Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

SSD Kingston KC3000 dipasang pada motherboard PC desktop.

Tingkatkan memori dan penyimpanan di laptop atau PC desktop Acer Anda

Acer sebagai salah satu vendor PC terbesar di dunia, setiap tahunnya memakai RAM dan penyimpanan dengan jumlah hingga beberapa petabyte untuk dipasang ke komputer baru dan lamanya. Peningkatan desktop atau laptop Acer dengan RAM tambahan atau SSD baru adalah proses yang mungkin ditakuti oleh pengguna yang belum pernah melakukannya. Namun, peningkatan tersebut termasuk salah satu modifikasi komputer yang paling mudah dilakukan.

Manfaat peningkatan RAM untuk komputer Acer

Peningkatan RAM dapat memberikan banyak perbaikan pada laptop, desktop, server, dan stasiun kerja Acer.

  • Kinerja keseluruhan komputer: jika komputer Anda menjadi lamban dalam banyak hal, modul memori baru dapat meningkatkan kecepatan dan kinerjanya.
  • Multitugas: memori tambahan adalah solusi yang sangat tepat bagi pengguna yang ingin meningkatkan kinerja komputernya dalam menangani gaming dan streaming, rendering dan penyuntingan, atau semua kombinasi tugas berintensitas tinggi lainnya.
  • Masa pakai komputer: pengguna yang mencoba memaksimalkan laptop atau desktop yang sudah berusia beberapa tahun, akan menemukan peningkatan memori sebagai penghematan dana yang cukup besar dibandingkan dengan membeli sistem baru.
  • Peningkatan kecepatan boot: dengan lebih banyak memori yang menangani prosesnya, waktu memulai sistem akan menjadi lebih cepat.
  • Produktivitas: sesuai dengan bidang kerjanya (misalnya, rendering grafis dan pemrograman), pembaruan memori dapat mempercepat penyelesaian pekerjaan.
  • Latensi dalam game: Latensi yang lebih rendah pada RAM berkualitas tinggi akan mempercepat akses data sehingga menyebabkan komputer beroperasi lebih cepat.

Cara meningkatkan komputer Acer Anda

Proses penambahan memori atau penyimpanan ke komputer Acer Anda akan sedikit berbeda tergantung modelnya, tetapi sebagian besar langkahnya sama.

Langkah 1: Menemukan masalah pada perangkat Acer Anda

Langkah pertama biasanya adalah mengidentifikasi masalah pada komputer Anda. Masalahnya mungkin hard disk yang menghambat alur kerja Anda atau Photoshop yang membebani memori fisik komputer. Tidak semua masalah seperti ini membutuhkan peningkatan perangkat keras–beberapa masalah dapat diatasi dengan cara lain.

Anda dapat meningkatkan modul dengan mudah, tetapi berdampak besar. Alat Configurator Kingston membantu Anda menemukan memori yang tepat.

Langkah 2: Meninjau solusi peningkatan perangkat keras

Jika Anda telah mengikuti solusi paling wajar untuk sistem yang berjalan lambat (atau tidak berjalan sama sekali), tetapi tidak melihat adanya peningkatan, langkah selanjutnya adalah mencari dan melakukan peningkatan yang sesuai.

Langkah 3: Mempertimbangkan kebutuhan memori/penyimpanan Anda

Setelah mengetahui kebutuhan untuk peningkatan komputer Acer, Anda harus menyelidiki seberapa besar memori atau penyimpanan yang akan dapat mengatasi masalah komputer yang Anda hadapi. Kingston menawarkan sumber daya untuk menentukan besar memori di sistem, dan seberapa besar memori yang dapat bermanfaat bagi sistem.

Langkah 4: Menemukan nomor model Anda

Untuk menemukan RAM yang tepat bagi prosesor sistem Acer, Anda harus mengetahui model komputer Anda. Acer menamai modelnya dengan berbagai cara, seperti:

  • TravelMate P4 14 TMP414-53-785A
  • Aspire 5 Spin 14 A5SP14-51MTN-52ZC
  • Chromebook Vero 514 CBV514-1HT-588K
  • Anda dapat menemukan nomor model laptop Acer pada label di bagian bawah laptop. Periksa bagian bawah laptop Acer Anda untuk mencari stiker atau label yang mencantumkan detail tersebut. Jika tidak ditemukan, mungkin ada di bagian tumpuan telapak tangan (bagian laptop di sekitar touchpad).
  • Opsi lainnya adalah dengan mengakses informasi sistem. Pengguna Windows dapat menekan Windows + R untuk membuka kotak dialog Run, lalu memasukkan ‘msinfo32'. Jendela yang berisi informasi sistem akan muncul, dengan baris System SKU. Pada baris ini Anda akan menemukan nama dan nomor model komputer.

Langkah 5: Menggunakan Configurator

Masukkan nomor model ke dalam Configurator Kingston: tepatnya pada kotak Cari berdasarkan Sistem/Perangkat. Anda akan melihat daftar berisi berbagai variasi, atau satu model tertentu, beserta dengan nama mereknya. Klik tautan yang sesuai dan Configurator akan memberi tahu seberapa besar RAM yang dapat dimuat oleh sistem Acer Anda. Informasi ini mungkin tidak langsung terlihat, karena disertai dengan banyak informasi teknis, tetapi bagian memori akan memberikan detail tentang besar memori yang disertakan sebagai standar pada model Anda, berikut besar maksimumnya, tentang kemungkinan peningkatan atau perluasan memori sistem, dan skema bank memori (atau konfigurasi soket memori pada motherboard Anda). Selain itu, akan ada catatan apabila memori yang dikonfigurasi dari pabrik menggunakan model yang tak dapat dilepas, yang merupakan masalah pada beberapa laptop.

Langkah 6: Menilai halaman hasil sistem

Configurator merekomendasikan pilihan opsi memori yang kompatibel dengan sistem Anda. Gulir ke bawah untuk menemukan daftar berisi opsi memori yang dijamin berfungsi dengan sistem Anda, serta tautan untuk pembelian: Pengecer yang diakui oleh Kingston, atau di beberapa wilayah terdapat opsi pembelian langsung dari Kingston. Configurator juga akan menyarankan peningkatan penyimpanan, karena SSD baru tidak hanya akan meningkatkan kecepatan pengunggahan dan pengunduhan file dibandingkan dengan setiap hard disk yang Anda gunakan - SSD akan menyempurnakan upaya peningkatan memori dalam rangka peningkatan kinerja menyeluruh. Peningkatan besar penyimpanan secara mengejutkan dapat dilakukan dengan biaya terjangkau.

Tangkapan layar hasil Configurator untuk sebuah produk Acer
Hasil Anda mungkin akan seperti berikut ini.

Langkah 7: Memasang komponen peningkatan Anda

Tugas Anda selanjutnya adalah memasang memori ke dalam sistem. Tugas ini dapat menimbulkan kekhawatiran jika Anda belum pernah melakukannya. Itulah alasan Kingston menyiapkan panduan video dan teks tentang pemasangan memori di PC desktop, dan juga pemasangan memori di laptop.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencadangkan komputer Anda sebelum melakukan peningkatan apa pun. Peningkatan RAM lebih mudah daripada peningkatan lainnya, tetapi hal tak terduga dapat terjadi sehingga cara terbaik adalah melakukan persiapan.
  • Setelah pencadangan selesai, matikan komputer. Untuk laptop, cabut adaptor daya dan lepaskan baterai jika dapat dilepas.
  • Untuk menghindari pelepasan listrik statis yang dapat membahayakan komponen, sebaiknya bekerja pada permukaan yang tepat. Hindari karpet, permadani, atau jenis kain lainnya. Jauhkan hewan peliharaan dari ruang kerja Anda. Sentuhlah logam sebelum Anda mulai bekerja, atau kenakan gelang anti-statis untuk melepaskan listrik statis (ESD) yang dapat merusak RAM dan komponen lain di dalam sistem.
  • Lepaskan casing atau penutup dan letakkan semua sekrup di tempat yang aman, seperti kotak atau kantong plastik.
  • Soket memori komputer Anda mungkin dilindungi oleh pelat logam atau selubung pendingin, yang juga harus dilepas dengan hati-hati.

Modul yang akan dilepas biasanya terpasang pada tempatnya dengan sebuah penjepit; dorong salah satu sisi untuk melepaskan modul dari soket, kemudian dengan memastikan hanya menyentuh tepi luarnya, tarik modul RAM secara perlahan. Saat memasang modul, sejajarkan modul sehingga lekukan di bagian bawah tepat sejajar dengan soket. DIMM dimasukkan ke dalam soket secara vertikal. Setelah lekukan pada modul selaras dengan soket, tekan dengan kuat pada sisi kiri dan kanan atas untuk mengencangkan modul pada tempatnya. Gerakan menggoyang-goyang modul dapat membantu ketepatan pemasangan. Setelah modul terpasang dengan tepat, penjepit pada sisi soket akan mengancing untuk mengencangkan DIMM pada tempatnya. Untuk SODIMM, modul akan bergeser ke dalam soket dengan sudut 45 derajat. Setelah terpasang dengan kuat, tekan modul rata ke bawah hingga penjepit otomatis mengancing dan menahan modul pada tempatnya.

Pertanyaan Umum tentang RAM untuk komputer Acer

Dapatkah saya menambahkan RAM ke komputer Acer saya?

Mungkin dapat dilakukan, tetapi perlu dipastikan dengan alat Configurator Kingston, atau melihat panduan pengguna Anda. Ada kalanya Anda perlu mengidentifikasi CPU sistem dan konfigurasi memori saat ini untuk mengetahui opsi peningkatan yang tersedia. CPU sistem Anda dapat diidentifikasi pada komputer Windows dengan tab Info Sistem di Pengaturan. Dengan mengetahui CPU, pemeriksaan spesifikasi RAM akan lebih mudah dilakukan, baik di situs web terkait maupun sumber online serupa lainnya.

Selain itu, beberapa laptop Acer memiliki memori yang disolder ke motherboard. Memori tersebut tidak dapat dilepas. Sistem seperti ini biasanya disebut memiliki ‘RAM internal (on-board). Sebagian dari laptop model ini dilengkapi dengan soket tambahan yang terbuka sehingga dapat ditambahkan RAM.

Berapa besar RAM yang dibutuhkan oleh sistem Acer saya?

RAM yang lebih besar akan membantu dalam tugas-tugas kompleks seperti gaming atau pengeditan video. Configurator Memori Kingston dapat membantu dalam menetapkan kebutuhan untuk berbagai kategori pengguna.

Kini Anda telah mengetahui alasan peningkatan sebagai opsi yang unggul dan betapa mudahnya memperpanjang masa pakai sistem Acer Anda dengan peningkatan yang mudah.

#KingstonIsWithYou

Video terkait

Minta bantuan pakar Memori

Minta bantuan pakar Memori

Kingston dapat menawarkan kepada Anda opini dan saran independen tentang keuntungan dari mengonfigurasi server Anda untuk performa & kapasitas yang optimal. Pakar konfigurasi Kingston memiliki semua pengetahuan dan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan peningkatan memori Anda.

Minta Bantuan Pakar

Pencari Produk Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 35 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Minta Bantuan Pakar