Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Modul RAM Overclocking Kingston FURY

Cara Memilih RAM Terbaik untuk Overclocking

Memilih memori gaming yang tepat untuk melakukan overclocking sistem Anda dapat menjadi hal yang rumit, bahkan bagi perakit komputer yang ahli dan berpengalaman sekalipun. Pilihan yang sangat banyak dapat menimbulkan kebingungan. Ada banyak hal yang harus diputuskan: harga lawan kecepatan lawan kapasitas, potensi keterbatasan motherboard dan prosesor, dan juga tentang RGB lawan non-RGB!

Proses berikut menguraikan langkah-langkah yang diambil pakar kami saat merekomendasikan memori Kingston FURY.

Apa itu Kingston FURY?

Powered by Kingston FURY badge

Pertama, tinjauan singkat portofolio memori Kingston FURY dan metode untuk overclocking.

Untuk faktor bentuk DIMM, yang terutama digunakan di PC desktop, terdapat dua kategori kinerja: Beast dan Renegade.

Beastadalah keluarga produk tingkat pemula, berfitur teknologi Plug N Play dan profil (XMP) untuk melakukan overclock memori. Beast memberikan nilai terbaik untuk keluarga produk kinerja, dengan kecepatan dan latensi yang baik untuk setiap anggaran. Komponen berfitur Plug N Play menambahkan kenyamanan overclocking otomatis siap pakai pada kebanyakan sistem, yang merupakan solusi ideal untuk sistem yang memblokir overclock profil, atau bagi pengguna yang belum yakin mengutak-atik BIOS.

Renegade adalah keluarga produk kelas tinggi yang menggunakan hanya profil (XMP) untuk melakukan overclocking yang menghasilkan kecepatan tertinggi dan penentuan waktu terendah bagi kami.

Untuk faktor bentuk SODIMM, Impact digunakan di laptop dan PC dengan faktor bentuk kecil. Produk ini menggunakan teknologi Plug N Play untuk melakukan overclocking secara otomatis, tetapi juga berfitur kecepatan dan penentuan waktu yang sama dalam satu profil, untuk antisipasi jika overclock otomatis tidak bekerja.

Ada dua kategori sistem komputer di pasaran:

  • OEM, singkatan dari Original Equipment Manufacturer (Produsen Peralatan Asli), mengacu pada produsen PC/laptop merek ternama beserta merek gaming miliknya (misalnya: Dell/Alienware, HPI/Omen, Lenovo/Legion, Acer/Predator).
  • Rakit sendiri atau beli kotak putih. Pilihan ini akan memerlukan pembelian berbagai komponen (motherboard, CPU, RAM, kartu grafis, kotak case, catu daya) dan merakit sistemnya sendiri. Vendor besar untuk motherboard adalah ASRock®, ASUS®, Gigabyte™, dan MSI®. Pilihan lainnya, Anda dapat membeli sistem pra-rakitan yang menggunakan komponen yang dijual bebas dari merek PC/laptop lebih kecil.

Jika Anda memiliki sistem OEM, opsi peningkatan memori Anda setelah pembelian mungkin agak terbatas. Kebanyakan produk OEM mencegah Anda menggunakan kit RAM overclock yang dijual bebas dengan memblokir kemampuan untuk memasukkan profil. Untungnya, Kingston FURY adalah pemasok memori terkemuka untuk keempat produsen PC/laptop ternama, dengan kit memori versi khusus yang tersedia secara eksklusif melalui merek OEM Anda. Namun bagaimana jika tidak tersedia fitur peningkatan untuk model Anda? Jawabannya adalah kit Beast dan Impact dengan fitur Plug N Play dapat menjadi pilihan yang tepat. Karena metode ini tidak memerlukan penetapan profil dan secara otomatis melakukan overclock, maka ini adalah cara mudah untuk mengatasi pemblokiran yang mungkin diterapkan.

Jika Anda merakit PC Anda sendiri, atau membeli whitebox dengan model motherboard yang dijual bebas di pasar, maka memilih sebuah kit akan jauh lebih mudah.

Bidang pencarian memori

Mulailah dengan menggunakan pencari memori kami dan mengetik merek dan model motherboard Anda ke medan Cari per Sistem/Perangkat dan tekan Cari untuk melihat opsi yang kami cantumkan. Jika model Anda ditemukan, sebaiknya Anda mulai dari paling atas dan tinjau spesifikasi dasar motherboard Anda, seperti jumlah soket memori dan kapasitas memori maksimum yang didukung. Kemudian, baca seluruh Catatan Konfigurasi karena petunjuk instalasi penting terdapat di situ. Anda kemungkinan akan menemukan catatan spesifik untuk motherboard Anda.

Saat Anda menggulung ke bawah, Anda akan menemukan tiga tab produk di bawah Peningkatan Kompatibel Untuk Sistem Anda.

  • Tab pertama adalah memori Kingston FURY. Komponen yang tercantum di sana dipilih langsung oleh para teknisi Kingston sebagai komponen kompatibel terverifikasi berdasarkan pengujian lab internal, sertifikasi Intel XMP atau AMD Ryzen, dan/atau QVL (Qualified Vendor List/Daftar Vendor yang Memenuhi Syarat) motherboard. QVL dapat ditemukan di halaman dukungan situs web motherboard Anda dan mencantumkan semua komponen kompatibel yang telah diuji mereka.
  • Tab di sebelahnya adalah ValueRAM, jajaran produk standar industri kami yang tidak bisa di-overclock (mengikuti spesifikasi JEDEC). Ikuti rute ini jika Anda hanya menginginkan memori dasar yang kompatibel dengan harga murah.
  • Tab ketiga menampilkan drive penyimpanan SSD kami. Periksalah untuk mengetahui lebih banyak!
Bagian filter memori menunjukkan Kapasitas Total Kit

Selanjutnya, Anda mungkin ingin memprioritaskan antara kecepatan atau kapasitas sebagai prioritas terpenting Anda. Meskipun kapasitas dan kecepatan saling terkait dan tidak saling mengecualikan, modul dan kit berkapasitas lebih tinggi umumnya hanya ditawarkan untuk kecepatan hingga rentang menengah bagi DDR4.

Kapasitas

Tentukan berapa banyak memori yang Anda butuhkan untuk sistem Anda. Ingat bahwa memori harus diinstal berpasangan atau berkelompok sesuai dengan arsitektur memori motherboard. Kebanyakan PC dan laptop berprosesor AMD dan Intel memiliki fitur arsitektur memori saluran ganda (dual channel), yang memerlukan sepasang modul memori identik untuk memberikan kinerja terbaik. Sebagian sistem kelas tinggi memiliki fitur arsitektur empat saluran (quad channel), yang memerlukan satu kelompok modul yang terdiri dari empat modul identik. Dianjurkan untuk tidak memasang hanya satu modul, bahkan meskipun buku panduan motherboard menyebutkan bahwa itu bisa berfungsi, karena sistem saluran ganda (dual channel) dan empat saluran (quad channel) dirancang untuk memasangkan atau mengelompokkan modul secara bersama-sama, untuk menggabungkan bandwidth memori. Membeli satu modul sekarang dan menambahkan modul lain di saat mendatang juga dapat menyebabkan penurunan kinerja atau ketidakstabilan, karena chip yang menjadi fitur masing-masing modul mungkin berbeda, bahkan meskipun spesifikasi atau nomor komponennya sama.

Gunakan filter di sisi kiri halaman untuk mengerucutkan opsi.

Kecepatan

Setelah selesai dengan kapasitas target sistem Anda, Anda mungkin perlu memeriksa opsi kecepatan yang tersedia. Filter di sisi kiri akan membantu mempersempit pilihan Anda. Anda juga dapat bekerja dalam urutan terbalik jika Anda lebih memprioritaskan kecepatan daripada kapasitas.

Bagi para pencari tantangan pada sistem berbasis Saluran Ganda, opsi kecepatan terbaik terdapat di kit (K2). Satu kit K2 tunggal yang dipasang dalam pengaturan 1DPC (satu DIMM per saluran) adalah konfigurasi paling layak untuk memastikan kinerja luar biasa, tetapi tetap stabil. Kit kapasitas rendah yang menggunakan dua modul Rank Tunggal (1R) sebesar 4GB, 8GB, 16GB, dan 24GB umumnya lebih baik dalam mencapai kecepatan tinggi. Hal ini karena pengaturan waktu adalah hal terpenting pada kecepatan ekstrem. Jika tanpa overclocking, modul Rank Ganda (2R) adalah pilihan untuk tujuan kinerja, karena modul ini menggunakan akses memori bergantian sehingga mengungguli versi Rank Tunggal (1R) hingga sebesar 15%. Namun, pada kecepatan ekstrem, sebagian besar motherboard tidak mampu menangani rank memori yang bergantian dan mempertahankan frekuensi tinggi dengan latensi rendah. Logika yang sama berlaku untuk sistem berbasis Empat Saluran (Quad Channel), dengan kit K4 modul Rank Tunggal (1R) yang memberikan opsi terbaik untuk kecepatan ekstrem dengan pengaturan 1DPC.

Penting untuk dicatat bahwa untuk sistem Dual Channel, sebaiknya jangan menginstal dua kit K2 kecuali tercantum sebagai konfigurasi yang terverifikasi di situs web kami, atau pada QVL motherboard. Jika kit K4 terdaftar sebagai kit untuk motherboard Dual Channel Anda di situs web kami, itu berarti kestabilan konfigurasi tersebut sudah diuji oleh kami atau produsen motherboard. Jika Anda bingung akan membeli satu kit K2 sekarang dan mungkin yang lain nanti, sebaiknya beli kit K4 sekarang, agar semua modul dalam kit sama. Meskipun sangat jarang terjadi, ketika dua kit K2 dengan komponen memori yang berbeda dicampur, overclock mungkin tidak berfungsi atau mungkin menjadi tidak stabil.

Secara umum saat melakukan overclocking, penambahan modul memori ke bank kedua dari soket sistem Saluran Ganda (Dual Channel) dan Empat Saluran (Quad Channel) akan memberikan beban berat untuk ditangani oleh prosesor, khususnya pada kecepatan tinggi dan latensi rendah.

Tangkapan layar perangkat lunak FURY CTRL

RGB

Jika Anda menyukai kesan yang mewah, kami sangat merekomendasikan opsi RGB. Jajaran produk Beast dan Renegade keduanya memiliki fitur modul yang diperkuat dengan RGB, yang dapat dikonfigurasi menggunakan aplikasi perangkat lunak FURY CTRL berbasis Windows. Semua modul memori RGB kami menampilkan teknologi yang dipatenkan milik kami yang disebut IR Sync, yang menjaga pola dalam keselarasan sempurna, bahkan jika ada kesenjangan di antara modul. Tentu saja, tersedia opsi jika Anda ingin melakukan kustomisasi tampilan Anda dan membuatnya tidak sinkron di aplikasi. Modul Kingston FURY RGB juga dapat dikontrol oleh aplikasi bawaan motherboard jika Anda ingin menyinkronkannya dengan komponen lain.

Puas dalam Keseimbangan atau Hidup di Ujung Tanduk?

Kebanyakan pengguna akan menemukan kepuasan dalam keseimbangan antara harga, kecepatan, kapasitas, fitur, dan gaya pada keluarga produk yang kami tawarkan. Namun jika Anda berencana hidup di ujung tanduk dan mendapatkan hasil maksimal dari sistem Anda, Kingston juga dapat memenuhi kebutuhan Anda!

Hubungi perwakilan Kingston jika Anda masih tidak yakin solusi memori mana yang terbaik untuk Anda. Tim kami siap membantu.

#KingstonIsWithYou #KingstonFURY

Video terkait

Minta Bantuan Pakar