We've updated our Privacy Policy with new contact details for privacy matters. Please review our updated Privacy Policy.

Server, desktop, dan modul memori notebook 16Gbit yang dibangun dari ilustrasi jejak dan chip pada papan sirkuit

Apa saja manfaat dari DRAM DDR4 16Gbit generasi terbaru?

Di awal Oktober 2019, pemasok semikonduktor DRAM mulai memperkenalkan DRAM generasi terbaru yang memiliki kerapatan tinggi untuk DDR4. Pembuatan chip baru ini didasarkan pada litografi wafer baru yaitu di bawah 20 nanometer. Ini berarti DRAM beralih dari kerapatan 8Gbit ke 16Gbit, sehingga menghasilkan kapasitas yang lebih tinggi per modul.

Dengan kata lain, ini berarti menggunakan setengah jumlah chip untuk mencapai kapasitas yang sama dari metode sebelumnya. Teknologi wafer terbaru serta komponen yang lebih sedikit pada modul memori membantu meminimalkan penggunaan daya untuk semua kelas perangkat, termasuk perangkat seluler. Hal ini akan meningkatkan masa hidup baterai laptop dan menghemat biaya listrik untuk pusat data dan desktop di rumah maupun kantor. Kemajuan baru ini akan berkontribusi pada peningkatan komputasi cloud, pusat data edge, dan jaringan 5G.

Penghentian DRAM 8Gbit

Modul memori berbasis 8Gbit akan diberhentikan karena produsen DRAM tengah memusatkan produksi mereka pada DRAM 16Gbit dengan kerapatan tinggi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk merencanakan peningkatan sistem. Kingston akan menyediakan modul memori berbasis 8Gbit untuk periode waktu tertentu selama kami mampu mendapatkan chipnya, tetapi kami tidak dapat menentukan berapa lama periode ini dapat berlangsung. Jika Anda akan merakit sistem dan menginginkan masa hidup yang lama untuk komputer Anda, gunakan komponen yang kompatibel dengan DRAM 16Gbit. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa sistem Anda dapat ditingkatkan nantinya.

Di video singkat ini, kami memberikan gambaran umum dari transisi DRAM ini – apa arti dan manfaatnya bagi Anda, serta apa yang perlu dicari ketika ingin meningkatkan memori. Lihat dan rasakan perbedaannya:

  • Tingkatkan kerapatan dua kali untuk kapasitas RAM lebih besar

  • Menciptakan efisiensi yang lebih baik dalam sistem dan aplikasi

  • Membantu mengurangi penggunaan daya listrik

  • Menyediakan penghematan biaya pada pusat data

DRAM DDR4 16Gbit generasi terbaru telah hadir

8Gbit > 16Gbit

8Gbit and 16Gbit DDR4 memory modules visual comparison

Kapasitas Baru

Dengan transisi ke DRAM 16Gbit, dapatkan kemampuan untuk melakukan lebih dengan upaya minim! Selanjutnya, hal ini memungkinkan kami untuk menawarkan kapasitas baru pada modul memori kami:

Tipe Memori8Gbit16Gbit
UDIMM 16GB 32GB
SODIMM 16GB 32GB
RDIMM 32GB 64GB

Kompatibilitas antara mikroarsitektur DRAM 16Gbit, motherboard, versi BIOS, serta CPU

Tidak semua sistem kompatibel dengan DRAM dengan kerapatan tinggi yang baru ini. Namun kompatibel dengan chipset yang paling terbaru seperti AMD Ryzen, Intel generasi ke-9 (dan yang lebih baru). Ada beberapa peringatan dengan sistem Intel lama (Generasi ke-8 dan mikroarsitektur yang lebih lama) yang mungkin dapat berfungsi dengan peningkatan BIOS.

Server Intel

Purley dengan Cascade Lake (Seri Xeon x2xx) kompatibel.
Purley dengan Skylake (Seri Xeon x1xx) tidak kompatibel.

Desktop dan laptop Intel lama

Untuk platform Intel Generasi ke-8 dan yang lebih lama, tanyakan BIOS terbaru kepada produsen sistem atau motherboard Anda untuk mengetahui apakah Anda dapat menggunakan memori berbasis 16Gbit.

Platform AMD

Semua platform AMD yang mendukung DDR4, dari server hingga desktop dan seluler, semua kompatibel dengan modul memori berbasis 16Gbit. Namun, pembaruan BIOS mungkin tetap diperlukan. Tanyakan kepada produsen sistem atau motherboard Anda untuk mendapatkan informasi detail.

Minta bantuan pakar Memori

Kingston dapat menawarkan kepada Anda opini dan saran independen tentang keuntungan dari mengonfigurasi server Anda untuk performa & kapasitas yang optimal. Pakar konfigurasi Kingston memiliki semua pengetahuan dan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan peningkatan memori Anda.

Minta Bantuan Pakar

Minta bantuan pakar Memori

Pelajari lebih lanjut tentang Memori

For information about how COVID-19 has affected our business operations, click here.

Tetap terhubung! Daftarkan diri ke email kami untuk berita Kingston dan lebih banyak lagi.