Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Tangan seseorang memegang SSD Eksternal Kingston XS1000 dengan latar belakang warna cokelat.
HDD vs SSD Eksternal

Media penyimpanan digital telah mengalami banyak peningkatan sejak zaman penggunaan drive pita dan floppy disk. Media penyimpanan komputer paling umum bagi konsumen modern adalah hard disk (HDD) dan drive solid-state (SSD). Saat ini, banyak model komputer baru yang dijual dengan menyertakan SSD, tetapi masih dibutuhkan argumen untuk menambahkan penyimpanan dalam bentuk SSD eksternal. Tentu saja, SSD eksternal juga tersedia dan menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh HDD.

Keunggulan SSD eksternal

  • SSD lebih cepat daripada HDD: SSD memberikan peningkatan yang signifikan pada transfer data dibandingkan dengan HDD. HDD tercepat yang tersedia secara komersial memberikan kecepatan hingga 160MB/dtk, sementara SSD tingkat awal sekalipun biasanya berkecepatan 3 kali lebih tinggi daripada itu, bahkan banyak drive SATA yang dengan mudah memberikan kecepatan baca dan tulis hingga lebih dari 500MB/dtk. Drive NVMe berkinerja terbaik di pasaran dapat mencapai kecepatan hingga 7.000MB/dtk sehingga sangat ideal untuk mentransfer file berukuran besar, seperti video atau file grafik berukuran besar.
  • SSD lebih tahan banting daripada HDD: Berkat cara pembuatannya, ketahanan SSD terhadap kerusakan lebih baik dibandingkan dengan HDD. Drive hard disk memiliki komponen mekanis yang termasuk disk berputar yang datanya dibaca dan ditulis melalui aktuator mekanis yang bergerak di atas permukaan disk. Disk dan komponen yang berkaitan rentan terhadap kerusakan jika jatuh atau jika dijalankan secara terus-menerus dalam jangka waktu lama. Hal ini menimbulkan kerentanan HDD terutama jika digunakan sebagai penyimpanan eksternal yang bersifat portabel sehingga lebih mungkin jatuh atau terimpit dalam perjalanan, atau bahkan dalam penggunaan biasa.
  • SSD lebih senyap daripada HDD: Akibat lainnya dari komponen mekanis HDD yang bergerak adalah timbulnya suara keras. Meskipun sebagian pengguna mungkin tidak mempermasalahkan hal ini, tetapi bagi pengguna lain yang mengerjakan proyek seperti pengisian suara atau pencampuran audio, atau yang sering melakukan konferensi video, akan lebih menyukai sistem dengan gangguan kebisingan yang lebih kecil.
  • SSD lebih hemat daya daripada HDD: Pada sistem seperti laptop yang daya pengoperasiannya diambil dari baterai, HDD akan menghabiskan daya baterai lebih cepat dibandingkan dengan SSD. Hal ini berarti laptop yang menggunakan SSD dapat beroperasi lebih lama dengan daya baterai dibandingkan dengan sistem setara lainnya yang menggunakan drive hard disk.
  • SSD lebih ringan daripada HDD: Berkat jenis komponen yang dibutuhkannya, SSD menjadi sangat ringan. Tergantung modelnya, berat hard disk eksternal Anda dapat mencapai lebih dari 1,5 pon (680g). Berat SSD eksternal dapat seringan hanya satu ons (~29g), seperti Drive Solid State Eksternal Kingston XS2000, yang muat dalam saku dan menawarkan penyimpanan berkecepatan tinggi hingga 4TB.

Keunggulan HDD

  • Drive hard disk lebih murah daripada SSD: Teknik produksi dan faktor yang berkaitan menyebabkan HDD lebih murah diproduksi daripada SSD, sehingga HDD menjadi lebih ekonomis dalam pembelian yang besar.
  • Drive hard disk menawarkan kapasitas yang lebih tinggi: Karena HDD lebih murah untuk diproduksi, model yang berkapasitas tinggi lebih layak sebagai produk komersial. Selain lebih murah, HDD eksternal 10TB juga lebih mudah ditemukan daripada SSD eksternal 10TB.

Apakah saya harus memilih SSD eksternal atau HDD?

Ada banyak alasan untuk menganjurkan penggunaan SSD sebagai penyimpanan eksternal. Jika Anda menginginkan penyimpanan tambahan untuk foto, game, atau rekaman video yang akan diedit dan sering digunakan, SSD eksternal mungkin pilihan terbaik bagi Anda. Kecepatan, ketahanan, dan portabilitas SSD eksternal menjadikannya media yang cocok untuk penyimpanan data pribadi. Drive Solid State Eksternal Kingston XS1000 adalah contoh drive penyimpanan ‘tingkat awal yang sangat baik, dengan kapasitas sebesar 1TB atau 2TB serta kecepatan baca/tulis hingga 1000MB/dtk, semuanya dikemas dalam SSD yang panjangnya kurang dari 3 inci (69,5mm).

#KingstonIsWithYou

Video terkait