Lensa kamera 4K

Cara Memilih Kartu Memori untuk Merekam Video 4K

Dari seluruh perangkat yang menggunakan penyimpanan digital, mencari solusi penyimpanan terbaik untuk kamera video 4K mungkin adalah yang paling mudah. Terlepas dari kemampuannya yang canggih, kebutuhan spesifik kamera video 4K tidak berubah dan menuntut sehingga mencari penyimpanan untuk kamera ini justru menjadi lebih mudah. Tidak ada banyak variabel yang menyebabkan pemilihannya terlalu sulit.

Sebelum membahas poin-poin penting dalam memilih penyimpanan yang tepat, mari kita bahas sedikit tentang 4K itu sendiri.

‘4’ mewakili angka empat. ‘K’ mewakili ribuan. Jadi, 4K menjelaskan angka 4.000, tetapi dalam hal ini angka tersebut merujuk pada resolusi video dengan jumlah piksel horizontal sekitar 4.000.

Kenapa kira-kira? Karena istilah 4K digunakan untuk menjelaskan dua standar terpisah tetapi serupa. Dalam lingkup profesional, seperti Digital Cinema Initiatives (DCI), resolusi 4K adalah 4096 x 2160 dan digunakan untuk film. Sementara 4K yang digunakan dalam dunia konsumen (TV dan perlengkapan video) disebut sebagai Ultra-High Definition (UHD) dan resolusinya adalah 3840 x 2160. Jadi, satu standar memiliki lebih dari 4.000 piksel daripada yang lainnya. Oleh karena itulah dikatakan sekitar 4.000 piksel horizontal.

Dengan resolusi piksel empat kali dari 1080p, video 4K (baik profesional maupun konsumen) memiliki kualitas gambar yang lebih jelas, lebih detail, serta lebih tajam daripada video HD dan Full-HD yang belum lama ini dianggap sangat memukau. Pengeditan video 4K juga lebih mudah dikerjakan dengan kualitas gambar yang tidak terpengaruh proses stabilisasi apa pun, serta memungkinkan pengambilan gambar diam dengan kualitas mendekati 8MP.

Namun, kelebihan ini ada bersama dengan kesulitan kecil – piksel empat kali lebih banyak mungkin setara dengan gambar fenomenal, tetapi juga berarti membutuhkan ruang penyimpanan dua kali lebih besar. Sebagai contoh, satu jam perekaman digital 1080p menggunakan ruang 23GB; satu jam perekaman video 4K membutuhkan 45GB.

Kamera DSLR dengan kartu SD Canvas React Kingston

Dalam hal pengambilan video 4K, ada empat hal yang sangat penting: kapasitas kartu, kecepatan tulis, kecepatan transfer data, dan kecepatan video. Dan tiga di antaranya melibatkan standar ukuran yang sama. Dalam diskusi ini, kita akan merujuk pada kartu SD dan kartu microSD ukuran standar.

  • Kapasitas kartu: Anda telah mengetahui bahwa perekaman video 4K dapat menghasilkan file berukuran sangat besar. Kita baru saja menyebutkan bahwa satu jam perekaman video 4K memerlukan ruang penyimpanan sekitar 45GB. Mulailah dengan ukuran 63GB, kecuali jika Anda merekam kurang dari satu jam atau tidak khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Kapasitas kartu dapat bervariasi hingga 256GB dan sesuai untuk video 4K.
  • Kecepatan tulis: Mungkin ini adalah faktor terpenting dalam memilih penyimpanan untuk video 4K. Kartu pilihan Anda harus memiliki kecepatan tulis yang cukup agar dapat terus memproses data yang masuk. Pilihannya sangat mudah. Kartu SD memiliki enam kelas kecepatan yang berbeda. Hanya kelas U3 yang mampu menulis pada kecepatan yang dibutuhkan untuk video 4K, yaitu 30MB/s. Pilih kartu yang memiliki tanda U3 (Angka 3 di dalam huruf kapital U).
  • Kecepatan transfer data: Memasangkan kartu SD tingkat U3 Anda dengan perangkat kompatibel yang mendukung antarmuka bus UHS kemungkinan akan menunjang kecepatan kartu Anda. Sebagian besar kamera mendukung antarmuka bus UHS yang dapat dimanfaatkan kartu memori UHS. Ada antarmuka bus UHS-I dan UHS-II. Secara teori, UHS-I mentransfer dengan kecepatan hingga 104MB/s sementara antarmuka UHS-II mentransfer dengan kecepatan hingga 312MB/s. Untuk kartu SD tingkat U1 dan U3, antarmuka yang kompatibel hanya bus UHS-I, sementara UHS-II digunakan oleh kartu memori Kelas Kecepatan Video.
  • Kecepatan video: Kartu memori SD untuk penyimpanan video 4K sebaiknya memiliki minimal tingkat/tanda V30 yang menunjukkan bahwa kartu memiliki kecepatan tulis kontinu minimum 30MB/s yang dibutuhkan video 4K. Kartu SD dengan tingkat Kelas Kecepatan Video secara khusus ditujukan untuk merekam dan menyimpan video dengan resolusi 4K atau 8K. Jika antarmuka bus UHS-I hanya mendukung V6 hingga V30, antarmuka bus UHS-II mendukung kartu memori kelas kecepatan V6 hingga V90. V90 digunakan pada mode UHS-II atau yang lebih cepat.

Jika Anda mencari kartu SD dengan performa terbaik yang bisa Anda gunakan untuk video 4K, carilah kartu UHS-II dengan tingkat V90.

Semua ini adalah solusi terbaik untuk kartu SD kelas kecepatan UHS jika kamera Anda membutuhkan kecepatan tulis yang lebih tinggi saat merekam dalam resolusi 4K atau 8K. Memiliki kartu SD yang cukup cepat dengan kecepatan tulis yang tepat adalah hal penting. Jadi, lihat manual pemilik perangkat Anda untuk mengetahui spesifikasi penyimpanan kartu memori Anda.

Tips Bermanfaat: Pilihan kapasitas Anda harus dua kali lebih besar dari yang biasa Anda gunakan untuk rekaman 1080p, dan tiga kategori kecepatan (kecepatan tulis, transfer, dan video) semuanya didasarkan pada 30MB/s yang dibutuhkan untuk perekaman 4K.

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam memilih kartu memori yang tepat untuk video 4K, baca panduan bermanfaat kami yang menjelaskan kelas kecepatan dan kecepatan tulis dari semua kartu memori di sini.

#KingstonIsWithYou

Related Videos

  • Video Editing Tips - Hardware and Software Recommendations - DIY in 5 Ep 136

    Are you suddenly finding yourself with a creative itch to make cool video content and share it with the world?

  • PC Build - 4k Video Editing PC Build 2019 - DIY in 5 Ep 108

    Planning on editing 4K video but not sure if a $1,000 pre-built model will work? Don’t worry. We’re going to show you how to build the best 4K editing rig.

  • Video Production Tips – Portable 4K Editing Rig

    There is great news for everyone from professional editor to budding content creators. You can edit 4k on the go without lugging an entire editing suite to wherever you travel.

  • HD, 4K, 8K? TV and Camera Video Resolution Explained

    What is the difference between HD, 2K, 4K, and 8K?

Related Products

For information about how COVID-19 has affected our business operations, click here.