Keuntungan NVMe di Perusahaan

Keuntungan NVMe di Perusahaan

Kenapa NVMe Penting untuk Pusat Data

Protokol penyimpanan semakin membaik seiring banyaknya organisasi yang berinvestasi untuk kelangsungan transformasi digital di lingkungan perusahaan yang padat data. Hingga sekarang, SATA (dukungan untuk SSD dan disk hard drive berputar) adalah protokol dominan, namun dengan berkembang pesatnya memory express yang stabil, peradaban mengarah ke teknologi jenis baru.

NVME LogoDikenal sebagai NVMe, protokol penyimpanan baru ini memberdayakan pusat data dan lingkungan perusahaan agar memanfaatkan penuh memori flash performa tinggi. Antarmuka SATA yang dibuat untuk hard drive bekerja secara tidak efisien jika dipasangkan dengan SSD yang berbasis memori flash. Sementara protokol SATA tersedia untuk SSD dan HDD, NVMe didesain khusus untuk SSD. Oleh karena itu, perbedaan performa antar SATA dan NVMe sangat memukau.

Gbr. 1 di atas menunjukkan perbedaan IOPS dan bandwidth di SATA dan NVMe

SATA III memamerkan kecepatan hingga 600MB/dtk tetapi tidak dapat mempertahankan performa ini secara konsisten. SSD berbasis SATA optimal untuk sebagian beban kerja pusat data karena ada banyak server turunan di praktiknya yang hanya mendukung SSD SATA/SAS, tetapi pada akhirnya performa SSD akan dibatasi.

Karena mampu melakukan banyak operasi I/O bersamaan, NVMe memungkinkan pemrosesan multicore yang diperlukan banyak organisasi agar dapat bersaing dalam akses, manipulasi, dan pemrosesan data secara efisien di lingkungan perusahaan. Kualitas Layanan (Quality of Service, “QoS”) ini memberikan keseimbangan luar biasa antara pengiriman I/O yang konsisten dengan performa baca dan tulis IOPS untuk mengelola berbagai beban kerja.

Kenapa Memilih NVMe Daripada SATA?

Keuntungan berganti ke NVMe termasuk mendapatkan kecepatan lebih tinggi dan banyak aliran data simultan yang memaksimalkan penggunaan CPU dan GPU. NVME juga mendukung banyak form faktor termasuk koneksi M.2, U.2 dan EDSFF yang membuatnya serba guna bagi banyak platform penyimpanan dari server untuk penyimpanan yang semuanya flash.

NVMe memungkinkan data dibagi dan dibuat efisien, di mana data dituliskan pada waktu bersamaan. Selain itu, memberikan bandwidth enam kali lebih besar, peningkatan latensi tiga kali lipat, dukungan multicore, dan efisiensi 4K. Tidak hanya itu, NVMe dilengkapi sejumlah perintah komunikasi dengan NVMe SSD. Hasilnya adalah antarmuka yang lebih cepat dan kerja rutin yang optimal dalam menulis data ke SSD.

Bisnis dan organisasi dalam lingkungan perusahaan menitikberatkan investasi dalam membuat, memanipulasi, menganalisis, dan menyimpan data agar tetap kompetitif. Protokol PCIe dan NVMe yang baru ini sangat meningkatkan penyimpanan, pengelolaan, dan pengaksesan data secara efisien tanpa mengorbankan performa dengan menghilangkan hambatan dan batasan yang ada di protokol yang dulu.

SSD NVMe perusahaan juga harus mampu menyertakan peningkatan QoS ke dalam desain firmware dan hardware. SSD NVMe dengan QoS yang baik menjamin I/O dan pengiriman latensi yang dapat diprediksi sehingga aplikasi dapat bergantung padanya untuk memberikan performa terbaik bagi pengembang dan seterusnya hingga antarmuka pengguna akhir. NVMe tengah memimpin perjalanan untuk membuat teknologi penyimpanan lebih baik dengan mengubah cara bisnis beroperasi dengan data.

Performa NVMe di Perusahaan

Peningkatan performa NVMe akan menguntungkan beban kerja sensitif latensi dan area lain seperti analitik data besar real-time atau lingkungan database dengan beban kerja berat. Protokol NVMe memanfaatkan jalur data paralel berlatensi rendah yang mirip arsitektur prosesor standar industri. Hal ini memungkinkan performa yang lebih tinggi dan latensi lebih rendah dibandingkan dengan protokol SATA lawas. NVMe memungkinkan beban kerja mempercepat aplikasi yang memerlukan kecepatan tinggi sekaligus memberikan aplikasi dan kemampuan baru untuk pemrosesan beban kerja waktu nyata di pusat data dan Edge.
  • Performa Tinggi pada 3GB/dtk

  • Latensi Rendah Dapat Diprediksi dan Konsistensi I/O Tinggi

  • Mengurangi Latensi Aplikasi

Gbr. 2 di atas menunjukkan perbedaan latensi antara SATA dan NVMe

Industri seperti layanan kesehatan, keuangan, dan telekomunikasi bergantung pada komputer dengan performa tinggi dan latensi rendah yang sangat cepat. Perusahaan layanan kesehatan dan telekomunikasi memanfaatkan kecepatan NVMe untuk beban kerja yang cepat dan kompleks karena waktu tunggu prosesor di NVMe hampir nol saat membaca data dari penyimpanan. Perusahaan finansial menggunakan NVMe sebagai penyimpanan tambahan untuk mempercepat transaksi berjumlah tinggi.

Database proses transaksi online (OLTP) dan data besar juga diuntungkan dari keceparan baca performa tinggi. Bisnis dapat menggunakan cache SSD untuk memasang pin data, metadata, dan indeks di database tanpa memperlambat kecepatan baca. Hal ini meningkatkan kecepatan kueri yang pada akhirnya akan meningkatkan performa database. Analis bisnis dapat membuat keputusan real-time dengan data yang dapat diakses yang cepat karena beban kerja intensif data besar tidak lagi akan lagi terhambat. NVMe tidak terbatas hanya pada satu jenis beban kerja spesifik karena performa untuk aplikasi lain juga ditingkatkan.

Gam. 3 di atas menunjukkan pengujian OLTP


NVMe memungkinkan admin untuk mengoptimalkan lingkungan tervisualisasi dengan menaikkan jumlah mesin virtual yang dapat didukung jaringan virtual. Biasanya, lingkungan virtual perlu membagi jaringan berdasarkan beban kerja, latensi, atau IOPS. Hal ini dapat menyebabkan harga yang mahal dan beban kerja bertambah terhadap pengelolaan. NVMe sengaja dibuat untuk mengelola klaster dan performa yang dioptimalkan di seluruh beban kerja yang memungkinkan lingkungan virtual untuk mendorong kecepatan dan performa jaringan tanpa memerlukan partisi kompleks.

Kenapa beralih ke NVMe?

Dengan berkembangnya data besar, sistem perusahaan membutuhkan solusi baru untuk memenuhi permintaan dan tantangan dari perjalanan data yang baru ini. Bahkan SSD performa tinggi yang tehubung ke protokol lawas dapat mengalami penurunan performa, latensi yang makin tinggi, dan Kualitas Layanan (QoS) yang buruk jika menangani data besar.

Teknologi baru NVMe membantu mencegah hambatan, memanfaatkan penuh semua core CPU dan GPU, memungkinkan penerapan penskalaan atas tradisional untuk database, sekaligus memunculkan arsiteksur komputasi edge yang perlu diskalakan untuk memenuhi permintaan baru.

NVMe didesain untuk media penyimpanan performa tinggi dan stabil, dan merupakan satu-satunya protokol yang sanggup memenuhi permintaan data besar dan melayani lingkungan perusahaan padat data, termasuk penyimpanan cloud dan ekosistem komputasi edge. NVMe adalah protokol terbaik untuk membantu toko bisnis, yang mengelola serta mengakses data secara efisien sambil meningkatkan performa, keandalan, dan konsistensi.

#KingstonIsWithYou

Produk-produk terkait

For information about how COVID-19 has affected our business operations, click here.