seorang wanita duduk di lantai menggunakan laptopnya sambil memandangi berbagai ikon perangkat keras komputer yang diilustrasikan di dinding belakangnya

Memori vs Penyimpanan:
Performa PC

Dalam beberapa kasus, komputer atau laptop dapat melambat secara signifikan dan masalah performa. Daripada membeli yang baru, ada baiknya melihat cara lain untuk meningkatkan dan meng-upgrade performa PC Anda.

Meningkatkan memori maupun penyimpanan komputer merupakan cara yang berguna untuk memulihkan kecepatan komputer yang melambat. Akan tetapi, pilihan untuk meng-upgrade memori atau penyimpanan bergantung pada masalah yang dialami komputer dan manfaat performa yang ingin dicapai. Artikel ini akan mengulas beberapa contoh kondisi saat Anda perlu meningkatkan memori dan penyimpanan, serta mengapa peningkatannya akan menguntungkan performa PC Anda.

Apa perbedaan antara memori dan penyimpanan?

SSD M.2 dan 2,5 inci Kingston dengan memori SODIMM di atas keyboard laptop

Memori dan penyimpanan adalah dua istilah yang penggunaannya sering tertukar, padahal keduanya melakukan tugas yang berbeda di dalam komputer dan dampaknya terhadap performa PC pun berbeda. Agar dapat memutuskan apakah akan meng-upgrade memori atau penyimpanan, ketahui terlebih dahulu perbedaan keduanya.

Memori, juga dikenal sebagai RAM (Random Access Memory), adalah tempat di mana informasi secara konstan diproses dan dimanipulasi. Komputer menggunakan RAM untuk menyimpan apa pun yang sifatnya langsung digunakan, seperti bekerja dengan aplikasi, mengedit dokumen word, atau membuka email. Namun, informasi pada memori komputer hanya dapat diakses dalam basis jangka pendek. Jika informasi tidak disimpan dan dimasukkan ke penyimpanan komputer, data akan hilang saat komputer dimatikan.

Penyimpanan adalah drive hard disk atau solid-state drive tempat data direkam dan disimpan dalam waktu tak terbatas. Komputer menggunakan penyimpanan untuk menampung sistem operasi, aplikasi, dan data apa pun yang telah dimuat selama penggunaan. Informasi ini dapat diakses dalam basis jangka panjang dan tidak akan hilang saat komputer dimatikan.

Kapan kita perlu meng-upgrade memori?

Komputer terbaru hadir dengan memori minimum 8GB yang cukup untuk menjalankan tugas harian. Meskipun demikian, komputer lambat dapat memanfaatkan upgrade memori karena memori yang lebih banyak dapat meningkatkan performa PC. Hal ini memungkinkan Anda membuka beberapa aplikasi dan jendela browser sekaligus sehingga akan membantu Anda bekerja secara lebih efisien. Mari kita lihat beberapa contoh kondisi di mana upgrade memori perlu dilakukan.

Jika komputer Anda mengalami crash saat membuka beberapa program atau bilah internet sekaligus

Makin banyak pekerjaan yang Anda lakukan di komputer, makin lama waktu yang diperlukan komputer untuk menjalankan tugas. Jika Anda cenderung membuka beberapa bilah internet sekaligus atau kerap beralih antar program yang berbeda, Anda mungkin merasakan bahwa komputer mulai memakan waktu lebih lama untuk menjalankan beberapa tugas atau bahkan mengalami crash saat sedang memproses. Masalah ini dapat diatasi dengan menambahkan lebih banyak memori, karena dengan lebih banyak memori komputer dapat memproses semua informasi yang Anda buka dengan lebih cepat.

Perlu menggunakan aplikasi atau perangkat lunak berukuran besar

Membuka aplikasi, perangkat lunak, atau file berukuran besar memerlukan RAM yang besar agar Anda dapat bekerja secara efisien. Dengan meng-upgrade memori komputer, Anda akan meningkatkan ruang memori sehingga memungkinkan program berukuran besar berjalan tanpa mengalami perlambatan.

Ingin meningkatkan performa permainan

Memori penting untuk gaming karena dengan memori yang cukup, komputer dapat mengakses dan memuat data dengan cepat daripada mengambilnya dari penyimpanan. Jika memori rendah, komputer tidak akan mampu menjalankan game dengan benar atau bahkan sama sekali tidak dapat membukanya. Meningkatkan memori komputer akan menguntungkan gamer karena game akan berjalan dengan lancar, dan waktu respons akan jauh lebih cepat. Besarnya memori yang perlu ditingkatkan bergantung pada game yang dimainkan.

Kapan kita perlu meningkatkan penyimpanan?

Salah satu cara termudah dan terhemat untuk meningkatkan performa komputer adalah dengan mengganti drive hard disk dan meningkatkan ke solid-state drive. Anda juga dapat meng-upgrade HDD atau SSD ke kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dan SSD konsumen Kingston Technology kini hadir dengan penyimpanan hingga 2TB. Mari kita lihat beberapa contoh kondisi di mana upgrade penyimpanan perlu dilakukan.

Masa pakai daya baterai pendek

Salah satu cara terbaik untuk menyegarkan performa laptop atau PC adalah dengan menginstal SSD. Untuk laptop, ini adalah pilihan upgrade terbaik karena SSD lebih hemat energi daripada HDD. SSD tidak memiliki bagian bergerak sehingga daya yang diperlukan untuk beroperasi jauh lebih kecil dan hal ini dapat memperpanjang masa pakai baterai secara signifikan.

Perlu menunjang kecepatan

Meng-upgrade ke SSD dapat menunjang kecepatan komputer secara signifikan, dengan waktu booting rata-rata 10-13 detik dibandingkan hard drive yaitu 30-40 detik. Selain itu, waktu untuk membuka aplikasi dan file biasanya lebih cepat dengan SSD daripada HDD. Kecepatan penyimpanan Anda menentukan kecepatan sistem untuk booting, memuat, dan mengakses data Anda.

Kehabisan ruang untuk foto, musik, dll.

Masalah lain yang mungkin Anda hadapi adalah penyimpanan yang tidak cukup. Jika Anda selalu kehabisan ruang untuk file dan aplikasi, meng-upgrade HDD atau SSD Anda ke kapasitas yang lebih besar adalah cara terbaik untuk meningkatkan performa PC. Penyimpanan lebih besar memungkinkan Anda menyimpan lebih banyak file dan memberi lebih banyak ruang kosong untuk aplikasi atau sistem operasi terbaru.

Baik meng-upgrade memori maupun penyimpanan, Anda akan melihat peningkatan signifikan pada performa PC. Dengan menambahkan memori lebih banyak, komputer lambat yang bekerja keras untuk menjalankan banyak tugas sekaligus akan merasakan kecepatan pengambilan data yang lebih tinggi. Sementara itu, meng-upgrade penyimpanan adalah solusi terbaik jika komputer Anda masih menggunakan HDD, karena sebagian besar komputer saat ini hadir dengan SSD yang memberi manfaat performa yang jelas. Anda juga dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan SSD guna memberi ruang lebih untuk file dan aplikasi. Baik meningkatkan memori, penyimpanan, atau keduanya akan merevitalisasi komputer yang bekerja terlalu keras serta meningkatkan performa PC Anda.

#KingstonIsWithYou

Pencarian Memori Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 30 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Produk-produk terkait

Minta Bantuan Pakar

For information about how COVID-19 has affected our business operations, click here.