal

  • Langkah yang pertama adalah mentransfer semua data dari drive lama ke drive baru. Tidak masalah jika Anda menginstal drive baru ke PC atau di casing terlebih dahulu, tetapi pastikan Anda telah melakukan kloning data dari drive lama ke drive baru. Pastikan untuk membeli drive yang menyertakan kit kloning.
  • Jika belum membeli, buka casing dan masukkan SSD ke dalam. Casing 3.0 yang disertai dengan Paket Kit atau kit instalasi SNA-B menggunakan pengancing. Casing lain mungkin perlu dibuka menggunakan obeng. Anda juga dapat menginstal SSD M.2 ke dalam casing. Terdapat casing dengan konektor USB-A atau USB-B. Jika komputer Anda mendukung USB-C dan NVMe, pastikan Anda menggunakan casing M.2 NVMe. Anda dapat menonton video kami tentang topik ini di galeri berikut.
  • Sebelum Anda dapat menggunakan penyimpanan lama sebagai penyimpanan eksternal, Anda harus menghapus atau memformat file lama.
  • Sekarang Anda dapat mulai menggunakannya sebagai drive eksternal.

Anda bahkan dapat meningkatkan penyimpanan eksternal Anda dan mentransformasi casing menjadi perangkat kreatif dan dipersonalisasi dengan membuat kustomisasi pada tema casing seperti kayu, kulit, dan kuningan steampunk, Lego atau semen! Penyimpanan eksternal tidak harus monoton.

#KingstonIsWithYou

Produk-produk terkait

Minta Bantuan Pakar