Kingston will be closed Thursday, Friday, Saturday and Sunday in observance of the Thanksgiving Holiday.
All orders placed after 11:00 am (PST) on Wednesday November 25th, will not be processed until Monday November 30th.

We wish you and your Family a Happy Holiday!

Layar komputer dengan gambar Memori vs Penyimpanan

Perbedaan Antara Memori dan Penyimpanan di Komputer

Wajar jika banyak pengguna komputer menganggap memori dan penyimpanan itu sama. Apabila Anda ragu mengenai perbedaan antara memori dan penyimpanan di komputer, artikel ini akan membahas perbedaan di antara keduanya.

Memori

Dua modul RAM di samping tangan seseorang yang mengoperasikan laptop

Istilah memori mengacu pada komponen di dalam komputer yang memungkinkan akses data jangka pendek. Anda mungkin mengenali komponen ini dengan sebutan DRAM, atau dynamic random-access memory (memori akses acak dinamis). Komputer Anda menjalankan beragam operasi dengan mengakses data yang disimpan dalam memori jangka pendeknya. Beberapa contoh pengoperasiannya termasuk mengedit dokumen, memuat aplikasi, dan menjelajahi internet. Kecepatan dan performa sistem bergantung pada jumlah memori yang terpasang pada komputer.

Jika Anda memiliki meja dan lemari arsip, anggap saja meja tersebut adalah memori komputer. Untuk memudahkan akses, semua file yang Anda digunakan segera akan disimpan di meja. Namun, hanya sedikit yang bisa disimpan karena ukuran meja yang terbatas.

Penyimpanan

Drive penyimpanan SSD di atas PC laptop yang dibongkar

Jika memori mengacu pada lokasi data jangka pendek, penyimpanan adalah komponen komputer yang memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengakses data dalam jangka panjang. Biasanya, ada dua bentuk penyimpanan yaitu solid-state drive atau hard drive. Penyimpanan akan menampung aplikasi, sistem operasi, dan file dalam jangka waktu yang tak terbatas. Komputer perlu menulis informasi dan membacanya dari sistem penyimpanan sehingga kecepatan penyimpanan akan menentukan seberapa cepat sistem dapat melakukan booting, memuat, dan mengakses file yang disimpan.

Jika meja menggambarkan memori komputer, lemari arsip adalah penyimpanan komputernya. Lemari arsip akan menampung file yang perlu disimpan, tetapi tidak membutuhkan akses langsung. Karena ukuran lemari arsip yang besar, banyak data dapat disimpan.

Perbedaan utama antara memori dan penyimpanan adalah memori akan hilang saat komputer dimatikan. Sebaliknya, penyimpanan akan tetap utuh tidak peduli seberapa sering komputer dimatikan. Oleh sebab itu, dalam analogi meja dan lemari arsip, semua file yang tertinggal di meja akan dibuang. Namun, semua yang ada di lemari arsip akan tetap disimpan.

Minta Bantuan Pakar

For information about how COVID-19 has affected our business operations, click here.

Tetap terhubung! Daftarkan diri ke email kami untuk berita Kingston dan lebih banyak lagi.