Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Seorang gamer muda bermain di laptopnya dalam ruangan yang gelap

Cara memilih laptop gaming yang tepat

Dengan meredanya masalah kelangkaan GPU saat ini, para gamer makin mudah dalam memperoleh komputer berkualitas. Satu-satunya masalah adalah cara memilih laptop gaming yang tepat untuk kebutuhan Anda. Perangkat laptop hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi dapatkah laptop mempertahankan keunggulannya melawan mesin gaming lainnya? Komputer desktop sering kali lebih disukai karena memiliki lebih banyak opsi untuk meningkatkan perangkat keras serta melakukan perbaikan untuk memperpanjang siklus masa pakainya atau memberikan kinerja lebih baik dari spesifikasi yang ada. Namun, karena komputer desktop adalah perangkat besar yang perlu disambungkan ke monitor, keyboard, dan periferal lainnya, Anda hanya dapat memainkan game di tempat PC itu dipasang.

Jika Anda sangat ingin memiliki perangkat keras berspesifikasi tinggi dan kesempatan bermain game di setiap tempat yang diinginkan, laptop adalah perangkat yang tepat. Meski membeli laptop gaming terdengar seperti tugas yang mudah, ada banyak hal selain daya tahan baterai yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda menekan tombol pembelian!

Tampilan layar

Jika lokasi gaming utama Anda adalah di rumah, Anda mungkin memiliki monitor tambahan yang digunakan untuk game. Namun, saat berada jauh dari monitor eksternal Anda (atau jika tidak memilikinya sama sekali), memiliki layar laptop yang bagus adalah suatu keharusan. Ukuran layar yang umum adalah 13, 15, dan 17 inci. Jika Anda akan memilih layar yang lebih besar, hal itu akan membuat laptop menjadi sangat tidak portabel, tetapi bukankah makin besar itu makin baik?

Setelah Anda menentukan ukuran layar, aspek penting lainnya adalah resolusi, atau jumlah piksel yang ditampilkan di layar. Dalam semua kasus, makin tinggi resolusinya, makin jelas gambarnya. Laptop yang lebih baru menonjolkan layar 1440p/4K, yang membuat model 1080p menjadi usang.

Jika menurut Anda hal itu sudah cukup, pikirkan kembali! Tingkat refresh adalah juga faktor penting yang harus dipertimbangkan saat menentukan layar laptop. Tingkat refresh adalah jumlah frekuensi gambar baru dapat ditampilkan oleh layar per detik, yang diukur dalam hertz (Hz). Setiap hertz sama dengan satu gambar. Untuk memperjelas pengertian ini, layar 100 Hz akan menampilkan 100 gambar setiap detik. Ketika membicarakan tingkat refresh, makin tinggi nilainya, makin baik. Kami menganjurkan setidaknya tingkat refresh sebesar 144 Hz untuk pengalaman gaming yang sangat mulus.

Memiliki layar berkinerja tinggi terdengar keren, tetapi ini hanya bagian kecil dari banyak faktor lain. Untuk mengakses output optimal pada layar, Anda juga akan memerlukan baik CPU maupun GPU yang berspesifikasi tinggi.

CPU

Unit pemrosesan pusat (CPU) adalah otak dari laptop Anda. CPU mengirimkan sinyal ke komponen komputer serta memproses instruksi yang dikirim oleh perangkat lunak pada sistem. Ada sejumlah spesifikasi yang dapat Anda pertimbangkan saat menentukan pilihan CPU yang lebih disukai, seperti kecepatan clock, jumlah core, serta beberapa hal lainnya.

  • Kecepatan clock: Akan menentukan seberapa cepat CPU mengambil dan menjalankan instruksi. Secara umum, makin tinggi kecepatan clock, makin cepat CPU itu. (Diukur dalam GHz).
  • Jumlah core: CPU dapat memiliki banyak core. Setiap core bertindak sebagai unit pemrosesannya tersendiri. Makin banyak core, makin banyak tugas yang dapat ditangani oleh CPU.

Ada banyak CPU di pasaran yang dapat dipilih. Jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit lebih kuat, Anda dapat membeli CPU terbuka (unlocked) yang mendukung overclocking untuk kinerja tambahan. Overclocking berarti mendorong kecepatan clock prosesor Anda melewati batasnya. Kecepatan clock adalah jumlah siklus yang dapat diselesaikan CPU Anda dalam satu detik. Overclocking yang dilakukan sendiri akan menghasilkan kecepatan clock yang jauh lebih tinggi. Namun, harap diingat bahwa makin cepat kerjanya, makin panas CPU Anda sehingga dapat menyebabkan banyak masalah pada sistem, terutama pada laptop yang pendinginannya lebih mudah terganggu! Jadi, agar tidak mengurangi masa pakai laptop baru Anda, pastikan untuk mengikuti panduan perangkat keras tentang cara melakukan overclocking dengan tetap menjaga batas yang aman.

GPU

GPU (Unit Pemrosesan Grafik) membuat piksel yang membentuk gambar di layar. GPU bekerja erat dengan CPU untuk menghasilkan tingkat frame yang mulus dan gaming beresolusi tinggi.

Semua laptop memiliki GPU, tetapi sebagian besar terintegrasi ke motherboard dan dalam kebanyakan kasus, tipe ini sudah cukup bagi pengguna standar. Namun, jika Anda gamer dan menginginkan sesuatu yang sedikit lebih kuat, Anda dapat memilih GPU kelas atas. Sebagian besar laptop gaming banyak yang menggunakan GPU GeForce GTX yang terpasang dari pabrik. GPU ini secara umum adalah versi yang lebih lemah dari kartu grafis komputer desktop dari seri yang sama, tetapi pengoptimalan akan memastikan GPU ini bekerja pada tingkat yang sama dengan sistem di desktop.

Penyimpanan

Drive solid-state (SSD) jauh mengungguli produk setara mekanisnya yang lebih lama, drive hard disk (HDD), dalam hampir setiap aspek pada gaming. SSD jauh lebih cepat daripada HDD yang berarti sistem akan dapat memuat file dan program jauh lebih cepat untuk mengurangi waktu memulai game dan juga memulai sistemnya sendiri. SSD juga dibuat tanpa bagian berputar sehingga panas yang dihasilkannya lebih sedikit daripada HDD.

Hampir semua laptop gaming saat ini akan dibuat dengan SSD. SSD dibuat dengan berbagai antarmuka, yang tercepat adalah M.2 NVMe PCIe. Pilihannya tergantung seberapa besar penyimpanan yang Anda inginkan. Sejumlah besar laptop juga memungkinkan Anda melakukan peningkatan ke SSD atau menambahkan SSD lain. Peluang ini tentu hal yang pantas diperhatikan karena Anda dapat meningkatkan sistem Anda seiring berjalannya waktu dengan peningkatan komponen.

Jika Anda memerlukan penyimpanan tambahan apa pun setelah pembelian dan laptop Anda memiliki port NVMe M.2, Kingston menyediakan suatu opsi fantastis yang dibuat khusus untuk gaming! SSD Kingston FURY Renegade mendayagunakan pengontrol NVMe Gen 4x4 terbaru dan 3D TLC NAND untuk memberikan kinerja canggih dengan kapasitas tinggi untuk para gamer dan penggemar perangkat keras yang memerlukan kinerja ekstrem untuk PC rakitan dan peningkatannya. Dengan kecepatan baca/tulis hingga 7.300/7.000 MB/dtk1 dan kapasitas hingga 4 TB2, dalam waktu sangat lama Anda tidak akan perlu menghapus data demi mendapatkan ruang kosong.

RAM

RAM (Random Access Memory) adalah memori yang menyimpan data untuk sementara, tetapi membuat pengambilan data oleh CPU menjadi jauh lebih mudah dan lebih cepat. Anda dapat membeli laptop gaming yang sudah terpasang dengan RAM dalam jumlah cukup, hal ini tentu akan tergantung anggaran Anda. Beberapa laptop dibuat dengan kebebasan untuk kemampuan meningkatkan RAM yang telah ada agar menjadi lebih cepat pada waktu mendatang.

Satu opsi yang dapat kami anjurkan adalah DDR5 Kingston FURY Impact, sebuah SODIMM tersertifikasi Intel® XMP 3.0 dengan kecepatan 4.800 MT/dtk3 dan kapasitas hingga 64 GB. Peningkatan fantastis untuk laptop gaming!

Saat membeli laptop gaming, pertimbangkan semua hal di atas sebelum mengambil keputusan Anda. Meskipun penyimpanan dan RAM sangat penting, kedua hal ini dapat ditingkatkan di kemudian hari jika dana Anda saat ini belum cukup untuk membeli yang terbaik. Jangan takut untuk berfokus pada aspek lain demi mendapatkan laptop terbaik bagi Anda. Pastikan saja bahwa peningkatan akan dapat dilakukan pada model apa pun yang menjadi keputusan pembelian Anda!

#KingstonIsWithYou #KingstonFURY

Pencari Produk Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 35 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Minta Bantuan Pakar