2 drive USB Data Traveler Max, satu buah ditancapkan ke laptop dan satu ada di sebelahnya di atas meja

Cara memformat flash drive USB

Kebanyakan pengguna komputer tidak berpikir untuk memformat flash drive USB mereka, karena sebagian besar drive juga telah diformat sebelumnya dan siap untuk digunakan. Namun, terkadang Anda perlu menghapus semua data di dalam drive Anda, atau membuat drive yang kompatibel dengan berbagai jenis komputer daripada yang sudah diatur sejak awal. Jika Anda pernah menemukan flash drive yang dapat bekerja di sebuah PC tetapi tidak berfungsi di Mac atau sebaliknya, hal ini biasanya disebabkan oleh pemformatan drive. Artikel ini menjelaskan cara memformat drive Anda pada Windows dan Mac OS 10+.

Apa yang dimaksud Formatting?

Windows dan Mac, beberapa ikon platform

Formatting adalah proses mempersiapkan perangkat penyimpanan seperti, hard drive, solid-state drive, flash drive, dan lainnya untuk menyimpan informasi. Proses ini menghasilkan sistem pengarsipan yang mengelola data dan memungkinkan Anda untuk memaksimalkan ruang penyimpanan untuk file Anda. Memformat drive biasanya dilakukan saat akan menggunakan sistem operasi baru atau membutuhkan ruang tambahan.

Ada dua jenis formatting pada USB drive:

  • Format cepat: Menghapus tabel sistem file dan folder root. Pilihan ini sering digunakan agar flash drive USB dapat mengosongkan ruang yang tersedia secara efisien untuk memindahkan atau menyimpan file lainnya. Cara ini bukanlah yang paling aman untuk menghapus file Anda karena data mungkin masih dapat dipulihkan dengan alat pemulihan data.
  • Format penuh: Sektor yang buruk akan dipindai dan menuliskan nol di semua sektor, yang berarti menghapus semua data secara permanen. Tindakan ini dapat memakan waktu yang lama, tergantung pada kapasitas drive

Pilihan sistem file

Saat memformat drive Anda, penting untuk memahami perbedaan pilihan pemformatan yang tersedia untuk penggunaan yang sesuai. Sistem file yang paling umum digunakan dalam flash drive USB:

  • FAT32 adalah pilihan umum yang tidak asing bagi Anda karena sistem ini dikenali oleh sistem operasi Mac dan Windows, memiliki kapasitas file berukuran 4 GB, tetapi tidak memiliki keamanan. Sebagian besar USB flash drive memiliki sistem file FAT32 yang sudah ada. FAT32 adalah sistem file yang paling kompatibel untuk komputer lama/modern (PC dan Mac), konsol gim, dan perangkat dengan port USB.
  • exFAT adalah sistem file yang ideal untuk flash drive USB. Sistem ini tidak memiliki batas ukuran file sebesar 4GB dan kompatibel dengan sebagian besar sistem operasi Windows dan Mac. Sistem operasi yang lebih lama mungkin memerlukan pembaruan agar dapat membaca dan menulis dengan benar pada drive USB dengan sistem file exFAT.
  • Format NTFS adalah sistem file favorit Windows yang digunakan secara default untuk pengoperasian sistem oleh drive internal atau digunakan sebagai drive penyimpanan sekunder. Sistem ini memiliki ukuran file maksimal yang lebih besar tetapi hanya dapat dibaca di Mac OS X (kecuali Anda menginstal utilitas baca/tulis NTFS pihak ketiga).
  • Mac OS Extended adalah solusi asli untuk pengguna Mac dan memiliki ukuran file maksimal dari sistem file lain di atas. Pilih pilihan ini hanya jika drive Anda akan digunakan di Mac OS. Windows tidak dapat mendeteksi sistem file ini tanpa utilitas pihak ketiga.

Ada beberapa alat yang tersedia untuk menggunakan NTFS pada Mac (Fuse) atau HFS pada PC (HFSExplorer). Untuk pengguna Windows dan Mac OS sehari-hari, terdapat pilihan lain yaitu dengan cara membuat partisi di hard drive dan membagi drive yang terformat untuk setiap OS.

Memformat drive di Windows

Tampilan formatting USB di Windows 10
  1. Masukkan drive USB ke port USB.
  2. Buka File Explorer.
  3. Klik This PC pada panel kiri.
  4. Dibawah bagian “Devices and drives”, klik kanan pada flash drive lalu pilih opsi Format.
  5. Gunakan menu drop-down “File system” dan pilih opsi yang diinginkan.
  6. Di menu drop-down “Allocation unit size”, gunakan pilihan default.
  7. Di bidang “Volume label”, konfirmasi nama drive yang akan muncul pada File Explorer. Misalnya, KingstonUSB.
  8. Di bawah bagian “Format options”, pilih opsi format Quick atau tidak tergantung pada penggunaan.
  9. Klik tombol Start.
  10. Klik tombol Yes.
  11. Setelah format selesai, flash drive USB telah siap digunakan untuk menyimpan dokumen, gambar, video, dan file lainnya pada drive yang dapat dilepas.

Memformat Drive pada Mac OS 10+

  1. Masukkan drive USB ke port USB Anda.
  2. Luncurkan “Disk Utility” (dari Applications > Utilities > Disk Utility).
  3. Pilih drive USB dari daftar di sisi kiri.
  4. Pilih “Erase” di bagian atas.
  5. Ketik “Nama” untuk drive, lalu pilih “Format” (sistem file).
  6. Pilih “Erase”.
  7. Setelah selesai, pilih “Done”.
  8. Setelah format selesai, flash drive USB telah siap digunakan untuk menyimpan dokumen, gambar, video, dan file lainnya pada drive yang dapat dilepas.

Kesimpulan

Memformat flash drive USB dapat menjadi pilihan yang bagus jika Anda ingin menghapus data dari flash drive dengan cepat dan efisien atau ingin menggunakan flash drive pada sistem operasi yang berbeda. Dengan meluangkan waktu untuk memformat USB drive Anda, maka performanya juga akan optimal.

#KingstonIsWithYou

Flash Drive USB

Minta Bantuan Pakar