miniatur robot yang dibuat sendiri tengah memegang papan flash drive USB dan kartu memori SD

Perbedaan antara NAND SLC, MLC, TLC, dan 3D dalam flash drive USB, SSD, dan kartu Memori

Apa itu NAND?

NAND adalah memori flash nonvolatil yang dapat menyimpan data meskipun tidak terhubung ke sumber daya. Kemampuannya menyimpan data saat daya dimatikan menjadikan NAND pilihan terbaik untuk perangkat internal, eksternal, dan portabel. Drive USB, SSD, dan kartu SD semua menggunakan teknologi flash sehingga menyediakan memori untuk perangkat, seperti ponsel atau kamera digital Anda.

Ada beberapa tipe NAND di pasaran. Gampangannya, yang membedakan setiap tipe NAND adalah jumlah bit yang dapat disimpan per sel. Bit menunjukkan muatan listrik yang hanya dapat menyimpan satu atau dua nilai, 0 atau 1, on/off.

Perbedaan utama di antara tipe-tipe NAND ini adalah biaya, kapasitas, dan ketahanannya. Ketahanan ditentukan oleh jumlah siklus Program-Hapus (P/E) yang dapat dijalani sel flash sebelum mulai aus. Siklus P/E adalah proses penghapusan dan penulisan sel, makin banyak siklus P/E yang dapat dipertahankan teknologi NAND, makin baik ketahanan perangkat tersebut.

Tipe-tipe umum penyimpanan flash NAND adalah SLC, MLC, TLC, dan 3D. Artikel ini membahas tentang berbagai karakteristik dari setiap tipe NAND.

infografik yang menunjukkan perbedaan utama antara tipe-tipe NAND

NAND SLC

Pro: Ketahanan paling tinggi - Kontra: Mahal dan berkapasitas rendah

NAND single-level cell (SLC) hanya menyimpan 1 bit informasi per sel. Sel tersebut menyimpan antara 0 atau 1, dan sebagai hasilnya, data dapat ditulis dan diambil dengan lebih cepat. SLC memberikan performa terbaik dan ketahanan tertinggi dengan 100.000 siklus P/E sehingga lebih tahan lama daripada tipe NAND lainnya. Akan tetapi, kepadatan datanya yang rendah membuat SLC menjadi tipe NAND yang paling mahal sehingga tidak umum digunakan dalam produk konsumen. NAND tipe ini biasanya digunakan pada server dan aplikasi industri yang membutuhkan kecepatan serta ketahanan.

NAND MLC

Pro: Lebih murah dari SLC - Kontra: Lebih lambat dan ketahanan di bawah SLC

NAND multi-level cell (MLC) menyimpan beberapa bit per sel, meskipun istilah MLC pada dasarnya merujuk pada 2 bit per sel. MLC memiliki kepadatan data yang lebih tinggi daripada SLC sehingga diproduksi dalam kapasitas yang lebih besar. MLC memiliki kombinasi yang baik dalam hal harga, performa, dan ketahanan. Namun, MLC lebih mudah mengalami kesalahan data dengan 10.000 siklus P/E  sehingga memiliki ketahanan di bawah SLC. MLC biasanya ditemukan pada produk konsumen di mana ketahanan tidak terlalu diutamakan.

NAND TLC

Pro: Paling murah dan berkapasitas tinggi - Kontra: Ketahanan rendah

NAND triple-level cell (SLC) menyimpan 3 bit informasi per sel. Menambah lebih banyak bit per sel mengurangi biaya sekaligus meningkatkan kapasitas. Akan tetapi, hal ini berdampak buruk terhadap performa dan ketahanan, dengan hanya 3.000 siklus P/E. Banyak produk konsumen menggunakan TLC karena harganya paling murah.

NAND 3D

Dalam sepuluh tahun terakhir, NAND 3D telah menjadi salah satu inovasi terbesar di pasar flash. Produsen flash mengembangkan NAND 3D untuk memperbaiki kesalahan yang mereka hadapi dengan menskalakan NAND 2D guna mencapai kepadatan lebih tinggi pada harga lebih rendah. Dalam NAND 2D, sel yang menyimpan data ditempatkan secara horizontal atau berdampingan. Artinya, jumlah ruang yang dapat dimasuki sel terbatas, dan mencoba membuat sel menjadi lebih kecil akan mengurangi keandalannya.

Oleh karena itu, produsen NAND memutuskan untuk menumpuk sel dalam dimensi yang berbeda, yang akhirnya menghasilkan NAND 3D di mana sel ditumpuk secara vertikal. Kepadatan memori yang lebih besar memungkinkan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi tanpa peningkatan besar pada biaya. NAND 3D juga memberikan ketahanan yang lebih baik serta konsumsi daya yang rendah.

Secara keseluruhan, NAND merupakan teknologi memori yang sangat penting karena menjalankan operasi hapus dan tulis lebih cepat pada harga yang lebih rendah per bit. Seiring dengan pertumbuhan industri gaming, teknologi NAND diperkirakan juga akan lebih berkembang untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan pelanggan yang terus meningkat.

#KingstonIsWithYou

Drive penyimpanan flash

Minta Bantuan Pakar

For information about how COVID-19 has affected our business operations, click here.