Merawat Memori Flash

Rekomendasi

Kartu Flash dan Flash drive USB DataTraveler Kingston® menawarkan penyimpanan yang mudah dan praktis untuk gambar, musik, video, dan file data penting lainnya.

Untuk meminimalkan hilangnya data dan memastikan fungsi maksimal dari perangkat penyimpanan Flash Kingston Anda, ikuti anjuran sederhana berikut ini:

1. Ganti atau isi ulang baterai pada perangkat setelah peringatan baterai lemah.

Baterai kosong adalah salah satu masalah umum yang menyebabkan hilangnya gambar atau data lainnya pada perangkat penyimpanan Flash. Baterai yang mati di tengah operasi tulis ke perangkat penyimpanan Flash tidak hanya menyebabkan kerusakan pada file yang sedang ditulis, tetapi juga dapat merusak keseluruhan perangkat. Sebagai contoh, jika pembaruan file direktori Tabel Alokasi File (FAT) belum selesai dan file FAT rusak, beberapa atau semua file pada perangkat penyimpanan Flash mungkin tidak akan lagi dapat diakses.

Meskipun demikian, perbaikan perangkat penyimpanan Flash menggunakan perangkat lunak pemulihan disk yang tersedia secara komersial mungkin dapat dilakukan. Dengan program pemulihan ini, beberapa data atau file pada perangkat penyimpanan Flash kemungkinan tetap hilang, tetapi sisanya mungkin dapat dipulihkan.

Bawalah baterai cadangan jika memungkinkan, atau hentikan penggunaan perangkat ketika daya baterai sangat lemah untuk menghindari masalah ini.

2. Pindahkan perangkat penyimpanan Flash Anda dengan benar dari perangkat host.

Sebelum memindahkan perangkat penyimpanan Flash dari kamera digital atau perangkat host lainnya, penting sekali untuk menunggu hingga semua operasi selesai dijalankan. Jika perangkat penyimpanan Flash dipindahkan saat menjalankan operasi tulis, misalnya, perangkat penyimpanan Flash mungkin akan rusak dan data dapat hilang.

Kebanyakan kamera digital akan menunjukkan kedipan cahaya selama operasi tulis Flash. Oleh karena itu, tunggulah hingga semua operasi selesai dijalankan.

Pada PC, menghentikan koneksi USB DataTraveler melalui Windows penting untuk dilakukan (Di Windows XP, gunakan ikon “Safely Remove Hardware” pada baki sistem). Untuk Drive Elite DataTraveler, Anda dapat menggunakan tombol Eject dari MyTraveler. Komputer sering memiliki data "cache" dalam memori yang mungkin menghambat penulisan ke Flash drive USB. Aturan praktisnya, tunggu setidaknya dua menit setelah data selesai dituliskan ke drive DataTraveler.

3. Simpan kartu Flash dengan benar dalam kotak plastiknya, dan pasang tutup drive DataTraveler saat menyimpan.

Meskipun cukup andal, perangkat penyimpanan Flash dapat rusak jika terjatuh di atas permukaan yang keras. Simpan kartu penyimpanan Flash dalam kotak plastik bening saat tidak digunakan. Drive DataTraveler harus disimpan dalam keadaan tutup terpasang.

Selain itu, listrik statis juga dapat merusak perangkat penyimpanan Flash. Misalnya, saat udara kering, seseorang dapat menghasilkan listrik statis yang cukup mampu memunculkan percikan ketika menyentuh pegangan pintu atau benda logam lainnya (hal ini disebut pelepasan muatan listrik statis atau ESD).

Kartu Flash dan drive DataTraveler Kingston dirancang untuk menghambat pelepasan muatan listrik statis tingkat tinggi. Akan tetapi, tingkat ESD yang ekstrem tetap dapat menyebabkan kerusakan.

4. Jangan memaksakan perangkat penyimpanan Flash ke konektor.

Konektor kartu Flash atau Flash drive USB beroperasi secara satu arah. Artinya, perangkat penyimpanan Flash harus dipasang secara satu arah. Jangan memaksa pemasangan jika Anda tidak dapat memasukkan drive atau kartu ke dalam konektor untuk mencegah kerusakan perangkat penyimpanan Flash maupun soket. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memasukkan kartu Flash atau Flash drive USB dengan benar, baca panduan pengguna perangkat host Anda.

5. Kemas perangkat penyimpanan Flash ke dalam tas bawaan jika memungkinkan.

Puluhan juta perangkat penyimpanan Flash digunakan di seluruh dunia dan belum ada laporan yang dapat dibuktikan tentang kerusakan penyimpanan Flash akibat pemindaian sinar-X di bandara.

Penelitian pada tahun 2004 oleh International Imaging Industry Association (I3A) membuktikan bahwa mesin sinar-X bandara saat ini tampaknya tidak berisiko terhadap kartu memori Flash.

Sebagai tindakan pencegahan, Kingston menyarankan agar Anda memperlakukan kartu Flash dan drive DataTraveler seperti roll film yang belum diproses dan menyimpannya dalam tas bawaan. Hal ini dikarenakan tingkat radiasi pemeriksaan penumpang lebih rendah daripada yang digunakan pada mesin pemindai koper terbaru.

6. Hindari pemindaian radiasi Layanan Pos AS untuk paket pos.

Menurut CompactFlash Association, pemindai sinar-X di bandara tidak akan merusak kartu CompactFlash, tetapi pemindaian radiasi oleh Layanan Pos AS kemungkinan dapat merusak kartu. 1 Karena adanya peringatan dari CompactFlash Association terkait iradiasi pos oleh Layanan Pos AS, akan lebih baik untuk menggunakan layanan komersial seperti FedEx, UPS, atau layanan pengangkut pribadi lainnya sebagai alternatif untuk mengirimkan perangkat penyimpanan Flash oleh pos AS.

7. Selalu cadangkan data Anda.

Perangkat penyimpanan Flash tidak sempurna dan dapat mengalami kerusakan data karena faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu, penting sekali mencadangkan informasi di beberapa media atau mencetak data pada kertas guna penyimpanan jangka panjang. Jangan menyimpan data penting hanya dalam satu perangkat Flash.

For information about how COVID-19 has affected our business operations, click here.