Kingston FURY Beast RGB dipasang di PC dengan pendar Biru dari bagian atas modul
Panduan RAM terbaik untuk para gamer

Semua yang ingin (dan tidak ingin) Anda ketahui tentang RAM!

Merakit komputer untuk pertama kali adalah tugas yang berat. Dengan begitu banyak komponen dan spesifikasi yang harus diperhatikan, mengetahui apa yang harus dicari ketika membeli bisa jadi sulit. Kartu grafis dan prosesor biasanya adalah yang paling diperhatikan, tetapi jika Anda ingin game Anda dimuat dan berjalan dengan mulus, mengetahui RAM apa yang harus dibeli sama pentingnya.

DRAM (Dynamic Random-Access Memory) berkualitas tinggi akan membantu game Anda memuat level dan efek lebih cepat, sehingga Anda tidak perlu lama menunggu dan dapat langsung beraksi. Jika Anda suka menjalankan perangkat lunak di latar belakang saat bermain game, sangatlah penting untuk memiliki RAM yang lebih besar. Program seperti Google Chrome sangat memakan RAM, jadi jika Anda ingin menonton video atau memeriksa media sosial saat bermain game, Anda akan membutuhkan RAM tambahan. Kingston menghasilkan RAM gaming terbaik dan terjangkau untuk menjaga PC Anda tetap dalam kondisi prima. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan apa tepatnya yang perlu Anda ketahui dan pahami sebagai pembeli RAM pertama kali.

Apa itu RAM?

DRAM adalah singkatan dari Dynamic Random-Access Memory. DRAM menyimpan data sementara untuk program apa pun yang dijalankan komputer Anda sekarang, sehingga prosesor Anda dapat mengaksesnya dengan cepat dan mudah tanpa perlu menggali ke solid-state drive atau hard drive yang lebih lambat namun lebih besar. DRAM yang lebih besar (sering disingkat menjadi RAM saja) berarti lebih banyak ruang bagi komputer Anda untuk menyimpan informasi ini, memungkinkannya untuk menjalankan lebih banyak proses secara bersamaan. Stik 16 GB (secara lebih formal disebut sebagai modul) RAM, misalnya, memungkinkan komputer Anda menyimpan lebih banyak informasi sementara daripada modul 8 GB. Ukuran bukanlah segalanya dan RAM juga hadir dalam kecepatan dan generasi yang berbeda.

DDR3, DDR4 dan DDR5

Jika Anda bingung dengan nomor DDR yang berbeda saat berbelanja RAM, jangan khawatir, ini sebenarnya sangat sederhana. Nomor DDR mengacu pada generasi RAM. Semakin baru generasinya, semakin tinggi angkanya. Dengan kata lain, DDR4 lebih baru dari DDR3. DDR4 menggunakan tegangan yang lebih rendah dan memiliki jumlah pin yang lebih banyak, yang berarti ia bekerja lebih cepat dan lebih efisien daripada DDR3. DDR5 akan dirilis pada paruh kedua tahun 2021, dan akan membawa peningkatan substansial dalam kecepatan, kapasitas, dan lebih mengurangi tegangan.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah DDR3, DDR4 dan DDR5 memiliki koneksi, jumlah pin dan keying yang berbeda, sehingga Anda perlu memastikan RAM yang ingin Anda beli didukung oleh motherboard Anda. Setiap motherboard akan mencantumkan apakah DDR3, DDR4, dan akhirnya DDR5, kompatibel, sehingga Anda seharusnya dapat menemukan informasi yang Anda butuhkan dengan pencarian cepat online model board Anda.

Ukuran dan Kecepatan

RAM dijual dalam modul yang dimasukkan ke motherboard PC Anda. Biasanya, motherboard memiliki empat slot RAM, meskipun ada juga beberapa pengaturan ekstrim yang menyediakan delapan slot. Modul RAM tunggal cenderung memiliki ukuran yang berkisar dari 4-32 GB, tetapi berkat sifat cara kerja komputer, modul tersebut biasanya dijual dalam paket dua atau empat, dan bekerja paling efektif secara berpasangan. Untuk PC gaming high-end, jumlah optimal RAM yang kami rekomendasikan adalah 16 GB. Jika Anda ingin menjalankan banyak program di latar belakang, Anda mungkin ingin meningkatkan jumlah ini hingga 32 atau bahkan 64 GB.

Kecepatan juga merupakan faktor penting dalam hal RAM, karena akan menentukan seberapa cepat komputer Anda dapat memuat informasi darinya. Kecepatan sangat bergantung pada generasi DDR yang Anda beli. Semakin tinggi kecepatannya, semakin baik kinerja RAM dan harganya pun akan semakin mahal.

RAM laptop dan SODIMM

Laptop dan notebook memiliki desain yang berbeda dari PC, yang artinya Anda juga perlu membeli jenis RAM yang berbeda. Sebagian besar RAM PC dikenal sebagai UDIMM, sedangkan laptop, notebook, dan NUC menggunakan SODIMM. RAM untuk laptop biasanya akan ditandai dengan jelas sebagai SODIMM sehingga mudah dikenali. Namun, Anda masih perlu memeriksa motherboard notebook Anda untuk memastikannya kompatibel dengan generasi RAM tersebut.

Teknologi Kingston menawarkan berbagai kecepatan dan ukuran untuk semua anggaran dan sistem dengan lini produk memori Kingston dan Kingston FURY kami. Setiap jenis RAM dapat dibeli sebagai modul tunggal atau dalam paket hingga delapan modul. Dapatkan RAM yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dengan memeriksa persyaratan sistem Anda dan memastikan semuanya kompatibel untuk digunakan.

#KingstonFURY #KingstonIsWithYou

Pencarian Memori Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 30 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Gaming Memory

Minta Bantuan Pakar