6 Cara untuk Meningkatkan Performa Mac

6 Cara untuk Meningkatkan Performa Mac

Jika performa Mac Anda melambat selama bertahun-tahun, mungkin sudah saatnya untuk melakukan perawatan. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan performa iMac atau MacBook yang cepat dengan lebih baik. Sebagai gantinya, kami membuat beberapa daftar yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kecepatan Mac tanpa melakukan penggantian.

Tutup Program yang Memakan Banyak Daya
Mac Activity Monitor

Salah satu hal paling sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa iMac atau MacBook adalah dengan menutup semua aplikasi atau program yang tidak digunakan. Mac Anda mungkin memakan memori dan daya CPU untuk program yang jarang Anda gunakan. Oleh sebab itu, ruang dan beban kerja Mac perlu dibebaskan dari program yang tidak diinginkan yang memperlambat performa.

Ada juga Monitor Aktivitas yang berfungsi menampilkan semua program yang sedang berjalan di Mac. Anda bisa membuka Monitor Aktivitas di Preferensi Sistem > Gunakan atau cari dan buka dengan menekan tombol Command + spasi. Akan muncul beberapa aplikasi dan program yang memakan banyak daya dan sumber daya dibandingkan yang lainnya. Monitor Aktivitas akan membagi level konsumsi setiap program yang terakhir Anda buka berdasarkan CPU, Memori, Energi, Disk, dan Jaringan.

Pilih tab CPU dan Anda bisa melihat seberapa banyak daya CPU yang digunakan untuk setiap aplikasi. Tutup aplikasi atau program yang tidak digunakan, terutama yang memakan daya CPU yang tinggi. Monitor Aktivitas adalah alat yang sangat bermanfaat untuk memeriksa level konsumsi aplikasi dan program Anda.

Bersihkan Aplikasi dan Program Start-Up

Aplikasi dan program mengganggu yang diluncurkan setiap kali Anda memulai sistem mungkin menjadi penyebab di balik kecepatan Mac yang lambat. Buka Preferensi Sistem lalu klik ‘Pengguna & Grup’. Dari sana, pilih tab ‘Item Masuk’ untuk melihat aplikasi dan program yang diatur untuk diluncurkan saat Anda mengaktifkan iMac atau MacBook. Pilih program yang tidak ingin diluncurkan selama start-up, lalu klik tanda minus di tombol daftar untuk menghapus.

Sinkronisasi iCloud

Menyinkronkan file dan foto dengan iCloud pada berbagai desktop dan perangkat juga dapat memperlambat Mac. Ketika menggunakan iCloud, sebaiknya hindari menyimpan file besar dan dokumen ke desktop Anda untuk penyimpanan. Hanya dengan menyimpan dokumen dan file yang dibutuhkan, hal tersebut akan membantu mempercepat performa dan mengurangi waktu tunggu untuk menyinkronkan semua file Anda.

Hal ini termasuk menyinkronkan foto di iCloud. Jika Mac Anda terlalu sibuk menyinkronkan semua foto ke semua perangkat dan sebaliknya, Anda selalu bisa menonaktifkan Foto iCloud di perangkat untuk menghindari Mac bekerja terlalu keras dan memperlambat performanya.

Bebaskan Ruang Penyimpanan

Tidak diragukan lagi bahwa Mac akan terasa sangat lambat ketika Anda kehabisan ruang penyimpanan jika kapasitas penyimpanan hampir penuh. Foto, video, dan musik adalah file terbesar yang memakan banyak ruang penyimpanan.

Banyak orang berpikir bahwa membeli iCloud akan menjadi solusi untuk ruang penyimpanan yang sedikit, tetapi bukan itu masalahnya. Jika Anda menghapus file dari Mac setelah mencadangkannya ke iCloud, Anda akan menghapusnya dari semua perangkat. Apabila Anda sudah memiliki iCloud dan tersinkron di semua perangkat, banyak file dan dokumen mungkin Anda memakan ruang penyimpanan di Mac Anda. Misalnya, gambar yang Anda ambil dari iPhone yang disinkronkan ke iCloud akan disimpan di Mac menggunakan penyimpanan.

Mungkin lebih baik untuk menonaktifkan sinkronisasi foto iCloud di Mac Anda. Ada layanan lain yang bisa Anda gunakan untuk mencadangkan semua file dan dokumen di cloud sehingga memungkinkan Anda untuk menghapusnya dari komputer. Layanan seperti DropBox dan Google Drive memiliki kemampuan yang sama untuk mencadangkan file seperti foto ke dalam cloud tanpa menyimpannya di Mac untuk dapat diakses.

Unduhan musik Anda juga bisa memakan banyak kapasitas penyimpanan di Mac. Anda dapat menghemat penyimpanan dengan memindahkan musik ke hard drive eksternal untuk mengosongkan ruang pada komputer Anda. Anda juga bisa membayar layanan streaming seperti Apple Music yang memiliki fitur untuk memindahkan semua musik ke cloud sehingga Anda dapat menghapusnya dari Mac dan mengaksesnya di semua perangkat. Anda juga mendapatkan manfaat streaming Apple Music untuk mendengarkan semua lagu atau penyanyi tanpa perlu mengunduh lagu di Mac jika Anda memiliki akses data atau Wi-Fi.

Hapus File Lama yang Tidak Terpakai dan Bersihkan Sampah
MacOS Big Sir Recommendations

Cara cepat dan sederhana untuk membebaskan beberapa ruang penyimpanan untuk meningkatkan kecepatan Mac adalah dengan menghapus file lama dan tidak terpakai sekaligus membersihkan Sampah. Tidak ada salahnya untuk memeriksa Mac Anda sekarang untuk menghapus file serta dokumen lama dan tidak terpakai. Menyimpannya secara lokal saat tidak digunakan hanya menghabiskan ruang penyimpanan dan memperlambat performa Mac Anda.

Jangan lupa untuk menghapus item dari folder Unduhan Anda. Buka ‘Pencari’ dan akses file Unduhan Anda untuk menghapus item ke tempat Sampah. Folder Unduhan sering diabaikan serta menyimpan banyak dokumen dan file yang mungkin Anda lupakan.

Cadangkan file dan dokumen lama Anda ke hard drive eksternal dan hapus dari Mac. Jika sudah tidak dibutuhkan, Anda selalu bisa menghapusnya dari komputer. Ingatlah untuk membersihkan Sampah setelah menghapusnya. File dan dokumen yang dihapus masih akan memakan ruang penyimpanan di tempat Sampah jika Anda tidak membersihkan tempat Sampah.

Anda dapat mengatur preferensi sistem untuk membersihkan Sampah secara teratur yang akan membantu Anda melakukannya sendiri secara manual. Klik logo Apple di bagian Menu, pilih ‘Tentang Mac Ini’, klik ‘Penyimpanan’ lalu klik ‘Kelola’. Dari sana, Anda dapat mengatur Sampah agar dihapus secara otomatis yang akan terjadi setiap 30 hari.

Turunkan atau Nonaktifkan Grafik
MacOS Big Sir Dock & Menu Var

Komputer Apple biasanya dapat menjalankan MacOS tanpa masalah, tetapi kadang-kadang mereka dapat bekerja terlalu keras untuk mempertahankan performanya. Menurunkan atau menonaktifkan grafik dapat membantu mempercepat performa Mac Anda.

Beberapa orang lebih memilih untuk menonaktifkan Dok agar performa tidak melambat. Untuk melakukan ini, klik Preferensi Sistem, Dok, dan hapus centang pada kotak berikut:

  • Perbesaran
  • Animasi pembukaan aplikasi
  • Sembunyikan dan tampilkan dok secara otomatis

Anda juga bisa mengeklik ‘Perkecil windows menggunakan’ dan ubah Efek Genie ke Efek Skala.

Kemungkinan Buruk Terakhir

Jika semuanya gagal, hal terakhir yang dapat Anda coba adalah mengatur ulang seluruh Mac Anda dan melakukan instalasi ulang OS yang bersih. Hal ini harus dianggap sebagai langkah terakhir karena Anda harus menghapus seluruh boot drive sepenuhnya. Instalasi ulang juga akan menghapus semua file di Pustaka Sistem dan Pengguna yang dibuat sepanjang tahun.

Kami menyarankan untuk mencadangkan semua file penting, dokumen, gambar, musik, dan apa pun yang mungkin Anda perlukan setelah menginstal OS. Pada akhirnya, jika kondisi terburuk tidak bisa diatasi dan Mac tidak mengalami peningkatan, mungkin sudah saatnya mencari penggantinya.

For information about how COVID-19 has affected our business operations, click here.