Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

FURY Beast DDR5 RGB dipasang pada PC Desktop

Panduan RGB

Apakah Anda ingin mengetahui cara kustomisasi PC? Pencahayaan RGB adalah awal yang baik untuk mengubah PC standar Anda menjadi karya besar unik dan penuh warna. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang pencahayaan RGB dan cara memulainya. Jika Anda ingin mengetahui cara mengubah tampilan RGB PC atau tempat menemukan perangkat lunak RGB terbaik, di sinilah tempat yang tepat.

Apa itu pencahayaan RGB?

Pernahkah Anda melihat gambar atau video berisi PC rakitan dengan banyak cahaya warna-warni? Nah, itulah pencahayaan RGB. RGB adalah singkatan dari red (merah), green (hijau), dan blue (biru). Pencahayaan RGB memungkinkan Anda menciptakan lebih dari 16 juta kombinasi warna yang berbeda dengan tiga warna primer ini. Pencahayaan RGB digunakan pada komponen dan aksesori PC untuk menerangi PC Anda.

RGB vs ARGB

Ada dua tipe utama pencahayaan RGB: RGB dan ARGB Pencahayaan RGB hanya dapat diatur untuk menampilkan satu warna pada satu saat, sedangkan ARGB (Addressable RGB/RGB beralamat) jauh lebih canggih dan memungkinkan Anda melakukan kustomisasi dan mengontrol setiap LED secara tersendiri. Sebagai akibatnya, banyak hal keren dapat dilakukan dengan ARGB. Anda dapat menampilkan berbagai warna secara bersamaan, dan menggunakan beberapa efek pencahayaan yang mengesankan, seperti efek memantul (bounce), bernapas (breathing), dan pelangi (rainbow).

Header 4-pin 12V digunakan untuk komponen RGB, dan karena setiap LED berada pada sirkuit yang sama, Anda tidak dapat mengubah warna setiap LED secara tersendiri. Untuk komponen ARGB, diperlukan header 3-pin 5V agar Anda dapat mengontrol setiap LED secara tersendiri.

Saat memasang komponen RGB ke motherboard, periksa terlebih dahulu jenis header RGB yang dimiliki motherboard dan komponen Anda untuk memastikan bahwa keduanya kompatibel. Jika Anda tidak memperhatikan perbedaan header RGB dan perbedaan tegangan yang digunakan keduanya, motherboard Anda dapat mengalami hubungan singkat. Kebanyakan motherboard modern akan dilengkapi dengan header ARGB 5V dan RGB 12V untuk mengontrol pencahayaan RGB Anda, tetapi sebaiknya selalu diperiksa terlebih dahulu!

Perangkat lunak pengontrol RGB

Dewasa ini, makin mudah membuat semua komponen RGB Anda bekerja bersama karena para produsen motherboard telah mulai mengintegrasikan konektor RGB terstandarisasi ke dalam motherboard mereka.

Pencahayaan RGB biasanya dikontrol atau dikustomisasi melalui perangkat lunak yang terhubung ke motherboard, atau dengan menggunakan pengontrol RGB terpisah. Buku panduan pengguna dan situs web motherboard seharusnya memuat perincian tentang perangkat lunak pengontrol yang kompatibel.

Pengontrol RGB terpisah juga dapat digunakan untuk menghubungkan banyak komponen RGB ke satu tempat. Cara ini biasanya memerlukan header USB dan konektor SATA.

Cara memulai

Tangkapan layar yang menunjukkan opsi kustomisasi perangkat lunak FURY CTRL untuk Memori RGB

Merakit PC memiliki tantangannya sendiri, tetapi juga dapat menyenangkan karena Anda dapat memilih semua komponen dan melakukan kustomisasi PC sesuai pilihan pribadi Anda. Pencahayaan RGB memegang peran penting dalam hal ini, karena dewasa ini hampir semua komponen PC memiliki fitur sejenis pencahayaan RGB yang dapat dikustomisasi dengan banyak cara yang menarik!

  • Fakta – Jika Anda menghabiskan banyak uang untuk komponen RGB, Anda tentu ingin melihatnya sebagus mungkin! Carilah casing komputer dari kaca/transparan agar pencahayaan RGB Anda terlihat penuh dan memiliki visibilitas maksimum! Selain itu, mengatur tema lampu agar cocok dengan casing komputer Anda adalah gagasan yang baik untuk mendapatkan tampilan yang menarik.
  • Motherboard – Kebanyakan motherboard baru dan kelas tinggi memiliki pencahayaan RGB internal. Ingatlah untuk memeriksa header RGB pada motherboard Anda sebelum membeli komponen lainnya!
  • Pendingin CPU – CPU adalah satu dari sedikit komponen yang tidak memiliki opsi pencahayaan RGB. Namun, dalam hal pendingin CPU, baik jenis pendinginan udara maupun pendinginan cairan, keduanya tersedia dengan lampu RGB. Kipas RGB yang terbaik dapat sangat menonjol pada rakitan dan dengan mudah menjadi komponen RGB paling mencolok pada pengaturan Anda!
  • RAM – Ada banyak pilihan RAM tersedia dan banyak kit akan memiliki pencahayaan RGB. Pilihan RAM RGB terbaik dapat menjadi sangat penting pada suatu sistem, terutama setelah Anda mulai menambahkan efek keren. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada standar untuk efek RGB pada modul memori. RAM Kingston FURY dapat dibeli dengan atau tanpa pencahayaan RGB serta warna maupun efek pencahayaannya dapat dikustomisasi menggunakan perangkat lunak Kingston FURY CTRL.
  • Kingston FURY CTRL memungkinkan Anda melakukan kustomisasi efek pencahayaan pada produk RGB Kingston FURY serta produk memori tipe lama yang telah mendukung RGB HyperX. Dengan menggunakan perangkat lunak itu, Anda dapat mengakses pustaka pola dan efek pra-atur serta membuat personalisasi warna dan kecepatan pencahayaan untuk menciptakan pengaturan unik Anda sendiri. Dengan tambahan Kingston FURY Infrared Sync Technology™, Anda dapat menyinkronkan efek pencahayaan itu dengan sempurna untuk membuat semuanya terselaraskan dengan sempurna.
  • Penyimpanan – Drive SSD adalah komponen sangat penting untuk PC rakitan Anda. Meskipun drive SSD RGB sudah tersedia, pertimbangkan layak tidaknya memboroskan uang untuk komponen ini. Ada kemungkinan drive itu tidak akan terlihat setelah dipasang pada motherboard.

Kesimpulan

Pencahayaan RGB adalah cara menyenangkan untuk menambahkan sedikit gaya dan individualitas pada pengaturan gaming Anda. Anda akan menginginkan semua komponen bersinergi sehingga sebaiknya manfaatkan setiap perangkat lunak yang dapat membantu Anda mengontrol, melakukan kustomisasi, dan menyinkronkan pencahayaan di sistem Anda.

Setelah PC dirakit, akan mudah untuk menambahkan aksesori RGB lainnya seperti setrip lampu dan periferal RGB pada pengaturan Anda. Meskipun pencahayaan RGB cukup keren, ingat bahwa sedikit itu terkadang lebih baik, sehingga Anda dapat selalu memulai dengan satu atau dua komponen RGB, kemudian meningkatkannya secara bertahap!

Sekarang bergerak dan rakitlah komposisi RGB impian Anda!

#KingstonIsWithYou #KingstonFURY

Minta Bantuan Pakar