Komputer panel kecil Raspberry Pi dengan microSD Kingston di samping keyboard

Memilih Penyimpanan untuk Raspberry Pi

Persembahan populer dari yayasan amal yang berbasis di Inggris, komputer Raspberry Pi menjadi hit di seluruh dunia. Yayasan ini awalnya didirikan untuk menarik minat kaum muda dalam komputasi dan untuk memungkinkan mereka mengembangkan keterampilan dalam pemrograman dan ilmu komputer. Raspberry Pi Foundation telah menyediakan komputer panel tunggal berkinerja tinggi dan berbiaya rendah serta perangkat lunak gratis sejak 2011. Saat ini, banyak penggemar yang mengganti PC mereka, menyiapkan mesin game retro, atau bahkan mengendalikan robot menggunakan komputer Raspberry Pi.

Namun, tidak peduli seberapa edukasional atau memberdayakan komputer ini, mereka tidak disertakan dengan komponen utama yang dimiliki kebanyakan komputer biasa lainnya. Tidak ada penyimpanan internal.

Semua unit Raspberry Pi hadir dengan slot kartu SD atau microSD untuk membantu pengguna mengatasi masalah ini. Raspberry Pi Model A dan Raspberry Pi Model B asli menggunakan kartu SD. Mulai Model B+ (2014) dan seterusnya, diperlukan kartu microSD.

Kapasitas minimum yang diperlukan adalah 8 GB hingga 32 GB, yang merupakan ukuran terbesar yang didukung Raspberry Pi secara default, meskipun kapasitas yang lebih tinggi dapat diformat untuk bekerja dengan unit. Perlu diingat, untuk menginstal Raspbian OS resmi, Anda memerlukan setidaknya kartu microSD 8GB sedangkan Raspbian Lite memerlukan minimal 4GB. Raspbian adalah OS yang direkomendasikan oleh Raspberry Pi Foundation meski pun Anda dapat menjalankan banyak sistem operasi yang berbeda termasuk berbagai distribusi Linux.

Komputer panel kecil Raspberry Pi dengan kartu microSD Kingston

Saat mencari kartu SD atau microSD yang optimal, cari kartu dengan daya tahan tinggi yang dapat menangani banyak waktu siklus karena Anda akan menjalankan sistem operasi darinya. Selain itu, kartu yang dapat mencapai kecepatan Kelas 10 UHS-I 95MB/dtk memungkinkan penyimpanan yang mudah dan transfer yang cepat.

Karena sebagian besar komputer Raspberry Pi memiliki beberapa port USB, drive USB adalah pilihan yang bagus untuk digunakan dengan unit-unit ini. USB berukuran cukup kecil untuk dibawa di saku Anda, dan mereka menyediakan penyimpanan file saat bepergian untuk foto pribadi, musik, video, dan dokumen.

Port USB di sebagian besar model Raspberry Pi terbatas pada USB 2.0 tetapi perangkat USB 3.0 masih dapat digunakan---hanya saja mereka akan dibatasi untuk kecepatan USB 2.0. Pada Juni 2019, Raspberry Pi 4 B menyertakan 2 port USB 3.0 untuk kecepatan transfer yang lebih cepat dan kinerja yang lebih baik. Selain tambahan USB 3.0, opsi penyimpanan lain adalah menggunakan hard drive eksternal. Pastikan drive memiliki daya eksternal sendiri karena Raspberry Pi tidak akan dapat memasok daya yang cukup untuk drive tersebut.

Selain portabilitasnya, flash drive USB menawarkan fitur utama sama yang disediakan oleh kartu SD dan microSD dalam hal ukuran kapasitas dan kecepatan baca/tulis kepada pengguna Raspberry Pi.

Opsi ini akan memastikan Anda tidak pernah kehabisan ruang untuk proyek.

#KingstonIsWithYou

Produk-produk terkait