Apa Perbedaan antara USB 3.1 Gen 1, Gen 2, dan USB 3.2?

Apa Perbedaan antara USB 3.1 Gen 1, Gen 2, dan USB 3.2?

Dua flash drive USB, satu terhubung ke laptop

Standar dan spesifikasi USB bisa jadi sedikit sulit untuk dipahami terutama setelah banyaknya pembaruan. Kami akan menjawab pertanyaan seperti apa perbedaan antara USB 3.1 Gen 1 dan Gen 2, serta membahas kenapa Gen 2 lebih baik daripada Gen 1, begitu juga informasi bermanfaat lainnya yang akan membantu Anda memahami semua hal tentang standar USB.

USB 3.0 dirilis lebih dari sepuluh tahun lalu pada 2008, dan menjadi revisi besar ketiga untuk standar USB. Ini adalah peningkatan besar dari USB 2.0 yang pertama kali hadir pada tahun 2000 dengan kecepatan transfer yang hanya 480 Mbit/dtk. Sejak saat itu, kami telah beralih dari USB 3.0 yang sekarang dikenal sebagai USB 3.1 Gen 1. Dengan demikian, USB 3.0 sama saja dengan USB 3.1 Gen 1.

USB-IF, organisasi yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan spesifikasi dan penyesuaian USB (Universal Serial Bus), melakukan hal ini untuk mempermudah pengembang dan pabrikan dalam mendapatkan informasi relevan yang sama, dengan tujuan memastikan produk dikembangkan dengan baik agar bisa saling kompatibel. Mereka bertanggung jawab dalam penamaan konvensi untuk kabel dan perangkat USB.

USB 3.1 Gen 1 vs USB 3.1 Gen 2

Perbedaan antara USB 3.1 Gen 1 dan USB 3.1 Gen 2 hanya pada perihal kecepatan. USB 3.1 Gen 1 mendukung kecepatan hingga 5Gbit/dtk sementara USB 3.1 Gen 2 mendukung kecepatan hingga 10Gbit/dtk. USB-IF bermaksud menggunakan serangkaian nama yang berbeda untuk menyebut USB 3.1 Gen 1 dan USB 3.1 Gen 2 yang bisa membuatnya lebih baik khusus untuk tujuan pemasaran. Mereka ingin menamai USB 3.1 Gen 1 dan Gen 2, secara berurutan, sebagai “SuperSpeed USB” dan “SuperSpeed USB+”, tetapi pihak industri tidak menangkap maksudnya. Sering kali, OEM akan menambahkan kecepatan 5Gbps atau 10 Gbps ke tabel spesifikasi mereka untuk membedakan kedua standar USB tersebut. Pihak lain dalam industri cukup merujuknya sebagai “USB 3.1 Gen 1” atau “USB 3.1 Gen 2”.

Kehadiran USB 3.2

Sejak saat itu, teknologi USB sudah menjadi makin maju dengan kehadiran USB 3.2 pada tahun 2017. Ada empat variasi berbeda USB 3.2 dengan nama dan makna istimewanya masing-masing.  Empat variasi USB 3.2 meliputi:

USB 3.2
Gen 1x1

USB 3.2
Gen 1x2

USB 3.2
Gen 2x1

USB 3.2
Gen 2x2

Kecepatan
Transfer
5Gbps 10Gbps 10Gbps 20Gbps
Sebelumnya
Dikenal sebagai

USB 3.1 Gen 1
dan USB 3.0

-- USB 3.1 Gen 2 --
Opsi
Antarmuka

USB-A, USB-C,
microUSB

Hanya USB-C

USB-A, USB-C,
microUSB

Hanya USB-C

Dengan kehadiran USB 3.2, industri yang didominasi koneksi USB-A mulai memudar dan menguntungkan USB-C. Karena USB-C mendukung kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan bisa mengisi daya perangkat periferal lebih cepat, yang secara lumrah membuatnya menjadi konektor USB utama dalam penggunaan USB 3.2 Gen 2.

Thunderbolt logo

Thunderbolt™ adalah nama merek antarmuka hardware yang dikembangkan oleh Intel® dalam kolaborasinya bersama Apple® dan merek ini menghubungkan perangkat periferal ke komputer. Thunderbolt 1 dan 2 menggunakan konektor yang sama dengan Mini DisplayPort (MDP) sedangkan Thunderbolt 3 menggunakan konektor USB-C.

USB4 adalah Generasi Berikutnya
Android phone with a USB-C flash drive connected sitting on a laptop keyboard

Kemajuan selanjutnya dalam teknologi USB adalah USB4. Teknologi ini menawarkan kecepatan transfer data 40Gbit/dtk, kompatibilitas Thunderbolt, dan hanya akan menggunakan konektor USB-C. USB4 bertujuan menaikkan bandwidth dan berfokus pada penyatuan ekosistem konektor USB-C, serta meminimalisir kebingungan pengguna akhir.

Beberapa desain utama USB4 meliputi:

  • Fungsionalitas tampilan, data, dan pemuatan/penyimpanan dengan penggunaan satu konektor USB-C
  • Kompatibel secara universal dengan produk USB dan Thunderbolt yang saat ini beredar
  • Menegaskan kemampuan port untuk pengalaman pengguna yang mudah diprediksi dan konsisten
  • Meningkatkan fleksibilitas host untuk konfigurasi bandwidth, manajemen daya, dan parameter terkait performa lainnya, untuk kebutuhan sistem

USB telah menempuh perjalanan panjang sejak pertama kali diperkenalkan dan akan terus berlanjut di masa depan. Mengenai USB 3.1 Gen 1 dan Gen 2, perbedaannya hanya pada kecepatan dan kemampuannya dalam saling kompatibel dengan USB 3.0 dan USB 2.0. Ke depannya, akan terjadi peningkatan yang lebih baik dengan adanya generasi standar USB yang lebih baru dan kehadiran USB-C.

Learn more about Kingston’s line of storage solutions

Learn more about flash storage

For information about how COVID-19 has affected our business operations, click here.

Tetap terhubung! Daftarkan diri ke email kami untuk berita Kingston dan lebih banyak lagi.