seorang gamer muda yang mengenakan headset duduk di meja, bermain game FPS PC dengan desktop komputer di latar belakang
Bermain game dengan Windows 11: Yang akan Anda dapatkan dengan fitur performa PC baru

Pengguna Windows telah menunggu sistem operasi (OS) Microsoft berikutnya sejak tahun 2015, dan akhirnya, penantian itu berakhir…Windows 11 telah hadir! Banyak perhatian telah difokuskan pada fitur-fitur canggih yang ditawarkan, serta fungsi konsolidasi dan peningkatan pengalaman pengguna. Namun, Windows 11 menghadirkan beberapa fitur game baru yang menarik, mari kita lihat.

DirectStorage

Tampilan tangan jarak dekat sedang menginstal Kingston FURY Renegade NVMe SSD di motherboard komputer

DirectStorage adalah (secara harfiah) pembaruan terobosan. Teknologi ini memungkinkan SSD NVMe mentransfer data game langsung ke kartu grafis, melewati kemacetan CPU dan memberikan kecepatan tinggi untuk rendering, tanpa waktu muat yang lama. Dalam bermain game, ini berarti ucapan selamat tinggal pada pemuatan layar serta ucapan selamat datang pada permainan game yang lebih cepat dan lebih lancar.

Seperti kegembiraan di sekitarnya, Microsoft baru-baru ini mengonfirmasi bahwa DirectStorage juga akan tersedia untuk Windows 10. Oleh karena itu, meskipun memilih untuk tidak meng-upgrade ke Windows 11, Anda tetap dapat memanfaatkan keunggulan DirectStorage.

Penting untuk diingat bahwa teknologi ini hanya akan berfungsi dengan SSD NVMe dan meskipun kompatibel dengan SSD PCIe 3.0, SSD PCIe 4.0 seperti Kingston FURY Renegade dan KC3000 akan memberikan pengalaman terbaik, dengan mengoptimalkan kecepatan SSD generasi berikutnya.

Baik memilih untuk tetap menggunakan Windows 10 atau meng-upgrade ke Windows 11, sepertinya inilah waktu yang tepat untuk meng-upgrade ke SSD NVMe guna merasakan manfaat DirectStorage. Dikombinasikan dengan upgrade memori dan peningkatan kecepatan serta kapasitas penyimpanan perangkat Anda, peningkatan ini dapat memberikan kesempatan untuk meningkatkan performa hingga pengalaman bermain game Anda secara keseluruhan.

Auto HDR

Windows 11 memberi para gamer grafis superior berkat Auto HDR. Auto HDR adalah teknologi yang secara otomatis meningkatkan visual konten game tanpa input pengguna. Windows 11 akan secara otomatis mendeteksi monitor yang mendukung HDR dan meningkatkan warna game yang dibuat di DirectX 11 atau lebih tinggi dengan peningkatan rentang dinamis. Auto HDR adalah jalan menuju pengalaman bermain game visual terbaik!

Gaming tab

Aplikasi pengaturan di Windows 11 memiliki tab gaming khusus tempat Anda dapat beralih ke ‘Mode Game’. Ini akan secara otomatis mengurangi penggunaan aplikasi latar belakang guna membebaskan CPU untuk bermain game.

Xbox Game Pass

Windows 11 menghadirkan pilihan game yang luar biasa berkat Aplikasi Xbox. Anggota Xbox Game Pass memiliki akses ke perpustakaan yang berisi lebih dari 100 game berkualitas tinggi.

Bagaimana dengan kompatibilitas?

Berdasarkan pernyataan peluncuran Windows 11, Anda memerlukan CPU 1 GHz atau yang lebih cepat dengan 2 core atau lebih pada prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC). Secara riil, ini berarti CPU desktop/laptop berikut akan kompatibel (per Juni 2021):

  • Intel Core generasi ke-8 (Coffee Lake, Whiskey Lake) dan yang lebih baru
  • AMD Zen+ (Ryzen 2000, Threadripper 2000, Ryzen 3000G APU) dan yang lebih baru

Namun, daftar ini tidak pasti dan CPU generasi sebelumnya mungkin kompatibel dengan Windows 11 – tetapi generasi komponen lain dari sistem Anda dapat menjadi faktor penentu, dan dapat berubah. Bagaimana pun, harap periksa kompatibilitas Windows 11*.

Poin penting lainnya adalah mempertimbangkan persyaratan DRAM Anda, dan apakah ini juga akan kompatibel dengan CPU Anda, baik saat ini maupun di masa mendatang. Untuk Windows 11, persyaratan minimum adalah DRAM minimal 4 GB (Gigabyte). Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, memastikan Anda memenuhi lebih dari persyaratan minimum akan memastikan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Apa itu TPM 2.0 dan apakah saya membutuhkannya?

Trusted Platform Module, atau TPM, mungkin merupakan istilah yang tidak diketahui sebelum pengumuman Windows 11. Namun, ini wajib agar dapat menggunakan Windows 11. TPM sendiri adalah kriptoprosesor yang mengamankan komputer pada tingkat perangkat keras, yang mencegah risiko serangan dengan menggunakan kunci kriptografi terintegrasi. TPM kemudian bekerja dengan sistem dan aplikasi lain di dalam PC Anda. Karena berbasis perangkat keras, TPM dianggap lebih aman daripada hanya menggunakan enkripsi perangkat lunak.

Artinya, mereka yang tidak memiliki TPM 2.0 tidak akan dapat meng-upgrade ke Windows 11, kecuali (untuk desktop) Anda membeli dan menginstal Modul TPM 2.0. Untuk mengetahui apakah perangkat Anda memiliki TPM 2.0, cari “Windows Security” dari menu start, pilih “Device Security”, lalu pilih “Security processor details”. Pastikan untuk memeriksa “Specification Version” adalah 2.0, karena versi sebelumnya tidak akan kompatibel.

Kesimpulan

Kabar mengenai Windows 11 makin berkembang, dan tidak sulit mengetahui alasannya. Sepertinya Microsoft benar-benar memikirkan gamer saat membuat OS baru. Sarah Bond, CVP Game Creator Experience and Ecosystem di Microsoft bahkan mengatakan bahwa Windows 11 adalah “Windows terbaik yang pernah ada untuk bermain game”. Dengan demikian, ini mungkin kesempatan yang sangat baik untuk meng-upgrade sistem Anda, guna mengoptimalkan manfaat yang ditawarkan Windows 11.

#KingstonFURY #KingstonIsWithYou

Pencarian Memori Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 30 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Produk Terkait

Minta Bantuan Pakar