Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

PC gaming di meja rumah dengan Game First-Person Shooter pada monitornya

Cara membuat PC gaming lebih tenang

Ketika merakit atau membeli PC gaming pengguna biasa akan mencari aspek-aspek tertentu: daya, tampilan, dan ruang penyimpanan. Namun, hal lain yang harus Anda pertimbangkan adalah suara yang dihasilkan sistem ketika bekerja. Lagi pula, tidak ada yang menginginkan PC yang berisik! Suara yang terlalu keras dapat disebabkan oleh komponen yang buruk, produk daur ulang dari sistem lama yang sudah aus, atau lamanya waktu penggunaan sistem tanpa ada pemeliharaan. Sistem yang berisik dapat mengganggu pengguna. Beberapa penyebab kebisingan berpotensi merusak perangkat keras di dalamnya. Dengan tips dari kami, Anda akan mengetahui beberapa penyebab dan solusi untuk membuat PC Anda lebih tenang.

seorang pemuda melihat ke casing komputer desktopnya yang terbuka di atas meja untuk merakit PC gaming baru

Penyebab suara sistem yang paling umum adalah kipas. Biasanya karena tumpukan debu, jadi sebaiknya bersihkan kipas secara teratur agar kinerja dan manajemen panas tetap optimal. Jika debu bukan penyebabnya, maka perangkat keras itu sendiri penyebabnya. Bantalan yang aus, sirip patah, atau ketidaksejajaran bisa menjadi penyebabnya. Kipas adalah bagian penting dari sistem Anda, jadi baik dibeli sepaket dengan sistem atau dipasang sendiri, Anda mungkin perlu menggantinya ke kipas yang lebih tenang. Pilih kipas dengan bantalan dinamis magnetik atau fluida (FDB), dan bilah kipas bertekanan tinggi yang dioptimalkan agar tidak berisik. Memang biasanya lebih mahal, tetapi telinga Anda akan merasakan bedanya!

Salah satu kesalahan umum merakit PC bagi pemula adalah tidak menghitung berapa banyak daya yang dibutuhkan sistem. Mungkin catu dayalah penyebabnya, bukan kualitas kipas yang Anda pilih. Catu daya dinilai dengan sistem peringkat 80 Plus yang akan membantu menentukan daya yang paling cocok untuk mesin Anda. Anda harus selalu mencari tahu berapa banyak daya yang akan digunakan perangkat keras Anda sebelum membeli, jika tidak, catu daya akan memanas dan sangat berisik ketika bekerja terlalu keras. Tipsnya adalah selalu membeli watt yang sedikit lebih banyak dari kebutuhan Anda untuk berjaga-jaga.

Apakah kipas Anda berjalan dengan kecepatan tinggi sepanjang waktu? Terlalu panas adalah penyebab kebisingan lainnya. Solusinya: tingkatkan aliran udara di dalam casing komputer. Salah satu cara untuk melakukannya adalah mengganti casing yang Anda miliki saat ini dengan desain yang lebih 'ramah udara', yang secara alami akan mendinginkan perangkat keras di dalamnya. Ada banyak pilihan casing yang dapat mengalirkan udara dengan lebih optimal. Anda dapat meningkatkan aliran udara dengan mengoptimalkan jumlah kipas dan menyesuaikan konfigurasinya. Praktik terbaiknya adalah meningkatkan aliran dan mendorong udara ke komponen Anda untuk menimbulkan tekanan positif, yang segera dikeluarkan dari sistem. Selain itu, penggunaan PWM (Pulse-width Modulation) membuat semua kipas Anda dapat dikontrol secara otomatis berdasarkan suhu sistem. Anda juga dapat mengatur kurva kipas secara manual untuk meminimalkan kebisingan.

Menggunakan pendingin cair AIO (all-in-one) dapat menurunkan tingkat kebisingan sistem Anda karena AIO menggunakan radiator yang dipasang di sistem Anda, menggantikan pendinginan CPU berbasis kipas tradisional. AIO menggunakan ruang yang sama dengan tempat pemasangan casing kipas. Fungsionalitas casing kipas tetap sama tetapi udara dingin dialirkan melalui radiator untuk mendinginkan CPU tanpa suara berisik!

Terakhir, dan salah satu perubahan yang jelas harus Anda lakukan agar PC gaming yang lebih tenang, adalah beralih dari HDD ke SSD. Hard drive SATA menimbulkan suara berisik, tetapi suara akan sangat berkurang ketika diganti dengan SSD (Solid-State Drive). SSD tidak menggunakan cakram berputar atau bagian bergerak lainnya untuk menyimpan data, hanya sirkuit, jadi umumnya tidak menimbulkan suara. Jika Anda memutuskan untuk beralih ke solid-state drive, mengapa tidak sekalian menambah kapasitas penyimpanan Anda?

Kingston memberikan opsi gaming yang sangat baik untuk sistem Anda. Kingston FURY Renegade PCIe 4.0 NVMe M.2 SSD adalah drive berkapasitas tinggi untuk penggemar game yang menginginkan kinerja optimal. Dengan kecepatan baca hingga 7.300MB/dtk, kecepatan tulis 7.000MB/dtk* dan kapasitas dari 500GB hingga 4TB**, Anda dapat menyimpan game dan media dalam jumlah besar dengan mudah.

#KingstonIsWithYou #KingstonFURY

Pencari Produk Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 35 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Minta Bantuan Pakar