gamer eSport memainkan game video di PC-nya secara langsung
Panduan streaming

Streaming telah menjadi sangat populer selama bertahun-tahun dengan jutaan penonton dari seluruh dunia menyaksikan selebritas game video favorit mereka. Twitch adalah platform streaming game video terbesar, mencapai 3,2 juta pengguna per bulan di tahun pertamanya. Platform streaming populer kini memiliki 140 juta pengguna aktif per bulannya yang bisa membantu banyak orang untuk membangun kariernya sebagai gamer dan streamer. Sementara itu, keahlian dalam bidang teknologi komputer, konektivitas internet berkecepatan tinggi, dan adegan eSport yang berkembang pesat ada hanya untuk mendorong figur audiens ini ke tingkat yang baru. Popularitas streaming langsung game video tentunya tidak memudar, tetapi bagaimana fenomena ini bermula?

Asal mula munculnya streamer game video

Menyiarkan rekaman permainan game untuk dilihat dunia bukanlah hal baru, khususnya sejak konten terkait demonstrasi dan panduan game video telah digunakan oleh penyalur media selama bertahun-tahun. Malah, banyak bintang streaming awalnya mendapatkan popularitas melalui demonstrasi permainan game dan video Let’s Play. Salah satu pelopornya adalah Felix Chelberg, yang meluncurkan channel PewDiePie di YouTube tahun 2010. Reaksi mencengangkan dan video permainannya yang lucu langsung menarik banyak perhatian dan tidak lama setelahnya, muncullah channel lain yang mulai melakukan streaming video permainan game mereka sendiri. Tetapi, praktik streaming langsung menjadi populer di pertengahan tahun 2010 di situs seperti Twitch, tempat pengguna berbondong-bondong menonton selebritas internet favorit mereka beradu dalam game kompetitif secara langsung.

Bagaimana gamer mengubah streaming langsung menjadi suatu profesi?

gamer eSport wanita memainkan game video di PC-nya secara langsung

Game seperti Fortnite, Minecraft, Valorant, League of Legends, Apex Legends, COD: Warzone, Hearthstone, World of Warcraft, Dota 2, dan CS:GO saat ini mendominasi angka penonton Twitch dan YouTube. Tidak hanya populer, tetapi game tersebut juga sangat kompetitif – malah, dapat menghabiskan bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Hasilnya, banyak pemain pro seperti Ninja, Shroud, dan Myth menggunakan Twitch untuk menampilkan permainan tingkat tinggi serta keahlian teknis mereka secara langsung, memberikan komentar menghibur serta pengetahuan game yang berharga, selain memberi penonton pengetahuan mendalam yang dapat digunakan untuk game mereka sendiri. Para streamer terbesar dapat memperoleh uang dari sponsor, langganan audiens, dan donasi. Tentu saja, tidak semua streamer yang cukup beruntung, dan sebagian besar dari mereka harus menghabiskan berjam-jam untuk bersaing demi tontonannya. Uang tentunya bukan masalah jika Anda memiliki keterampilan dan karisma untuk memikat audiens langsung, Anda dapat segera menjadi bintang streaming.

Bagaimana cara menjadi streamer game video?

Jika Anda tidak masalah dengan jam kerja tanpa bersosialisasi dan waktu stream yang panjang, maka kami punya beberapa tips yang dapat berguna dalam mempersiapkan karier streaming langsung Anda sendiri.

  1. Pelajari cara streaming - Cara yang satu ini mungkin jelas, tetapi Anda harus memahami perangkat lunak streaming pilihan Anda sebelum membuat konten. Lagi pula, tidak ada yang ingin menontoni Anda yang sedang kebingungan menyetel volume suara dan kualitas gambar.
  2. Menginvestasikan peralatan streaming yang memadai - Tidak ada gunanya menambah audiens jika Anda tidak memiliki alat yang penting untuk streaming. Lagi pula, alat Anda sama pentingnya dengan konten Anda. Spesifikasi yang disarankan Twitch Studio adalah: Windows 10 64-bit OS, NVIDIA GTX 10 series atau GPU yang lebih baru, RAM 8GB, 8 thread Intel atau AMD CPU. Tetapi, streaming game dan menjalankan aplikasi yang penting berkualitas tinggi memerlukan RAM 32GB.
  3. Konsisten - Poin ini sangat penting bagi setiap streamer game video, khususnya pemula, karena Anda harus streaming setiap hari untuk menambah penonton Anda.
  4. Berinteraksi dengan penonton Anda - Seiring pertambahannya, penting agar mengajak audiens bicara, jadi pastikan Anda sering memeriksa bagian chat.
  5. Temukan keistimewaan Anda - Menjadi orisinil mungkin sulit ketika ada begitu banyak streamer game video langsung di luar sana, tetapi Anda perlu menonjol dari yang lain jika ingin berhasil. Jika Anda menghibur dan menyenangkan untuk ditonton, maka audiens Anda akan bertambah.

Kesimpulan

Dunia streaming langsung telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan telah membentuk komunita gamer yang dapat menonton orang lain bermain game, berinteraksi dengan penonton lain, atau streaming permainan game mereka sendiri secara langsung. Jika Anda sangat menyukai game, bergabung ke platform streaming bisa jadi cara yang bagus untuk bersenang-senang, berbincang dengan gamer lain, dan bahkan membangun karier.

#KingstonFURY #KingstonIsWithYou

Gaming Memory

Minta Bantuan Pakar