Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Tangan di atas laptop dengan ikon mentransfer dokumen dan file

Hal yang dilakukan jika SSD Anda penuh

Keunggulan SSD, seperti kecepatannya yang sangat tinggi, daya tahan, dan faktor bentuknya yang ringkas, telah mengubah industri penyimpanan. Namun, di balik keunggulannya, SSD model sebelumnya sering hadir dengan keterbatasan, seperti kapasitas penyimpanan yang terbatas. Sistem operasi membutuhkan sekitar 20% ruang penyimpanan SSD dalam keadaan bebas agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Jika Anda menerima pesan kesalahan “Disk Penuh” atau mengalami kinerja sistem yang buruk akibat tidak cukupnya ruang penyimpanan di SSD, Anda tidak sendirian! Berikut beberapa tips dan solusi praktis untuk membantu Anda membebaskan ruang penyimpanan di SSD.

Temukan dan hapus file-file besar

Akan selalu ada file di SSD yang terlalu besar atau yang tidak Anda inginkan lagi. Suatu cara untuk menemukan file-file ini adalah dengan menggunakan alat pembersih disk bawaan di sistem operasi, seperti “Disk Cleanup” di Windows atau perangkat lunak pihak ketiga untuk menghapus file dan membebaskan ruang penyimpanan. Hampir semua sistem operasi dilengkapi dengan alat tersebut. Kami menyarankan WinDerStat untuk Windows dan GrandPerspective untuk macOS. Kedua aplikasi tersebut akan memindai SSD Anda atau hanya satu direktorinya, lalu menampilkan representasi grafis dari file-file tersebut. Makin besar kotak grafisnya, makin besar pula ukuran file. Selanjutnya, tempatkan mouse di atas kotak tersebut untuk mengetahui nama dan ukuran file.

File terkait kemudian dapat ditinjau untuk kemudian dihapus apabila tidak diperlukan lagi. Selain itu, ada cara manual untuk membebaskan ruang penyimpanan. Alat pembersih disk mungkin tidak menawarkan penghapusan file di folder Document, Videos, Pictures, atau Download, sehingga Anda harus menghapusnya secara manual. Setelah melakukannya, jangan lupa untuk mengosongkan Recycle Bin. Jika ada file-file besar yang tidak perlu diakses langsung, pertimbangkan untuk memindahkannya ke SSD eksternal, drive jaringan, atau penyimpanan cloud. Hal ini dapat membantu membebaskan ruang di SSD sambil memastikan file tersebut masih dapat diakses.

Hati-hati saat menghapus file dan pastikan tidak menghapus file yang penting. Jika ada file penting yang terhapus, ada beberapa tips agar dapat memulihkan file yang terhapus di Windows dan MacOS.

Manajemen aplikasi

Solusi lain yang dapat dicoba adalah meninjau berbagai aplikasi yang terinstal di komputer dan menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau dibutuhkan lagi. Jika Anda tidak menggunakan suatu aplikasi dalam waktu lama, kemungkinan besar Anda memang tidak membutuhkannya. Cara ini dapat membantu mengambil kembali ruang penyimpanan yang dihabiskan oleh perangkat lunak yang tidak diperlukan serta dapat membantu meningkatkan kinerja komputer Anda. Semua aplikasi yang terinstal menggunakan ruang di RAM sehingga menghapus aplikasi yang tidak digunakan akan membersihkan memori dan meningkatkan kecepatan komputer.

Untuk meninjau aplikasi terinstal di sistem Windows:

  1. Tekan “Windows + I” untuk membuka Windows Settings (Pengaturan Windows).
  2. Klik tab “System”.
  3. Klik “Storage” (Penyimpanan) sehingga akan tampil drive C lokal Anda berikut aplikasi dan fitur, desktop, video, file sementara, dan hal lain di dalamnya.
  4. Klik “Apps and feature” (Aplikasi dan fitur), lalu daftar berisi aplikasi terinstal akan ditampilkan di halaman berikutnya.
  5. Anda dapat menghapus setiap aplikasi yang tidak lagi digunakan atau dibutuhkan.

Pengumpulan Sampah dan TRIM

SSD diorganisasikan dalam sel, page, block, die, dan chip. Operasi tulis terjadi di tingkat page, tetapi karena sifat flash NAND, operasi hapus hanya dapat terjadi di tingkat block. Hal ini berarti data di page yang spesifik tidak dapat ditimpa, tetapi firmware SSD harus melakukan operasi yang disebut baca-ubah-tulis. Jika data di page tertentu harus ditimpa, semua data lama harus dibaca dan ditulis ulang ke block yang baru. Proses ini memboroskan sumber daya karena ada penambahan proses tulis dan menyebabkan penurunan kinerja.

TRIM adalah instruksi dalam antarmuka ATA (Advanced Technology Attachment/Pelengkap Teknologi Lanjut). TRIM hadir untuk membantu SSD mengenali block data yang tidak terpakai dan menghapus alokasinya agar dapat digunakan untuk penulisan baru. Proses ini dapat terjadi secara transparan di latar belakang ketika file dihapus atau dipindahkan. Proses yang setara dengan TRIM di NVMe adalah perintah manajemen set data.

Menonaktifkan hibernasi dan pemulihan sistem

Fungsionalitas hibernasi dan pemulihan sistem dapat mengambil bagian sangat besar dari ruang penyimpanan. Untuk mengambil kembali ruang disk yang digunakan oleh file hibernasi, terdapat opsi untuk menonaktifkan hibernasi dan mengurangi ruang yang dialokasikan untuk titik pemulihan sistem, apabila diperlukan. Perlu diperhatikan bahwa menonaktifkan berbagai fitur ini dapat membatasi kemampuan Anda dalam memulihkan data atau membuat komputer Anda tidak dapat diatur ke kondisi daya rendah.

Untuk melakukannya, cukup tekan tombol Windows, ketik dan klik aplikasi “Command Prompt”, lalu pilih “Run as Administrator”. Ketik “Powercfg.exe /hibernate off”. Selanjutnya, ketik “Exit” lalu tekan enter untuk menutup “Command Prompt”.

Tingkatkan SSD Anda

Apabila Anda telah mencoba langkah-langkah di atas dan tetap memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan, pertimbangkan untuk meningkatkan SSD Anda ke drive berkapasitas lebih besar. Apabila sistem Anda mendukung dan hal ini belum dilakukan, SSD NVMe dapat menjadi pilihan peningkatan yang sempurna. Selain tambahan ruang penyimpanan, Anda juga akan mendapatkan peningkatan dalam kecepatan, kinerja, dan efisiensi daya.

SSD M.2 NVMe KC3000 dari Kingston memanfaatkan pengontrol NVMe Gen 4x4 terbaru dan teknologi 3D TLC NAND untuk memberikan hasil yang luar biasa. Dengan meningkatkan penyimpanan, Anda dapat menangani beban kerja yang berat dengan lancar dan menikmati keunggulan kecepatan baca/tulis yang luar biasa, hingga 7.000MB/dtk. SSD ini menjamin alur kerja yang optimal di PC desktop dan laptop berkinerja tinggi. Produk ini dirancang secara khusus untuk mendukung pengguna tingkat lanjut yang hanya menginginkan tersedianya kecepatan tertinggi di pasar.

#KingstonIsWithYou

Minta Bantuan Pakar