2 Drive DataTraveler Duo, satu disambungkan ke laptop dan satu lagi diletakkan di sebelah monitor di atas meja

Cara menggunakan flash drive USB pada PC Windows

Apa itu Drive USB?

Drive USB, juga disebut flash drive atau stik memori, adalah perangkat portabel kecil yang disambungkan ke port USB pada komputer Anda. Drive USB biasanya digunakan untuk penyimpanan, pencadangan data, serta transfer file antar perangkat. Drive USB hadir dalam beragam kapasitas penyimpanan dan berbagai jenis port, yang masing-masing memiliki bentuk unik. Drive USB yang digunakan dapat bervariasi, tergantung pada jenis komputer yang akan disambungkan dengan drive. Terus baca untuk mempelajari cara menggunakan drive USB pada Windows.

Apakah USB saya kompatibel dengan komputer saya?

tampilan gambar jarak dekat hub Nucleum yang disambungkan ke laptop di atas meja dengan USB dan kartu untuk port yang berbeda-beda

Jika Anda menggunakan drive USB untuk yang pertama kali, penting sekali untuk memastikan bahwa drive USB Anda kompatibel dengan port USB yang ada pada komputer. Kebanyakan orang mengetahui USB-A, drive USB berukuran besar berbentuk persegi, yang hanya dapat disambungkan dengan satu cara. Namun, komputer Windows terbaru kini mulai menggantikan port USB-A dengan port USB-C yang lebih kecil dan ramping.

Jika komputer Windows Anda hanya memiliki port USB-C, sementara drive USB yang Anda miliki adalah USB-A, Anda dapat membeli adaptor USB-A ke USB-C, atau agar lebih hemat, Anda dapat membeli drive USB-C baru.

Bagaimana cara menyisipkan drive USB?

Setelah memiliki drive USB yang kompatibel dengan komputer Windows, Anda dapat menyisipkan drive ke port USB. Port biasanya terletak di bagian samping laptop, dan di bagian depan atau belakang pada desktop. Jika Anda menggunakan USB-A, pastikan Anda menyisipkan drive USB dengan benar untuk menghindari kerusakan pada komputer Anda.

Saat Anda menyisipkan drive USB untuk pertama kali, Windows akan menginstal perangkat lunak driver yang diperlukan agar dapat mengoperasikan drive USB. Selanjutnya, kotak dialog akan muncul. Pilih ‘Open folder to view files.’ Jika kotak dialog tidak muncul, Anda dapat mengatasinya dengan menyisipkan lagi drive USB atau dengan membuka File Explorer dan memilih drive USB.

Bagaimana cara memformat drive USB pada Windows 10?

Kebanyakan flash Drive USB telah diformat sebelumnya. Drive berukuran 32GB atau lebih kecil memiliki sistem file FAT32. Sementara itu, drive yang lebih besar daripada 32GB memiliki sistem file exFAT (pada kelompok kapasitas flash drive USB Kingston, hal ini berlaku untuk ukuran 64GB atau lebih besar). FAT32 terbatas pada volume penyimpanan maksimal 32GB, sehingga drive dengan sistem file ini pada penyimpanan yang lebih besar tidak memiliki opsi format.

Setelah Anda menyambungkan flash drive USB ke komputer, Anda dapat mulai menyalin dan memindahkan file, memformat, atau mengubah nama drive. Anda dapat mengubah nama drive dengan membuka File Explorer dan mengeklik ‘This PC’ pada panel di sebelah kiri. Kemudian, klik kanan drive USB Anda dan pilih rename (ubah nama). NTFS adalah format standar untuk drive boot Windows, tetapi exFAT atau FAT32 eksternal Windows memungkinkan Anda menggunakan drive USB pada komputer Mac maupun Windows. Anda dapat memformat drive ke sistem file NTFS meski mungkin Anda ingin mempertahankan drive dalam format exFAT atau FAT32 agar dapat berfungsi dengan Mac. Untuk memformat ke NTFS, buka File Explorer lalu klik ‘This PC’ pada panel sebelah kiri. Kemudian, klik kanan drive USB Anda lalu pilih format dan NTFS. Namun, perlu diketahui bahwa semua data dalam drive akan terhapus, oleh karena itu pastikan Anda memiliki salinannya.

Jika flash drive USB diformat untuk Mac (AFS+) tetapi Anda ingin menggunakannya pada PC, Anda harus memformat drive menjadi sistem file exFAT, FAT32, atau NTFS, dan perlu diketahui bahwa data di dalamnya akan terhapus.

Setelah selesai memformat drive USB, Anda dapat langsung menggunakannya. Anda dapat menampilkan konten dengan membuka File Explorer dan memilih drive USB Anda dari daftar yang ada pada panel sebelah kiri.

Bagaimana Saya Dapat Menggunakan Drive USB?

Setelah mengakses drive USB pada komputer Windows, Anda dapat menggunakan drive seperti folder lain di komputer Anda.

  • Anda dapat menyimpan dokumen langsung ke drive USB.
  • Anda dapat menyalin file ke dan dari drive USB. (Ketahui bahwa file akan diduplikasi saat Anda menyalinnya).
  • Anda juga dapat menghapus file dari drive USB dengan menyeret file ke keranjang sampah. Kemudian, kotak dialog akan muncul. Klik ya untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin menghapus file secara permanen dan mengosongkan penyimpanan di drive USB. (Jika kotak dialog tidak muncul secara otomatis, klik kanan pada recycle bin, kemudian properties, lalu centang kotak ‘Display delete confirmation dialogue’.)

Cara melepas sambungan drive USB?

Untuk menghindari kerusakan file, sangat penting untuk melepas sambungan drive USB dengan benar dari komputer Windows setelah Anda selesai menggunakannya. Anda dapat melepas sambungan drive USB dengan mengeklik tanda panah kecil di sisi kanan taskbar, memilih ikon USB, lalu mengeklik ‘Eject’ pada menu pop-up untuk USB yang ingin dilepas, atau dengan mengeklik kanan pada drive USB dan memilih ‘Eject’.

Penyimpanan eksternal seperti drive USB dan SSD adalah cara yang tepat untuk memindahkan file Anda, mencadangkan dokumen penting, serta menyediakan ruang tambahan bagi komputer Windows Anda untuk menjalankan aplikasi dan bermain game.

#KingstonIsWithYou

Tampilan belakang pasangan yang duduk di sofa ruang keluarga dan sedang menonton TV, si pria memegang remote

Flash Drive USB

Minta Bantuan Pakar