PC game
Perbedaan Antara Memori dan Penyimpanan dalam Game
Modul DRAM Kingston FURY

Akhir-akhir ini kita dibanjiri dengan berita tentang banyaknya jumlah dan spesifikasi generasi konsol berikutnya. Gamer PC berpengalaman siap mencari tahu berbagai teknologi yang terus meluncurkan variasi baru untuk setiap komponen berapa pun harganya. Namun sekarang ini, dengan banyaknya nama, nomor, dan penambahan spesifikasi, makin menyulitkan kita mencari tau mana yang kita inginkan dan mana yang kita mau beli. Agar membantu pembelian Anda selanjutnya, mari kita bahas salah satu ilmu dasarnya: memori.

Seperti namanya, memori adalah ukuran besaran data yang dapat diingat atau disimpan komputer. Namun, sama halnya dengan otak manusia, memori dibagi menjadi dua fungsi: jangka pendek dan jangka panjang. Memori jangka pendek pada dasarnya akan segera dihapus begitu komputer selesai menggunakan sistem yang telah disimpan atau saat Anda mematikan sistem. Memori jangka panjang adalah semua file yang disimpan begitu sistem dimatikan, dan dikenal sebagai penyimpanan.

Jika ada yang membahas tentang memori pada PS5, Xbox Series X, atau PC, artinya mereka membahas soal memori jangka pendek. Istilah teknisnya dinamakan RAM, atau Random Access Memory. Mungkin di bayangan Anda RAM berbentuk stik seperti DDR4. RAM dapat dianggap sebagai buku catatan yang ada di meja CPU Anda, memungkinkannya untuk menyimpan berbagai hal (foto, file, kalkulasi, program, dsb.) karena RAM ini akan segera mengerjakannya. (Misalnya, menerapkan peta atau model dengan cepat saat diperlukan oleh aplikasi.)

Memiliki banyak RAM penting bagi sistem karena mereka memungkinkan CPU untuk menyimpan sumber daya sehingga langsung siap digunakan jika diperlukan. Keperluannya bisa beragam, dari jumlah tab yang Anda buka di browser internet, hingga tekstur dengan resolusi tinggi yang perlu dimuat game untuk level baru. (Contoh kedua ini terkadang ditangani dengan bentuk khusus RAM yang merupakan bagian dari kartu grafik, yaitu VRAM.) Contohnya saat produsen konsol generasi berikutnya membahas besaran memori yang tersedia dalam sistem baru mereka.

RAM diukur dalam satuan GB (gigabyte), dengan kapasitas antara 2GB hingga 64GB per stik. Namun, hal yang sama berlaku pada memori jangka panjang di komputer, yang biasanya disebut penyimpanan. Jika umumnya RAM memiliki kapasitas maksimum 256GB pada satu sistem, penyimpanan bahkan memiliki kapasitas dalam TB (terabyte, ~ 1000 GB) data.

Meskipun Anda dapat menyimpan lebih banyak data di perangkat penyimpanan – seperti hard drive internal atau eksternal, serta solid-state drive (SSD) – data tersebut tidak dapat diakses secepat RAM. Ini artinya penyimpanan lebih cocok untuk menyimpan program yang tidak digunakan, seperti foto, lagu, video yang tidak sedang Anda putar. Intinya, penyimpanan adalah tempat Anda menyimpan data yang bisa dibuka kemudian hari.

DRAM Kingston FURY dan SSD KC2500 Kingston

Penyimpanan hadir dalam 3 jenis, dari hard disk drive (HDD), hingga SATA dan NVMe Solid-State Drives (SSD). HDD adalah yang paling lambat dari ketiganya yang berjalan pada disk magnetik yang berputar dan tidak dibuat untuk akses cepat oleh CPU, sedangkan dengan SSD, SATA lebih unggul daripada HDD. NVMe dirancang untuk SSD dan berkomunikasi antara antarmuka penyimpanan dan CPU sistem menggunakan soket PCIe berkecepatan tinggi tanpa batasan form faktor. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa penyimpanan biasanya juga memiliki kecepatan akses yang berbeda, yang terbagi menjadi kecepatan baca dan tulis. Karena tidak perlu berputar di piringan fisik untuk menemukan data yang perlu dibaca, SSD memiliki kecepatan baca/tulis yang lebih cepat. Cocok untuk menampilkan tekstur beresolusi tinggi yang besar dari folder instal game dan masuk ke dalam memori kerja RAM atau GPU.

Beberapa game, seperti Cyberpunk 2077, menyarankan agar Anda memasang SSD atas alasan ini, karena dapat mengurangi waktu loading. Kedua generasi konsol berikutnya tersebut dilengkapi SSD, yang memungkinkan game dimuat tanpa waktu loading, seperti pada Spider-Man dari Marvel di PS5.

Kesimpulannya, RAM bisa berarti spesifikasi teknis dan persyaratan sistem minimum dalam memori. Sementara itu, penyimpanan menandakan besarnya ruang yang tersedia pada hard drive atau SSD sistem maupun besarnya ruang yang Anda perlukan untuk menginstal game baru.

#KingstonFURY #KingstonIsWithYou

Video Terkait

  • Cara Mengetahui apakah Anda Membutuhkan Lebih Banyak RAM

    Meng-upgrade RAM hanya perlu waktu singkat, mudah diinstal, tidak memerlukan driver, dan tidak perlu meng-upgrade keseluruhan.

  • Cara Memperbaiki Kualitas Panggilan Video yang Lambat di PC atau Laptop dengan RAM yang lebih besar

    Apakah panggilan video Anda terlalu sering mengalami buffering? Atau audionya terputus-putus? Anda dapat meningkatkan kualitas panggilan video dengan meng-upgrade memori.

  • Manfaat DRAM Generasi Terbaru

    Memori DDR4 16Gbit ada di sini. Apakah ini tepat untuk Anda?

  • Upgrade Perangkat Keras untuk Mempercepat Komputer Anda

    Jika Anda dapat meng-upgrade satu bagian di PC, apa pilihan Anda? Haruskah Anda meng-upgrade memori?

  • Cara memilih SSD: Penjelasan tentang SATA, 2.5", NVMe, M.2, PCIe, U.2

    Anda ingin meningkatkan kecepatan PC secara drastis dengan meng-upgrade SSD. Namun, bagaimana cara memilihnya?

Produk-produk terkait