For information about how COVID-19 has affected our business operations, click here.

Komputasi Tepi

Mengapa 5G Membutuhkan Komputasi Tepi dalam Pusat Data Mikro?

#KingstonCognate perkenalkan Simon Besteman

Simon Besteman

Simon Besteman adalah seorang pakar berkewarganegaraan Prancis dan Belanda sekaligus veteran industri TIK dan pusat data. Ia memiliki pengalaman bekerja di ISP, pemasok, pusat data, dan sebagai konsultan manajemen untuk berbagai organisasi selama lebih dari 20 tahun. Simon telah memegang berbagai posisi manajemen senior di perusahaan multinasional di bidang layanan, penjualan dan pemasaran, manajemen operasi, serta pengembangan strategis.

Saat ini, Simon merupakan CEO ISPConnect, koalisi penyedia hosting Belanda. Sebagai perwakilan dalam bidang industri yang terkemuka, ia kerap menulis blog terkait masalah industri dan kebijakan. Ia juga menjadi pembicara utama di berbagai kongres dan konferensi, peserta di meja bundar pemerintah Belanda yang membahas telekomunikasi, pusat data, serta masalah regulasi internet. Ia duduk sebagai dewan di berbagai kelompok industri yang berfokus pada pendidikan, pekerjaan, dan pemerintahan.

Apa yang Mendorong Kebutuhan Pusat Data Tepi?

Selama bertahun-tahun di seluruh dunia, tren utama industri pusat data didorong oleh skala ekonomi yang membutuhkan fasilitas lebih besar, yang disebut pusat data hiperskala. Dengan berbagai alasan. Biaya operasi per rak atau per server lebih rendah jika biaya yang besar dapat dibagi dengan jumlah server yang lebih besar pula. Konektivitas lebih mudah didapatkan untuk pusat data yang lebih besar. Hal ini relatif lebih mudah untuk membuat infrastruktur daya yang berlebihan (2N, 2N+) untuk satu fasilitas yang sangat besar. Sejalan dengan hal tersebut, keberadaan berbagai pelanggan menciptakan peluang untuk menghubungkan pengguna pusat Data ke tawaran layanan yang saling menguntungkan.

Tren Menuju Pusat Data Mikro Tepi

Jalur jaringan sosial

Dibandingkan dengan satu dekade yang lalu yang tidak ada apa-apanya, kini ada lebih dari 500 pusat data hiperskala yang sangat besar di seluruh dunia. Tren tersebut tidak akan terulang lagi dalam waktu dekat. Tokoh besar teknologi, penyedia cloud, Amazon, Apple, Facebook, Google, dan Microsoft melihat pertumbuhan yang kuat dari tahun ke tahun karena TI lokal secara bertahap akan beralih ke cloud. Mereka membutuhkan lebih banyak daya komputasi dan daya pendinginan dari sebelumnya. Untuk berbagi data yang dihasilkan dan ditujukan untuk digunakan oleh mesin lain (perangkat otomatis) makin berkembang, masuk akal jika tren menuju pusat data yang lebih besar akan berlangsung pada masa mendatang.

Pada saat yang sama, kita sedang menyaksikan tren paralel menuju pusat data mikro yang berada di lokasi lebih dekat ke jaringan "tepi", di mana data akan dihasilkan dan digunakan. Pusat data pada tepi jaringan ini dikenal sebagai Pusat data tepi. Pusat data tepi biasanya jauh lebih kecil daripada pusat data besar dan melengkapi infrastruktur yang ada. Mereka memecahkan masalah hari ini dan berperan dalam menentukan serta mempersiapkan infrastruktur TI di masa depan. Masalah yang mereka pecahkan merupakan salah satu konektivitas.

Pusat Data Tepi Menghadirkan Efisiensi

Kelemahan dari pemusatan adalah semua data berada di pusat data pada inti jaringan dan semua pengguna harus terhubung ke titik pusat untuk mengakses data. Hal ini menimbulkan dua konsekuensi: pemusatan membutuhkan sejumlah besar bandwidth dan latensi (waktu yang diperlukan data untuk mencapai pengguna) tidak dapat dibawa cukup rendah untuk mengelola aplikasi tertentu secara efisien. Membawa data lebih dekat ke pusat data tepi memungkinkannya untuk mengelola alur data lebih efisien kepada pengguna. Daripada harus terhubung ke hiperskala untuk mengunduh seri, data akan di-cache di pusat data Tepi lebih dekat untuk pengguna. Data hanya perlu beralih dari fasilitas tepi ke pengguna akhir. Hal ini juga memungkinkan respons yang jauh lebih cepat karena data hanya perlu bergerak dalam jarak yang dekat.

Masalah kedua yang terjadi adalah jaringan Tepi akan berkembang dan akan cepat usang dalam 24 hingga 36 bulan ke depan. Ini disebabkan karena peningkatan volume data yang dihasilkan dan dipertukarkan secara eksponensial. Dua komponen utama ini terpisah tetapi terkait: IoT dan 5G.

Data yang Dihasilkan Oleh Mesin

Di saat pertumbuhan data dalam dekade terakhir sebagian besar dipicu oleh konsumsi manusia (Orang-orang sudah mulai menonton video di ponsel dan menggunakan aplikasi untuk melakukan perbankan serta belanja), gelombang data berikutnya akan dihasilkan oleh mesin. Data akan diproses, dianalisis, dan ditindaklanjuti oleh mesin lain. Ini merupakan bentuk data yang berbeda, dan ukurannya lebih besar dari data yang kita gunakan saat ini. Kita sedang membahas tentang data yang dihasilkan (dan dibutuhkan) oleh mobil saat bepergian, dengan menggunakan sensor pada jalanan di kota pintar, pertanian, manufaktur, dan perangkat lingkungan. Data dalam jumlah sangat besar yang belum pernah ada sebelumnya (bayangkan 40 terabyte data per 8 jam untuk mobil yang bisa menyetir sendiri) yang perlu disaring dan dipadukan dekat dengan sumbernya. Data tersebut harus diproses dalam bentuk cloud pusat. Kota pintar, IoT, dan layanan pengiriman drone juga akan mengandalkan pusat data mikro Tepi untuk mewujudkan potensi jaringan 5G. Kingston Technology adalah salah satu produsen yang mengantisipasi permintaan dan menghadirkan solusi pasar yang dapat mengatasi kebutuhan luar biasa ini.

5G

Perangkat Cerdas Di Mana Saja yang Terhubung dengan Kecepatan Tinggi 5G

5G akan menjadi elemen pusat untuk revolusi ini. Langkah selanjutnya dari komunikasi seluler ini akan diluncurkan secara bertahap mulai tahun 2020. Bukan hanya memungkinkan kecepatan yang jauh lebih tinggi (rata-rata 100 kali lebih cepat), tetapi 5G memungkinkan kita untuk terhubung dengan hingga satu juta perangkat per kilometer persegi. Selain itu, jaringan 5G juga memungkinkan sensor pada setiap kaki persegi ladang untuk mengirimkan data pada kelembapan tanah secara real-time. Hal ini memungkinkan pengairan yang diinginkan secara tepat. Oleh sebab itu, kini kita dapat mengelola air dengan ketepatan yang lebih luar biasa daripada sebelumnya. Sensor di rumah kita juga akan mengirimkan data mengenai kesehatan, lingkungan, dan kebutuhan daya secara real-time. Dalam lingkungan industri, 5G memungkinkan manajemen suku cadang jarak jauh, kontrol kualitas secara otomatis, dan rantai pasokan. Perubahan ini akan mengubah cara bekerja dan kehidupan kita.

Bangkitnya Pusat Data Mikro 5G dalam Telekomunikasi

Saat ini, sebagian besar pengembangan untuk tepi situs jaringan didorong oleh penyedia telekomunikasi dalam bentuk pusat data mikro. Mereka memiliki infrastruktur di tempat dan yang lebih penting, mereka telah memiliki fasilitas real estate yang dibutuhkan untuk membuat struktur. Mereka akan menjadi pelopor jaringan Edge. Di belakang mereka, perusahaan pusat data komersial akan bergerak cepat.

Permintaan untuk pusat data Tepi dari pertumbuhan jaringan 5G akan sangat berbeda dari pusat data saat ini. Mereka lebih kecil dan membutuhkan daya lebih sedikit. Pusat data akan diselaraskan dengan komunikasi dan penyimpanan data, sebagian besar dalam SSD. Kingston Technology telah mengembangkan solusi memori & penyimpanan untuk menangani volume & kecepatan tersebut.

Ready-Set-Go: Sekarang Waktunya Bersiap untuk Jaringan Tepi

Permainan baru sedang berkembang, dan kami harus beradaptasi dengan realitas yang baru. Sekarang waktunya bersiap untuk jaringan tepi. Ini merupakan jenis pusat data berbeda yang memiliki kebutuhan yang berbeda pula dari yang biasa kita gunakan. Menyiapkannya secara tepat sangat penting untuk keberhasilan pengembangan baru ini. Cara memulainya adalah dengan menjangkau orang-orang yang tepat dengan keahlian yang dibutuhkan untuk mengaturnya dengan benar.

Minta Bantuan Pakar

Kingston memberikan pendapat yang bersifat independen mengenai kesesuaian konfigurasi yang sedang atau akan Anda gunakan untuk organisasi Anda.

SSD Kelas Bisnis

Kami memberikan saran seputar manfaat yang akan diberikan oleh SSD Kelas Bisnis kepada lingkungan penyimpanan khusus Anda, serta SSD yang paling sesuai untuk beban kerja yang memerlukan keseimbangan performa IOPS baca/tulis acak yang tinggi.

Minta Bantuan Pakar SSD

Memori Server

Kami memberikan saran seputar manfaat mengkonfigurasi server Anda untuk performa dan kapasitas yang optimal. Pakar konfigurasi Kingston memiliki semua pengetahuan dan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan peningkatan memori Anda.

Minta Bantuan Pakar Memori

Tetap terhubung! Daftarkan diri ke email kami untuk berita Kingston dan lebih banyak lagi.