Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

2 pengontrol Xbox dengan latar belakang gelap dan ikon cloud gaming

Apa saja keunggulan dan kekurangan Cloud gaming?

Ikon server cloud

Cloud gaming atau streaming game adalah ketika Anda memainkan video game online pada sebuah server jarak jauh yang terdapat di sebuah pusat data. Cloud gaming juga dikenal sebagai gaming atas permintaan atau gaming sebagai layanan, dan didasarkan pada gagasan kemampuan memainkan game terbaru yang tersedia dari berbagai jenis perangkat: selama Anda memiliki koneksi internet yang baik dan berlangganan dengan penyedia Cloud gaming.

Cloud gaming sudah ada sejak akhir 2000-an dan sulit untuk bersaing dengan game berbasis perangkat keras komputer dan konsol. Namun, dengan kemajuan teknologi baru dan peningkatan kecepatan internet, layanan ini muncul kembali dalam beberapa tahun terakhir dan kini sedang mengejar ketertinggalannya demi mewujudkan ambisi layanannya.

Layanan cloud gaming biasanya akan menyediakan aplikasi atau browser berbasis web untuk melakukan streaming game setelah Anda mendaftar. Anda selanjutnya dapat bermain dengan pengontrol pilihan Anda (sebagian besar kompatibel melalui Bluetooth) dan Anda bahkan dapat menggunakan layar sentuh di ponsel Anda melalui beberapa penyedia.

Ada sejumlah kecil penyedia yang baru-baru ini muncul di panggung ini. Nvidia® mengumumkan GeForce NOW dahulu di tahun 2015. Kini, GeForce NOW menjadi salah satu pilihan paling populer dengan lebih dari 500 game yang siap dimainkan dalam seketika, dan lebih dari 14 juta pelanggan (meskipun banyak di antaranya adalah akun gratis).

Ikon Stadia

Stadia™* adalah tanggapan Google atas fenomena Cloud gaming Ini. Stadia™ tidak bergantung pada OS, dapat diakses dalam berbagai format, dari perangkat Chromecast Ultra™ dan Android™ TV, hingga tablet dan PC Chrome OS™ dengan browser Google Chrome™, juga ponsel Android yang didukung dengan aplikasi seluler Stadia™. Setelah mengalami beberapa perubahan struktur sebagai tanggapan atas kritik yang diterima setelah dirilis pada tahun 2019, Stadia™ telah berhasil meraih 2 juta basis pelanggan. Beberapa pemain besar konsol game juga telah mencoba mengambil porsi keuntungan mereka.

PlayStation™ Now, platform Cloud gaming milik Sony, menonjolkan fitur game baru dan game lama yang memungkinkan Anda memainkan game dari masa kejayaan PS2 hingga sekarang. Dirilis pada tahun 2014, PlayStation™ Now sudah ada sebelum GeForce NOW. Setelah beberapa masalah kecil di awal, PlayStation™ Now telah memperoleh 3,2 juta pelanggan dengan layanan Cloud gaming untuk game PS2™, PS3™, dan PS4™, dan juga opsi pengunduhan untuk game PS2 dan PS4. Secara keseluruhan, ada 800 game yang tersedia untuk streaming, dengan 300 di antaranya dapat diunduh.

Xbox® Cloud Gaming yang dirilis pada tahun 2019 adalah tanggapan Microsoft untuk PlayStation Now, dan merupakan fitur dari Xbox® Game Pass. Dengan Xbox Cloud Gaming, Anda dapat bermain di berbagai perangkat, bahkan seluler. Pustakanya menawarkan lebih dari 270 game, berfitur kompatibilitas ke belakang dengan pustaka game Xbox® sebelumnya. Xbox® Game Pass secara luar biasa memiliki 25 juta pelanggan, menjadikannya model bisnis panutan bagi banyak layanan lainnya.

Masih banyak layanan Cloud gaming lain yang tersedia dan belum kami sebutkan. Meskipun ada penyedia yang dapat memenuhi kebutuhan setiap gamer, pilihan tetap ditentukan berdasarkan yang paling menarik bagi Anda sebagai pengguna!

Ada beberapa pro dan kontra yang dapat mengubah pendapat pengguna ketika memilih antara sistem komputer atau penyedia Cloud gaming:

Kelebihannya, tidak dibutuhkan spesifikasi tinggi atau rendah ketika menyangkut gaming di tingkat ini. Server Cloud memungkinkan pengguna untuk bermain di perangkat apa pun kapan saja sesuai ketentuan penyedia. Selama tersedia koneksi broadband yang stabil ke server, Anda seharusnya dapat terhubung dari tempat mana pun di dunia. Dengan menyadari hal ini, kebutuhan untuk melakukan streaming dari server yang ada di luar, bahkan akan mengambil data lebih banyak dibandingkan dengan sistem gaming standar yang diunduh, sehingga jika kecepatan broadband Anda kurang memadai, Anda mungkin akan mengalami kesulitan dengan metode ini.

Berlangganan untuk bermain memberikan beberapa keuntungan tersendiri. Setelah dibeli, Anda akan diberi katalog berisi banyak game yang dapat Anda pilih. Kebebasan memilih game yang ingin dimainkan adalah hal yang menarik bagi banyak gamer, tetapi sebagian lainnya masih mempertimbangkan biaya broadband dengan bandwidth memadai dan biaya berlangganannya.

Kompresi video memainkan peranan penting sebagai alasan kebanyakan orang lebih memilih sistem gaming dibandingkan Cloud gaming. Sama seperti di YouTube dan penyedia streaming lainnya, video dikompresi agar penggunaan bandwidth lebih sedikit. Ini berarti tampilan game di Cloud gaming tidak akan memiliki resolusi setinggi resolusi gaming yang menggunakan disk atau unduhan langsung.

Saat ini, Cloud gaming sedang dalam masa transisi. Cloud gaming masih belum mengungguli model game tradisional yaitu membeli game dan memainkannya di rumah. Namun, layanan seperti Xbox Game Pass yang sangat sukses, dengan elemen Xbox Cloud Gaming-nya, hadir untuk membiasakan cara bermain yang baru. Keterbatasan teknis pada layanannya menyebabkan Cloud gaming sulit dijalankan bagi banyak orang di beberapa bagian dunia dibandingkan game AAA di pasar yang memiliki kecepatan tinggi dan permintaan tinggi, meskipun Cloud gaming tidak bisa juga dikesampingkan sepenuhnya. Teknologi terus berubah, jadi suatu saat nanti bandwidth standar untuk broadband bisa lebih dari memadai untuk bermain game dengan cara ini. Kecepatan dan grafis perangkat keras gaming menjadi argumen kuat ketika memutuskan antara gaming perangkat keras atau Cloud gaming.

Kingston memiliki serangkaian produk yang dapat memberikan peningkatan besar pada sistem komputer Anda. SSD Kingston FURY Renegade PCIe 4.0 NVMe M.2 menawarkan kecepatan baca/tulis luar biasa hingga 7.300/7.000MB/d** dan kapasitas dari 500GB hingga 4TB*** untuk menyimpan semua game dan media favorit Anda, menjadikannya SSD gaming yang tepat untuk PC Anda. Dan memori Kingston FURY™ Beast DDR5 RGB yang meningkatkan kecepatan, kapasitas, dan keandalan jauh lebih tinggi lagi, memberi Anda keunggulan yang dibutuhkan untuk mengalami kemampuan melampaui keterbatasan sistem dan membuat standar baru.

#KingstonIsWithYou #KingstonFURY

Pencari Produk Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 35 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Minta Bantuan Pakar