Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Seorang pria duduk di meja dengan casing PC terbuka sambil memikirkan komponennya yang ada di dalam dan di luar casing.
Menghidupkan Kembali Komputer Lama

Sering kali orang meninggalkan komputer yang gagal berfungsi, padahal sebenarnya dapat dipulihkan kembali dengan sedikit investasi tambahan pada komponen yang dapat diganti. Komputer lama, terutama jika diberikan peningkatan yang strategis, dapat menjadi efektif untuk aktivitas ringan seperti berselancar di web, mengolah dokumen, presentasi, email, dll. Komputer cadangan juga dapat bermanfaat jika komputer utama bermasalah. Komputer yang diperbarui atau dihidupkan kembali juga bisa sangat bermanfaat bagi anggota keluarga yang lebih tua atau bagi anak-anak yang memerlukan komputer untuk berkirim email atau tugas sekolah.

Menilai komputer lama Anda

Langkah awal yang bagus untuk menghidupkan kembali komputer lama adalah dengan membersihkannya. Tumpukan debu dan kotoran dapat mengganggu kelancaran pengoperasian komponen internalnya, seperti kipas atau pembuang panas. Jika ingin membersihkan komputer, pastikan untuk mematikannya terlebih dahulu dan mencabutnya dari stopkontak. Gunakan kain serat mikro dengan campuran alkohol isopropil 70% dan air suling 30% dalam botol semprot untuk membersihkan casing, komponen eksternal, dan periferal.

Mulailah membersihkan keyboard lama Anda dengan membaliknya dan menggoyang keluar semua kotoran yang telah menumpuk, sebelum melanjutkan dengan semprotan alkohol. Hindari penggunaan kain pembersih biasa pada komponen yang terlihat atau di dekat komponen tersebut, sekotor apa pun kondisinya, karena listrik statis dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen elektronik. Selain itu, jika serat kain tersangkut ke komponen, dapat membuat komponen terlepas sehingga menyebabkan sistem tidak dapat digunakan lagi. Gunakan udara bertekanan untuk membersihkan bagian dalam casing komputer Anda, terutama kipas PC atau laptop. Pastikan untuk menjaga wadah alat penyemprot tetap tegak saat pembersihan agar cairan pendingin tidak keluar dan mengenai komputer. Meskipun cairan tersebut mungkin tidak merusak sistem, sebaiknya menunggu hingga semua cairan yang keluar tersebut menguap dari komponen sistem. Bahkan komponen yang baru dipasang sekalipun dapat terhambat kinerjanya jika kipas tersumbat dan gagal menjaga kesejukan suhu komputer. Setelah membersihkan komputer Anda sepenuhnya dan membiarkan menguapnya semua cairan semprot yang tidak sengaja keluar, Anda dapat mencolokkan kembali komputer dan mencoba menyalakannya. Anda juga harus menyalakan komputer dan menguji apakah semua komponen yang ada masih berfungsi: kipas, memori, penyimpanan, motherboard, dan periferal seperti pengeras suara, port USB, drive optik, dll.

Cara melakukan peningkatan pada komputer

Pria memasukkan tangannya ke dalam casing menara PC yang terbuka dan terlihat kabel menjuntai dari samping casing.

Komponen yang bergerak dalam setiap komputer lebih rentan mengalami kerusakan. Kipas dan hard disk (HDD) sering kali menjadi komponen pertama yang rusak. Baterai (seperti pada laptop) juga berisiko karena dapat mengalami kerusakan secara kimia atau fisik seiring masa pemakaiannya.

Mengganti keseluruhan motherboard dapat menjadi sangat rumit dan mahal, sama seperti membeli PC baru, karena akan membutuhkan semua komponen yang baru. Biasanya, prosesor bukan penghambat fungsi komputasi dasar. Tergantung usia PC Anda, mengganti prosesor dengan yang lebih baru mungkin tidak praktis karena chipset motherboard hanya kompatibel dengan generasi CPU tertentu, yang mungkin sudah tidak tersedia. Namun, RAM adalah peningkatan yang mudah, relatif tidak mahal, dan terbukti dapat meningkatkan kinerja PC atau laptop lama. Teknologi RAM legasi cenderung tetap tersedia lebih lama dibandingkan dengan komponen seperti prosesor.

Memformat ulang atau mengganti penyimpanan

Karena hard disk sering kali menjadi komponen pertama yang rusak di komputer lama, mengganti HDD sistem Anda dengan SSD dapat menjadi pilihan cerdas bagi pengguna yang ingin meningkatkan kinerja komputer lama. Namun, jika Anda memiliki file-file penting yang ingin disimpan, sebaiknya cadangkan dan/atau pindahkan file tersebut ke drive USB atau hard disk eksternal sebelum melakukan format ulang atau mengganti penyimpanan.

Jika Anda memilih untuk tidak melakukan peningkatan atau menambah penyimpanan komputer, sebaiknya membebaskan ruang penyimpanan sekitar 20GB untuk mendukung kelancaran fungsi sistem. Anda juga perlu menghapus aplikasi tidak diinginkan yang mungkin muncul saat komputer dihidupkan, tetapi yang tidak diperlukan dalam penggunaan umum sistem. Berbagai aplikasi yang berjalan saat awal ini dapat sangat memperlambat komputer Anda, terutama jika komputer sudah lama dan tidak memiliki perangkat keras yang mumpuni. Setiap aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan dapat dihapus dengan aman dari sistem. Sebaiknya juga mengosongkan Recycle Bin (atau Trash) setelah selesai menghapus file yang tidak diinginkan.

Sistem operasi untuk komputer hasil pemulihan

Jari seseorang menekan ikon Microsoft Edge pada layar sentuh tablet. Tablet tersebut menggunakan versi Windows.

Untuk keamanan dan efisiensi, sebaiknya memperbarui sistem operasi komputer lama Anda sebagai tahapan dalam upaya menghidupkannya kembali. Unduh perbaikan untuk Windows dan macOS dari situs web Microsoft dan Apple. Peningkatan macOS akan gratis, sedangkan peningkatan ke Windows 10 atau 11 dari Windows 8 biasanya membutuhkan biaya $139. Namun, sistem operasi lama tersebut masih dapat digunakan tanpa membeli yang baru, meskipun fitur yang tersedia akan lebih sedikit.

Sistem yang sudah menjalankan Windows 10 akan mudah diperbarui, selama tidak ada masalah besar pada perangkat kerasnya. Cara terbaik untuk memperbarui komputer yang sudah lama adalah dengan menginstal ulang Windows secara lengkap sehingga instalasi baru akan menyertakan pembaruan terkini untuk keamanan dan aplikasi. Microsoft memiliki panduan tentang cara melakukan hal ini di situs webnya. Jika Anda memilih untuk tidak menginstal ulang OS, Anda perlu memperbarui driver. Ada perangkat lunak pembaruan driver yang dapat melakukan pemindaian otomatis dan memperbarui driver, yang mungkin lebih mudah daripada upaya pembaruan manual.

Microsoft memiliki aplikasi PC Health Check yang dapat mengidentifikasi apakah PC yang dihidupkan kembali mampu menjalankan Windows 11. Komputer yang dibeli setelah 2017 seharusnya memiliki perangkat keras yang mendukung. Komputer lainnya mungkin masih menjalankan Windows 8 atau bahkan 7 yang sudah tidak didukung oleh Microsoft sehingga tidak diamankan dari perangkat lunak berbahaya (malware), yang sudah diamankan pada versi Windows yang lebih baru.

Pengguna Mac dapat dengan mudah menginstal ulang macOS dengan menekan tombol Command + R saat booting untuk masuk ke mode pemulihan. Dalam mode tersebut, versi terbaru macOS yang kompatibel dengan versi Mac di komputer akan terinstal, termasuk patch keamanan.

Jika komputer lama akan digunakan untuk pelajar, pilihan yang baik mungkin menginstal ChromeOS. Chromebook sering digunakan di sekolah dan ChromeOS Flex memiliki keunggulan pada komputer lama dibandingkan dengan Windows dan macOS. Sistem tersebut lebih mudah digunakan bagi siswa yang sudah terbiasa menggunakan Chromebook.

Menggunakan komputer hasil pemulihan untuk kegiatan yang intensif

Meskipun sudah ditingkatkan, sistem tersebut mungkin masih kesulitan dalam tugas-tugas berintensitas tinggi, seperti pengeditan video dan gambar, bermain game, atau desain CAD. Namun, peningkatan RAM dapat membuat gaming lebih lancar. Waspada jika mencoba memainkan game terbaru karena mungkin memerlukan prosesor dan kartu grafis terbaru agar dapat berjalan lancar.

Peningkatan RAM hingga 16GB, 32GB, atau bahkan 64GB serta SSD hingga 1TB dapat memberikan hidup baru bagi komputer Anda. Kebanyakan aktivitas yang mungkin akan dilakukan oleh pengguna pada komputer lama: Berselancar di internet, mengirim email, menonton video, produktivitas kantor/sekolah, yang semuanya dapat dengan mudah terwujud berkat kedua peningkatan tersebut dan sistem operasi yang terbaru. Berapa banyak komputer Anda dan keluarga di rumah yang dapat digunakan kembali dalam penggunaan rutin dengan sedikit investasi waktu dan biaya ini?

#KingstonIsWithYou

Pencari Produk Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 35 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Video terkait

Minta Bantuan Pakar