A man using a laptop in the floor with a drone, DSLR, and action cam nearby

Cara Memilih Kartu Memori yang Tepat untuk Penggunaan Anda

Faktor-faktor penting dalam memilih kartu memori adalah kecepatan, kapasitas, dan jenis perangkat yang digunakan. Memiliki kapasitas banyak dengan harga terjangkau adalah hal yang ideal, tetapi penting juga untuk memiliki kartu memori yang mempunyai kecepatan tulis yang cepat untuk menangkap semua rekaman Anda tanpa kesalahan. Anda perlu memikirkan pemilihan kartu memori dengan format yang benar, tergantung kebutuhan dan penggunaan Anda.

Megabit vs Megabyte

Aspek pertama yang dapat menyebabkan kebingungan adalah perbedaan antara megabit dan megabyte. MB/dtk berarti megabyte per detik, sedangkan Mb/dtk adalah megabit per detik. Terkadang, mereka juga ditulis “MBps” dan “Mbps” seolah-olah perbedaan antara keduanya sama saja.

Sederhananya, hilangkan “mega” dan cukup fokus pada kata bit maupun byte. 1 byte terdiri dari 8 bit. Artinya, 1MB/dtk = 8Mb/dtk. Hal tersebut penting karena beberapa manufaktur kamera akan menunjukkan kecepatan data video dalam megabit, bukan megabyte.

Misalnya, kamera tanpa cermin a7S III dari Sony memiliki kecepatan data video 4K sebesar 600 megabit per detik (Mb/dtk). Jika Anda mencari kartu SD untuk digunakan pada kamera tersebut, mungkin Anda berpikir yang dibutuhkan hanyalah kartu memori dengan kecepatan tulis 600 megabyte per detik (MB/dtk). Padahal, kecepatan data videonya merujuk pada kecepatan dalam bit, bukan byte.

Untuk mengetahui kecepatan data video dalam megabyte, perhitungan sederhana diperlukan untuk menghitung konversi dari bit ke byte. Karena 1 byte terdiri dari 8 bit, ambil saja jumlah bit dan bagi dengan 8. 600 dibagi 8 adalah 75, berarti 600Mb/dtk adalah 75MB/dtk yang ternyata jauh lebih pelan dibandingkan perkiraan Anda. Pada akhirnya, Anda akan membutuhkan kartu SD yang dapat menopang kecepatan tulis minimal 90MB/dtk.

Fotografi

DSLR dengan kartu SD di atas meja

Untuk fotografi, beberapa pengguna memilih beberapa kartu dengan kapasitas kecil dibandingkan satu kartu dengan kapasitas besar untuk mengurangi risiko kehilangan semua foto mereka jika kartunya rusak. Jika Anda merekam dalam format RAW di mana file dapat berukuran 50 MB atau lebih, Anda akan mendapatkan keuntungan dengan memiliki kecepatan U1 atau U3.

Banyak kamera DSLR dan tanpa cermin mampu menangkap dalam mode burst yang berarti Anda bisa mengambil banyak foto secara berkelanjutan dengan menahan tombol rana. Semua foto tersebut awalnya disimpan sementara dalam memori internal kamera yang bernama buffer. Lalu, kamera akan menulis data dari foto yang disimpan dalam buffer ke kartu memori. Kamera perlu memindahkan data ini dengan cepat dan efisien terutama jika mereka diambil dalam mode burst, itulah mengapa memiliki kartu memori yang cepat penting untuk performa yang optimal. Kartu tersebut membutuhkan kecepatan tulis yang cepat agar buffer tidak terganggu dalam mentransfer data.

Pastikan untuk memeriksa spesifikasi kamera untuk kelas kecepatan yang disarankan.

Video 4K

Gambar lanskap dalam resolusi 4K

La SD Card Association raccomanda a chi realizza video in 4K di usare schede UHS con classe di velocità almeno pari alla 3 (U3), se non anche superiori; tuttavia, è consigliabile usare schede con classe di velocità Video 30 (V30) o superiori, dal momento che le videocamere più recenti registrano video 4K con risoluzioni di 120 fps (frame per secondo). È senz'altro meglio disporre di schede di memoria più veloci quando si registrano video con un dispositivo che acquisisce immagini a un numero di frame per secondo più elevato.

Le schede con classi di velocità elevate supportano frequenze di bit elevate e, conseguentemente, permettono di effettuare registrazione video di qualità migliore; tuttavia, bisogna tenere presente che la videocamera deve comunque essere in grado di gestire la velocità della scheda. Risulterebbe infatti del tutto inutile acquistare una scheda con una classe di velocità che la videocamera non sarebbe poi in grado di gestire. Nella maggior parte dei casi, inserendo una scheda molto veloce in una videocamera lenta tutto funzionerà normalmente, ma di certo non si potrà sfruttare appieno tutto il potenziale di velocità della scheda.

Quindi, è necessario fare riferimento alla classe di velocità raccomandata nelle specifiche della videocamera e valutate se è il caso di andare anche oltre quelle raccomandazioni, a seconda della risoluzione video e del numero di frame per secondo delle vostre riprese.

Drones

Inserting a Kingston microSD card into a drone

Drone biasanya menggunakan kartu microSD untuk menyimpan semua rekaman. Anda pasti menginginkan beberapa kartu microSD berkapasitas besar yang dapat mendukung proses cepat untuk resolusi seperti video 4K.

Periksa manufaktur perangkat untuk mengetahui kapasitas dan kelas kecepatan yang disarankan untuk drone Anda. Setiap drone memiliki kebutuhan yang berbeda, tergantung pada manufaktur dan merek. Misalnya, DJI Mavic Air 2 memiliki kapasitas maksimal 256GB dan merekam dalam resolusi 4K dengan kecepatan tulis hingga 120Mb/dtk atau 15MB/dtk. Anda membutuhkan kartu dengan kapasitas 32GB, 64GB, 128GB, atau 256GB serta kelas kecepatan U3 atau V30.

Kami menyarankan Anda memiliki berbagai kartu microSD untuk drone agar mengurangi kemungkinan hilangnya rekaman karena kartu memori akan rusak seiring berjalannya waktu. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi di lapangan dan menyimpan semua rekaman dalam satu kartu berisiko untuk kehilangan semua rekaman sekaligus. Belajarlah lagi.

GoPro

Kartu microSD dimasukkan ke GoPro

GoPro memiliki daftar kartu microSD yang disarankan di situs web mereka. Situs web mereka menyatakan bahwa semua kamera GoPro membutuhkan minimal kartu microSD Class 10, tetapi lebih baik mempertimbangkan kelas kecepatan U1 atau U3 karena mereka memiliki spesifikasi yang lebih baik dalam kecepatan yang memungkinkan Anda untuk memaksimalkan kemampuan GoPro. Dukungan kartu kamera GoPro:

  • HERO (2014) mendukung hingga 32GB
  • HERO3 Black, HERO3+, HERO+, dan HERO+ LCD mendukung hingga 64GB
  • HERO4, HERO Session, HERO Fusion, HERO5 Black, HERO6 Black, HERO (2018), HERO7 Silver & White mendukung hingga 128GB.
  • HERO7 Black, HERO MAX, dan HERO8 Black mendukung hingga 256GB.

Jika Anda merekam video 4K dengan GoPro, Anda membutuhkan kartu microSD dengan kelas kecepatan tinggi. Merekam video GoPro dalam 4K pada 60fps dengan kecepatan tulis 12MB/dtk membutuhkan kartu microSD yang cepat dengan setidaknya kelas kecepatan tingkat U3 atau V30. Ini adalah tugas yang sangat menuntut yang membutuhkan kecepatan tulis cepat dengan banyak penyimpanan. Bahkan merekam dalam 1080p pada 240fps cukup menuntut untuk membutuhkan kartu memori yang cepat dengan kapasitas besar.

Periksa spesifikasi GoPro untuk mengetahui kartu microSD yang kompatibel serta apakah Anda membutuhkan kartu dengan kapasitas lebih dalam hal kecepatan dan kapasitas.

Nintendo Switch dan 3DS

Nintendo Switch menerima kartu microSDXC hingga penyimpanan 2TB yang ideal untuk mengunduh game. Kami menyarankan Anda menggunakan kartu memori dengan kapasitas tinggi untuk Switch karena game membutuhkan banyak penyimpanan. Jika Anda mengunduh game seperti “Legend of Zelda: Breath of the Wild”, yang memakan ruang penyimpanan hingga 13,4GB, Anda membutuhkan kartu memori dengan kapasitas tinggi untuk memperluas penyimpanan 32GB yang sudah termasuk dalam Nintendo Switch. Belajarlah lagi.

Sebaliknya, kartu microSDXC tidak tersedia untuk pemilik Nintendo 3DS, 3DS XL, dan 2DS. Nintendo 3DS/2DS hanya mendukung kartu SDHC dengan maksimal 32GB. Anda hanya perlu membeli beberapa kartu microSD 32GB jika berencana mengunduh banyak game.

Ponsel Android™

Jika berencana merekam video 4K menggunakan ponsel, Anda membutuhkan kartu microSDXC dengan kelas kecepatan U3 dan setidaknya 64GB penyimpanan. Jika tidak, kartu microSDHC 16GB atau 32GB sudah cukup untuk kebanyakan pengguna ponsel pintar dalam menyimpan foto, video, dan game seluler. Kartu microSDHC 32GB seharusnya berfungsi cukup lama sebelum kehabisan ruang penyimpanan. Banyak ponsel pintar termasuk Samsung Galaxy S20 dan LG G8 mendukung kartu microSDXC hingga penyimpanan 1TB. Belajarlah lagi.

#KingstonIsWithYou

Kartu Memori