Kartu SD dan microSD

Panduan Jenis Kartu SD dan microSD

Kartu memori berperan sebagai penyimpanan elektronik untuk perangkat yang menyimpan media digital seperti foto dan video. Jika Anda memiliki kamera, kamera perekam, drone, atau perangkat seluler, kemungkinan Anda menggunakan kartu memori.

Varian SD dan microSD sering digunakan pada perangkat ponsel pintar dan kamera digital. Mereka cocok untuk segala hal mulai dari DSLR hingga Nintendo Switch, tetapi tidak semua kartu dibuat sama – perangkat lainnya membutuhkan jenis kartu memori yang berbeda.

Standar dan Kapasitas SD Apa yang Anda Butuhkan?

Kartu SD dan microSD dari Kingston

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika memilih kartu memori adalah mencari tahu jenis kartu yang dibutuhkan oleh perangkat Anda, informasi ini dapat ditemukan di buku petunjuk atau situs web manufaktur. Informasi tersebut biasanya menunjukkan standar SD yang dibutuhkan oleh perangkat. Kartu SD dan microSD memiliki standar yang sama: SD, SDHC, SDXC, SDUC, microSD, microSDHC, microSDXC, dan microSDUC.

Dua standar untuk kartu SD serta microSD yang paling terkenal sekarang adalah SDHC dan SDXC. Perbedaan utama dari standar SD adalah kapasitas penyimpanan. Jika Anda merekam video 4K, kemungkinan Anda membutuhkan kartu SDXC karena mereka memiliki kapasitas maksimum 2TB, cukup untuk performa perekaman video yang optimal. Selain itu, kartu SDXC menggunakan sistem file exFAT untuk mendukung file berukuran besar yang dapat dihasilkan saat merekam video dengan tingkat bit yang tinggi seperti kamera a7S III dari Sony. Sebagai perbandingan, file dibatasi hingga 4GB dengan sistem file FAT32 yang digunakan oleh jenis kartu lain.

Untuk pengguna biasa, kartu berukuran 32GB atau 64GB sudah lebih dari cukup. Kartu berukuran sedang dapat menangkap ratusan, bahkan ribuan foto dan video.

Jenis-Jenis Kartu SD

Kartu memori SD memiliki empat standar SD dan empat kapasitas. Empat standar SD adalah:

Jenis

Kapasitas

SD 2GB dan di bawahnya
SDHC

Lebih dari 2GB, hingga 32GB

SDXC

Lebih dari 32GB, hingga 2TB

SDUC

Lebih dari 2TB, hingga 128TB

Standar SD adalah sebuah linimasa evolusi kartu SD dengan kartu terbaru yang memungkinkan kapasitas dan kecepatan yang lebih tinggi. SDUC diumumkan pada Juni 2018 serta membutuhkan waktu lama baginya untuk tersedia dan digunakan secara luas dalam industri. Perangkat keras yang memiliki kartu memori kompatibel dengan versi sebelumnya berarti Anda dapat menggunakan kartu memori standar yang lebih lama di perangkat yang mendukung standar yang lebih baru seperti SDXC.

Misalnya, perangkat yang kompatibel dengan SDXC dapat menggunakan kartu standar SDXC, SDHC, dan SD. Perangkat yang kompatibel dengan SDHC dapat menggunakan kartu standar SDHC dan SD, tetapi tidak dapat menggunakan kartu standar SDXC. Perangkat yang kompatibel dengan SD hanya kompatibel dengan kartu standar SD. Sederhananya, perangkat keras yang mendukung standar lebih baru kompatibel dengan kartu standar lama, tetapi kartu standar yang lebih baru tidak dapat digunakan pada perangkat keras yang hanya mendukung standar lama.

Jenis-Jenis Kartu microSD

Kartu microSD memiliki empat standar SD yang sama seperti kartu SD. Empat standar SD untuk kartu microSD adalah:

Jenis Kapasitas
microSD 2GB dan di bawahnya
microSDHC

Lebih dari 2GB, hingga 32GB

microSDXC

Lebih dari 32GB, hingga 2TB

microSDUC

Lebih dari 2TB, hingga 128TB

Kartu micoSD adalah versi ukuran kecil dari kartu SD dan perbedaan utama dari keduanya adalah form factor. Mereka juga lebih serbaguna karena sering tersedia dengan adaptor SD yang memungkinkan Anda menggunakan kartu microSD di perangkat keras yang hanya mendukung kartu SD. Kartu microSD sering digunakan untuk memperluas sistem penyimpanan ponsel pintar, drone, perangkat game, dan kamera.

Perangkat keras juga kompatibel dengan kartu microSD versi lama sama seperti kartu SD berukuran penuh. Peraturan yang sama juga diterapkan untuk kartu microSD sama halnya dengan kartu SD. Perangkat yang kompatibel dengan microSDXC akan berfungsi dengan kartu microSDXC, microSDHC, dan microSD. Perangkat yang kompatibel dengan microSDHC akan berfungsi dengan kartu microSDHC dan microSD. Perangkat yang kompatibel dengan microSD hanya akan berfungsi dengan kartu microSD. Sekali lagi, perangkat keras yang mendukung standar yang lebih baru kompatibel dengan kartu microSD standar yang lebih lama, tetapi kartu microSD standar yang lebih baru tidak dapat digunakan pada perangkat keras yang hanya mendukung standar yang lebih lama.

#KingstonIsWithYou

Kartu Memori