Wanita sedang melihat tablet

Memanfaatkan Teknologi Lama: Daur Ulang Perangkat Lama Anda

Setumpuk monitor CRT tua berwarna krem, catu daya PC, casing PC, printer, dan drive optik

Perangkat elektronik. Tidak perlu diragukan lagi bahwa perangkat elektronik telah menjadi kebutuhan mutlak pada era digital ini. Perangkat elektronik adalah bagian penting dari kehidupan kita, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali. Perangkat-perangkat ini dapat ditemukan di rumah, ruang kelas, ruang kerja, dan kendaraan kita. Kita dapat menemukannya di mana pun kita berada, dari tempat kita berbelanja, makan dan minum, hingga tempat kita bekerja, bermain, dan tempat tinggal kita. Bahkan Anda mungkin sedang menggunakannya sekarang. Kita dapat menemukannya di mana saja. Perangkat elektronik adalah bagian penting dari hidup kita.

Perangkat atau gadget inilah yang membuat hidup kita terus bergerak maju. Dari komputer hingga elektronik konsumen seperti TV, smartphone, konsol game, tablet, monitor, kamera digital, dan bahkan perangkat yang dapat dikenakan.

Namun, apa jadinya jika kita sudah bosan, atau teknologi yang kita gunakan telah melampaui kegunaannya? Daripada hanya menyimpannya di dalam lemari atau gudang, apa cara terbaik untuk memanfaatkan perangkat ini?

Tangan memegang bagian ponsel dengan tempat sampah di latar belakang

Mendaur Ulang

Sebagai lembaga pemerintah federal yang bertugas untuk menjaga kebersihan lingkungan – EPA menyatakan bahwa, “Mendonasikan dan mendaur ulang perangkat elektronik adalah cara yang tepat untuk membantu melestarikan sumber daya dan bahan-bahan alami. Penting untuk memastikan bahwa kita menyumbangkan dan/atau mendaur ulang perangkat elektronik dengan cara yang aman dan tepat.” 1

EPA menjelaskan lebih lanjut bahwa produk elektronik terbuat dari sumber daya dan bahan yang berharga – termasuk logam, plastik, dan kaca – yang semuanya membutuhkan energi untuk memperoleh dan memproduksinya. EPA juga menyatakan bahwa mendonasikan atau mendaur ulang elektronik konsumen dapat menghemat sumber daya alam, menghindari polusi udara dan air, serta emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh pembuatan produk yang menggunakan bahan-bahan murni.

Di sisi lain, banyak produk elektronik yang juga mengandung zat beracun – seperti merkuri, timbal, dan kadmium – yang memerlukan penanganan khusus untuk memastikan pembuangannya yang benar dan jauh dari tempat pembuangan sampah umum. Kingston adalah contoh produsen yang memiliki sistem manajemen Kepatuhan Produk di seluruh dunia untuk memastikan logam dan bahan kimia yang digunakan dalam produknya dapat didaur ulang dan dibuang dengan aman.

Mendaur ulang barang elektronik lama dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut adalah beberapa tips untuk mendaur ulang perangkat elektronik:

Beberapa jenis perangkat

Donasikan

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendonasikan perangkat elektronik lama yang sudah tidak Anda gunakan lagi – baik yang masih berfungsi atau tidak. Banyak badan amal, organisasi nirlaba, pusat lansia, dan sejenisnya yang akan menerimanya, dan memperbaruinya (jika perlu), kemudian memberikan atau menjualnya dengan harga yang murah kepada seseorang yang tidak mampu membeli perangkat tersebut.

Dua tanda panah menunjuk ke arah yang berlawanan

Jual Kembali

Dalam beberapa kasus, menjual perangkat lama Anda adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan uang guna membeli perangkat model terbaru. Mencantumkan item di aplikasi atau situs web penjualan kembali adalah cara lain untuk mendaur ulang perangkat elektronik lama karena Anda akan menemukan pembeli yang bersedia untuk memperbarui atau menerima apa adanya.

Dua kotak dengan tanda panah menunjuk satu sama lain

Tukar Tambah

Beberapa produsen dan pengecer akan menerima perangkat elektronik lama Anda untuk ditukar tambah jika Anda membeli produk baru yang serupa dari mereka. EPA telah membuat daftar produsen dan pengecer dengan program semacam itu. Klik di sini untuk melihat daftarnya.

Tanda centang

Perusahaan daur ulang profesional

Bekerja sama dengan pendaur ulang profesional dapat memastikan pembuangan yang memenuhi standar yang berlaku dan kriteria EPA. Mereka juga memberikan dokumen yang diperlukan untuk melindungi Anda dari kemungkinan tuntutan hukum terkait bagaimana barang tersebut dibuang. Perusahaan pembuangan limbah elektronik adalah bagian dari industri yang berspesialisasi dalam pembuangan produk elektronik.

Dalam mendaur ulang produk elektronik apa pun, setiap perangkat harus benar-benar dibersihkan. Item yang tercantum di atas mungkin berisi data dan foto yang sensitif, dan jika jatuh ke tangan yang salah, dapat membuat Anda mimpi buruk selama bertahun-tahun.

Cara terakhir

Gadget lama Anda biasanya hanya tersimpan di dalam lemari atau gudang selama bertahun-tahun. Meski perangkat elektronik Anda sudah usang atau rusak, jangan pernah membuang perangkat elektronik ke tempat sampah karena dapat merusak lingkungan atau akan berakhir di tempat pembuangan sampah. Dengan opsi yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menjual perangkat lama Anda dan mendapatkan uang, atau Anda dapat mendonasikannya untuk tujuan baik. Melalui upaya keberlanjutan, kita semua dapat berkomitmen untuk terus meningkatkan praktik kita, baik secara etis atau pun untuk tujuan baik, guna memastikan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan bagi generasi yang akan datang.

#KingstonIsWithYou

Video terkait

  • Membuang Perangkat Elektronik dengan Cara yang Bertanggung Jawab secara Sosial - Tips untuk Mendaur Ulang Perangkat Elektronik

    Gadget lama Anda biasanya hanya tersimpan di lemari atau gudang selama bertahun-tahun! Anda sebaiknya mendonasikan atau mendaur ulang PC, TV, dan ponsel lama Anda agar dapat diperbaiki, dibersihkan, dan digunakan kembali.

  • Apa yang harus dilakukan dengan tablet Android lama

    Apakah Anda memiliki tablet Android lama yang hanya disimpan di lemari? Keluarkan dan manfaatkan dengan baik! Ada sejumlah cara menarik yang dapat Anda lakukan untuk mendaur ulang tablet Android lama Anda.

  • Cara Menjual Komponen PC Lama

    Jadi, Anda ingin menjual komponen PC Anda? Pertama, putuskan apakah Anda ingin menjual PC Anda secara keseluruhan, yang tentunya lebih praktis, atau Anda ingin memaksimalkan keuntungan Anda dengan menjual komponen tertentu

SSD

Flash Drive USB

Kartu Memori

Pembaca Kartu