Apa itu Penyimpanan NVMe? Pembahasan Penyimpanan NVMe

Non-Volatile Memory Express (NVMe) adalah protokol transfer baru yang dirancang untuk memori solid-state. Meskipun SATA (Serial Advanced Technology Attachment) tetap menjadi standar industri untuk protokol penyimpanan, SATA tidak dibuat khusus untuk penyimpanan Flash seperti SSD dan tidak dapat menawarkan keuntungan yang sama dari NVMe. Akhirnya, SSD dengan NVMe akan menggantikan SSD SATA sebagai standar industri baru.

NVMe vs SATA

setumpuk Kingston KC2000 dengan sebuah laptop

Salah satu cara mudah untuk membandingkan NVMe dan SATA adalah dengan menganggapnya sebagai trek balap karena keduanya adalah jalur yang digunakan untuk mendapatkan data dari SSD ke CPU. SSD bagaikan mobil balap Formula Satu dalam hal penyimpanan sementara drive yang berputar lebih seperti sedan tua keluarga. SSD hanya dapat melaju secepat jalan yang dilaluinya. Jika Anda menempatkan mobil Formula Satu di trek balap (NVMe), mobil itu akan melaju dengan potensi penuh, tetapi jika Anda mengendarainya di jalan tanah tua yang penuh bebatuan (SATA), mobil perlu diperlambat.

SSD NVMe Kingston

Kingston menawarkan beberapa SSD yang menggunakan protokol NVMe. Untuk melihat penawaran terbaru yang kami miliki, lihat bagian produksi yang terkait di bawah. Meskipun SSD NVMe secara signifikan lebih cepat daripada SSD SATA, masih ada perbedaan di antara keduanya. Beberapa mungkin mendukung kecepatan NVMe level awal, sementara yang lain mungkin mendukung standar PCIe Gen4 terbaru untuk performa luar biasa yang tersedia pada CPU terbaru.

Kompatibilitas Perangkat Keras NVMe

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli SSD NVMe. Apakah sistem Anda kompatibel dengan NVMe? Dua hal yang perlu Anda cari di sistem komputer Anda adalah slot M.2 bawaan dan dukungan untuk NVMe. Periksa halaman produk komputer Anda untuk melihat apakah komputer Anda mengakomodasi slot M.2. Selanjutnya, Anda perlu melihat apakah motherboard Anda mendukung SSD NVMe. Beberapa motherboard yang mendukungnya mungkin tidak selalu menyebutnya sebagai NVMe. Sebaliknya, mereka mungkin menyebutnya sebagai "mode PCIe." Idealnya, seharusnya ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui apakah sistem komputer Anda dapat mendukung NVMe, tetapi sayangnya tidak ada. Anda hanya perlu merujuk ke situs web motherboard Anda atau menggunakan Google untuk menelusuri dan mencari tahu apakah sitem komputer Anda memang kompatibel.

Kompatibilitas Sistem Operasi NVMe

Seiring dengan kompatibilitas perangkat keras, Anda harus mempertimbangkan kompatibilitas OS. Versi terbaru Linux, Windows, Chrome OS, dan Mac OS semuanya mendukung NVMe, tetapi Apple tidak mengizinkan Anda meningkatkan perangkat kerasnya di sebagian besar model terbaru mereka sehingga hal itu mungkin tidak dapat dilakukan oleh pengguna Mac. Sekarang, perangkat lunak duplikat juga kompatibel dengan drive NVMe. Kingston menggunakan perangkat lunak Acronis True Image yang disertakan dengan banyak SSD Kingston. Lihat halaman produk untuk informasi perangkat lunak yang disertakan. Sebagian besar perangkat lunak duplikat utama lainnya juga telah ditingkatkan untuk mendukung NVMe.

#KingstonIsWithYou

Kingston NVMe SSDs