seorang ibu dan putrinya yang tersenyum duduk di depan meja tengah menggunakan laptop di rumah
Bagaimana cara menggunakan kembali laptop lama Anda untuk anak-anak?

Apakah Anda memiliki laptop lama yang berdebu di lemari? Apakah Anda baru saja membeli laptop baru dan sedang mempertimbangkan untuk menyingkirkan yang lama? Sebelum Anda berpikir untuk memuseumkan laptop lama di lemari atau bahkan membuangnya, ada baiknya mempertimbangkan manfaat untuk menggunakan kembali PC lama Anda.

Anda bisa menggunakan kembali laptop lama dan membuatnya bekerja seperti perangkat baru hanya dalam beberapa langkah. Memperbaikinya akan meningkatkan nilai laptop jika Anda memutuskan untuk menjual atau memberikannya kepada teman maupun anggota keluarga. Menggunakan kembali laptop lama juga opsi terbaik jika Anda ingin menyiapkan PC pemula untuk anak Anda.

Akses ke perangkat digital sangat penting selama pandemi virus Corona, jadi tidak ada salahnya menyiapkan laptop untuk anak-anak. Berikut panduan detail tentang cara menggunakan kembali laptop lama untuk anak-anak.

Periksa laptop

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kembali laptop lama, penting untuk memeriksa apakah laptop masih berfungsi dengan benar. Jika Anda menemukan masalah serius atau masalah perangkat keras, seperti baterai mati atau motherboard rusak, laptop mungkin tidak akan berfungsi lebih baik setelah digunakan kembali. Beberapa perusahaan masih membolehkan Anda menjual laptop, tetapi jika Anda ingin menggunakannya kembali untuk orang lain atau anak-anak Anda, sebaiknya pertimbangkan untuk memperbaiki perangkat oleh profesional.

Simpan laptop

Sebelum memberikan laptop lama ke orang lain, penting untuk mereset laptop ke pengaturan pabrik. Meskipun demikian, Anda harus menyalakan laptop dan memeriksa file atau dokumen penting yang ingin Anda simpan sebelum meresetnya ke pengaturan pabrik. Laptop bisa saja berisi dokumen kerja atau foto penting, untuk itu pastikan Anda selalu memeriksanya kembali. Begitu selesai menyimpan file, sekarang Anda perlu mentransfer file ke tempat baru.

Anda bisa menggunakan drive USB atau drive eksternal untuk mentransfer file antar PC. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sistem penyimpanan cloud, seperti OneDrive, Google Drive, atau DropBox untuk menyalin file antar PC. Setelah file disimpan di perangkat lain, Anda akan merasa lebih tenang untuk beralih ke langkah berikutnya.

Reset laptop

Setelah mengambil semua file penting dari laptop lama, cara termudah untuk menjadikan laptop ramah anak adalah dengan meresetnya ke pengaturan pabrik. Mereset laptop akan menghapus semua program yang tidak perlu dan membuat laptop ramah anak. Selain itu juga memastikan orang berikutnya yang menggunakan laptop Anda tidak akan memiliki akses ke informasi atau dokumen apa pun. Pada langkah ini, komputer sudah siap dijual. Namun, jika Anda ingin memberikan laptop ke orang lain, baca terus untuk mengetahui langkah berikutnya.

Upgrade laptop

Anda mungkin menyadari jika laptop tidak bekerja sebaik dahulu begitu laptop direset. Pada langkah ini, terdapat beragam opsi untuk membantu meningkatkan performa laptop Anda. Meningkatkan memori dan penyimpanan laptop adalah cara yang berguna untuk menghidupkan kembali laptop yang lambat. Dengan menambahkan lebih banyak memori, komputer lambat yang kesulitan menjalankan berbagai tugas sekaligus akan menjalankan tugas lebih cepat.

Selain itu, Anda juga bisa meng-upgrade hard disk drive (HDD) ke solid-state drive (SSD) yang hampir sepuluh kali lebih cepat dan lebih bisa diandalkan. Meningkatkan kapasitas penyimpanan SSD juga bisa Anda lakukan untuk membuat lebih banyak ruang bagi file dan aplikasi. Apa pun pilihan Anda, meng-upgrade memori laptop, penyimpanan, atau keduanya akan memperbaiki mesin yang bermasalah dan meningkatkan performa PC Anda.

Isi laptop

Komputer akan bekerja seperti baru begitu Anda mereset laptop lama ke pengaturan pabrik dan meng-upgradenya. Artinya, Anda bisa mengisi laptop dengan program yang mungkin perlu diakses anak Anda. Bahkan Anda bisa mengubahnya menjadi laptop game untuk anak.

Lindungi anak

Melindungi anak saat online sama pentingnya dengan memberikan mereka akses ke komputer. Internet bisa jadi tempat berbahaya, jadi ada baiknya untuk menambahkan kontrol orang tua jika Anda menggunakan kembali laptop untuk anak-anak. Kebanyakan laptop memiliki pengaturan keamanan yang bisa ditambahkan untuk mencegah anak Anda dari mengakses situs web tertentu atau membatasi waktu layar mereka. Kebanyakan komputer juga bisa membuat akun anak yang memungkinkan Anda menerapkan batasan sehingga mereka tidak dapat mengunjungi situs web yang tidak sesuai untuk mereka.

Intinya, laptop lama yang sudah tidak terpakai bisa terbukti lebih berguna dari yang Anda kira. Hanya dengan beberapa langkah, Anda bisa mengubah laptop lama menjadi perangkat kerja yang aman dan siap dipakai anak-anak.

#KingstonIsWithYou

Pencarian Memori Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 30 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Produk-produk terkait

Minta Bantuan Pakar