Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

KC3000 SSD installed into a desktop PC motherboard in a case

Apa perbedaan PCIe Gen 3 dan PCIe Gen 4?

PCIe telah menjadi antarmuka standar untuk menghubungkan komponen periferal berkecepatan tinggi ke motherboard komputer selama satu dekade terakhir. Generasi keempat dari antarmuka ini, yaitu standar PCIe 4.0, diumumkan pada tahun 2017. Namun, kami tidak melihat SSD atau kartu grafis menggunakan teknologi baru tersebut hingga Computex 2019. Kini, PCIe 4.0 telah menarik antusiasme terhadap inovasi teknologi ini, baik SSD, GPU, motherboard, atau kartu ekspansi berdaya tinggi. Tetapi, apa itu PCIe Gen 4? Kami akan menjelaskan dasarnya.

Logo PCI Express
Apa itu PCIe Gen 4?

PCIe Gen 4 adalah generasi keempat dan terbaru dari spesifikasi PCI Express. PCIe Gen 4 adalah penerus PCIe Gen 3 dan merupakan generasi tercepat yang ada di pasar saat ini.

Apa fungsi PCIe Gen 4?

PCIe Gen 4 memungkinkan sistem terhubung ke perangkat PCIe dengan performa tinggi seperti GPU dan SSD NVMe PCIe.

Mengapa PCIe Gen 4 diperlukan?

Kecanggihan teknologi PCIe diperlukan untuk mengakomodasi peningkatan kebutuhan bus data berkecepatan tinggi yang memungkinkan aplikasi dan beban kerja pengguna yang makin menuntut.

Apa perbedaan PCIe Gen 3 dan PCIe Gen 4?

PCIe Gen 4 memiliki laju data dua kali lebih cepat daripada PCIe Gen 3 sehingga dapat mentransfer data dengan jauh lebih cepat. PCIe Gen 3 beroperasi pada 8GT/dtk (gigatransfer per detik), atau sekitar 1GB/dtk per jalur PCIe. Sebagai perbandingan, PCIe Gen 4 beroperasi pada 16GT/dtk, atau sekitar 2GB/dtk (gigabyte per detik) per jalur PCIe.

Berapa bandwidth maksimum PCIe Gen 4?

Untuk mengetahui bandwidth maksimum perangkat PCIe Gen 4, Anda harus mengetahui jumlah jalur PCIe yang didukung. Perangkat PCIe menggunakan “jalur” untuk mengirim dan menerima data sehingga makin banyak jalur yang dapat digunakan perangkat PCIe, makin besar pula bandwidth-nya. Jumlah jalur yang didukung perangkat PCIe biasanya dinyatakan seperti “x4” untuk 4 jalur, “x8” untuk 8 jalur, dan seterusnya.

x1x2x4x8x16
Bandwidth PCIe Gen 3 1 GB/dtk 2 GB/dtk 4 GB/dtk 8 GB/dtk 16 GB/dtk
Bandwidth PCIe Gen 4 2 GB/dtk 4 GB/dtk 8 GB/dtk 16 GB/dtk 32 GB/dtk
Apakah PCIe Gen 4 kompatibel dengan versi lama?

PCIe Gen 4 kompatibel dengan versi lama sehingga perangkat yang terhubung ke sistem PCIe Gen 3 akan berfungsi secara normal pada kecepatan PCIe Gen 3. Artinya, jika Anda membeli SSD NVMe PCIe Gen 4 hari ini, Anda dapat menggunakannya langsung dalam sistem saat ini, meski sistem tersebut tidak mendukung PCIe Gen 4. Jika kemudian hari Anda meningkatkan sistem ke PCIe Gen 4, Anda akan mendapatkan performa maksimal dari SSD NVMe PCIe Gen 4.

Kapan PCIe Gen 4 akan keluar?

PCIe Gen 4 sedang dalam pengadopsian di industri dan banyak produknya tersedia di pasar saat ini, tetapi, hanya produk terbaru yang akan mendukung PCIe Gen 4. Kedepannya, PCIe Gen 4 akan menjadi standar industri.

Bagaimana cara mendapatkan PCIe Gen 4?

Untuk menggunakan PCIe Gen 4, pastikan CPU, motherboard, dan perangkat PCIe Anda mendukung PCIe Gen 4.

Apa platform desktop yang mendukung PCIe Gen 4 saat ini?

Beberapa CPU desktop dan motherboard yang mendukung PCIe Gen 4 dan sedang dalam proses pengiriman mencakup:

  • CPU seri 3000 dan 5000 AMD Ryzen™
  • Motherboard AMD X570, B550, dan TRX40
  • CPU Inti Intel® Generasi ke-11 “Rocket Lake” dan Generasi ke-12 “Alder Lake”
  • Motherboard Intel® Z490, Z590, dan Z690
Apa itu SSD NVMe PCIe?

SSD NVMe PCIe adalah solid state drive yang menggunakan bus PCIe berkecepatan tinggi untuk mentransfer data serta protokol NVMe (Non-Volatile Memory Express) untuk berkomunikasi dengan sistem host. Hard disk ini menawarkan bandwidth yang jauh lebih baik dan waktu respons yang lebih cepat daripada SSD SATA karena beroperasi pada bus PCIe.

Apakah PCIe Gen 4 membuat SSD NVMe PCIe lebih cepat?

PCIe Gen 3 tidak dapat mengakomodasi bandwidth penuh dari SSD NVMe PCIe berkecepatan tinggi. Hal ini tentunya menghambat performa SSD. PCIe Gen 4 mengatasi hambatan performa ini, memungkinkan SSD NVMe PCIe membaca dan menulis data dengan jauh lebih cepat.

Apa form faktor yang digunakan oleh SSD NVMe PCIe?

SSD NVMe PCIe dapat menggunakan berbagai form faktor, seperti add-in card (AIC), M.2, dan U.2. SSD NVMe PCIe Klien biasanya hanya menggunakan form faktor M.2 2280 karena desainnya yang ramping sehingga memudahkan pemasangan ke PC desktop dan notebook. SSD NVMe PCIe kelas perusahaan akan menggunakan ketiga form faktor, dengan U.2 yang paling populer karena kompatibilitasnya dengan server backplane.

Form Faktor SSD M.2, U.2, dan AIC


Kesimpulan

Platform PCIe 4.0 memberikan lebih banyak fleksibilitas dan bandwidth. SSD yang memanfaatkan antarmuka PCIe 4.0 ideal untuk beban kerja dengan data intensif. SSD ini memuat aplikasi dan game dengan lebih cepat serta mengoptimalkan waktu pemuatan boot. PCIe 4.0 juga memiliki fitur hemat daya yang ditingkatkan, yang artinya perangkat akan tetap dingin sekaligus mengonsumsi lebih sedikit daya. Dengan kemunculan produk-produk yang mengadopsi PCIe 4.0, keputusan antara PCIe 3.0 dan 4.0 menjadi sangat mudah. PCIe 4.0 akan menjadi standar industri sebelum Anda menyadarinya.

#KingstonIsWithYou

Video terkait

Minta Bantuan Pakar