Produk periferal gaming HyperX diakuisisi oleh HP.

Semua produk internal HyperX (DRAM) telah dikembalikan ke situs web Kingston.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai transisi produk HyperX ke Kingston FURY, kunjungi halaman FAQ kami.

Informasi Overclocking

Overclocking

Overclocking adalah penyesuaian spesifikasi standar pada modul memori, CPU, dan GPU untuk meningkatkan dan memperbaiki kinerja. Misalnya, meningkatkan kecepatan clock dan menurunkan latensi (status menunggu) dari nilai standar industri (JEDEC) pada RAM dapat mempengaruhi aplikasi PC secara signifikan. Modul memori Kingston FURY menyediakan dua pendekatan untuk melakukan overclocking memori: Plug N Play bagi pemula, dan Extreme Memory Profiles bagi pengguna tingkat lanjut.

Untuk pehobi PC, overclocking adalah suatu bentuk seni, juga memiliki subkulturnya sendiri. Overclocker paling bersemangat umumnya melakukan berbagai cara untuk mendapatkan rekor dunia, seperti mendinginkan komponen komputer dengan nitrogen cair. Namun, tidak semua orang yang menginginkan komputer gaming tercepat perlu memahami seni overclocking untuk mendapat kinerja lebih dari perangkat keras mereka. Pada pertengahan tahun 2000an, Intel, AMD, dan NVidia merumuskan metode untuk melakukan overclocking memori dengan mudah melalui profil yang diprogram pada modul DIMM. Profil tersebut mengatur kecepatan clock, voltase, dan latensi. Sebuah ekosistem saling kontrol dan menjaga keseimbangan antara pembuat chipset/prosesor, pembuat motherboard, dan perusahaan memori telah tercipta untuk memberikan lanskap yang stabil. Dengan demikian, orang awam dan pehobi dapat dengan mudah meningkatkan kinerja modul memori mereka.

Kecepatan Baca Memori dalam MB/dtk (makin tinggi, makin baik)

Profil Kinerja
Kingston FURY Renegade DDR4

Kecepatan Baca Memori 39248 MB/dtk
Kecepatan Latensi Voltase
2666 MHz 13-15-15 1.35V

Plug-N-Play (PnP)
Kingston FURY Beast DDR4 / Kingston FURY Impact DDR4

Kecepatan Baca Memori 38032 MB/dtk
Kecepatan Latensi Voltase
2666 MHz 16-18-18 1.2V

Standar Industri (JEDEC)
Memori DDR4 Kingston

Kecepatan Baca Memori 37463 MB/dtk
Kecepatan Latensi Voltase
2666 MHz 19-19-19 1.2V
Plug N Play

Plug N Play

Kingston FURY Plug N Play adalah konsep overclocking memori yang diprakarsai oleh Kingston. Tersedia di lini produk memori FURY dan Impact, Kingston FURY Plug N Play adalah memori yang telah ter-overclock secara bawaan dengan preset yang dikonfigurasi oleh insinyur kami di pabrik.

Anda tidak perlu mengubah pengaturan dan timing secara manual. Anda bahkan tidak perlu memilih profil. Karena profil tersebut berjalan di voltase standar, Anda dapat langsung menggunakan memori tanpa melakukan konfigurasi. Plug N Play merupakan opsi ideal jika Anda memiliki sistem yang tidak memungkinkan penyesuaian memori di BIOS, atau jika Anda menginginkan cara mudah untuk mendapat performa lebih kencang dari memori Anda. Pada kebanyakan sistem, Kingston FURY Plug N Play akan melakukan overclock otomatis pada memori Anda hingga kecepatan maksimal yang diizinkan oleh BIOS.

Intel XMP

Intel XMP


Intel

Intel memiliki pendekatan sendiri dalam melakukan overclocking memori, yaitu XMP (Extreme Memory Profile). XMP adalah pengaturan overclocking bawaan yang diprogram pada modul DIMM saat modul diproduksi. Setiap DIMM memiliki dua profil overclocking: agresif dan tidak terlalu agresif. Masing-masing profil memiliki nilai JEDEC (kecepatan, voltase, dan timing standar industri) yang berbeda. XMP adalah solusi Intel untuk menyediakan overclocking yang aman dan terjamin di platform Intel. Profil XMP dapat diaktifkan di BIOS, atau melalui Intel Extreme Tuning Utility (XTU) yang dapat diunduh di situs resminya.

Tersedia dua klasifikasi Intel XMP: Certified dan Ready. Intel XMP Certified berarti bahwa DIMM dimaksud telah diverifikasi kinerjanya oleh Intel di model motherboard tertentu. Hasil uji tersebut dikumpulkan dan ditampilkan di situs XMP Intel. Sementara itu, Intel XMP Ready berarti bahwa DIMM memiliki profil XMP dan telah diuji oleh pembuat memori di kecepatan yang diiklankan, tetapi hasil ujinya belum dikirimkan kepada Intel.

Kecepatan Baca Memori dalam MB/dtk (makin tinggi, makin baik)

Profil Kinerja
Kingston FURY Renegade DDR4

Kecepatan Baca Memori 50004 MB/dtk
Kecepatan Latensi Voltase
3600 MHz 17-18-18 1.35V

Profil Kinerja
Kingston FURY Renegade DDR4

Kecepatan Baca Memori 42411 MB/dtk
Kecepatan Latensi Voltase
3000 MHz 15-17-17 1.35V

Standar Industri (JEDEC)
Memori DDR4 Kingston

Kecepatan Baca Memori 37463 MB/dtk
Kecepatan Latensi Voltase
2666 MHz 19-19-19 1.2V

Overclocking mendorong spesifikasi standar industri yang stabil pada memori (kecepatan, latensi, voltase) untuk mencapai performa lebih baik. Meskipun secara umum aman serta didukung oleh Intel, AMD, dan produsen motherboard/sistem, risiko overclocking menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya. Stabilitas sistem dapat terganggu oleh adanya penambahan kecepatan dan konfigurasi. Komponen FURY yang tercantum didasarkan pada pengujian produsen motherboard (QVL) dan pengujian internal Kingston. Meskipun demikian, beberapa sistem mungkin memerlukan komponen premium (model prosesor, motherboard, catu daya, dan pendinginan air kelas atas) guna mencapai overclocking yang stabil, terutama untuk kecepatan yang tinggi.