Ruang aktivitas gamer, keyboard RGB, headset gamer, mouse gaming dan alas mouse RGB, pengontrol Xbox
PC atau Konsol? Apa Preferensi Anda?

Bagi para penggemar gaming, pertanyaan "PC atau konsol?" pasti akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Ada pendapat yang kuat pada kedua sisi pertanyaan ini. Masing-masing sisi dapat memberikan argumen yang masuk akal. Mengacu pada apakah pertanyaan itu sebenarnya? Apakah pada harga, kinerja, grafik, kemampuan untuk peningkatan, kemudahan penyiapan, akses ke judul game yang eksklusif, atau hal yang lain?

Jadi, para sahabat gamer, sebelum kalian memberikan jawaban yang sudah ditentukan sebelumnya, mari kita tinjau kelebihan dari masing-masing pilihan, lalu anggap kelebihan di satu pilihan adalah kekurangan untuk pilihan yang lain. Harap bersiap mengikuti. Hadirin sekalian, Kingston bertanya, "Antara PC vs. Konsol, mana yang lebih baik?"

Kelebihan PC

Interior casing PC dengan pencahayaan RGB, dengan modul DRAM Kingston Fury Beast dan SSD M.2 Kingston FURY Renegade
Grafik yang menakjubkan

Satu cara cepat untuk mengakhiri bagian perdebatan ini adalah cukup dengan mengucapkan kata: Kartu grafis NVIDIA dan AMD. Versi baru kartu grafis dirilis setiap tahun, seperti halnya prosesor PC yang baru/diperbarui, sehingga terlihat peningkatan grafik setiap tahun. Sebaliknya, konsol adalah seperti sistem yang tertutup. Konsol yang Anda beli adalah yang akan Anda mainkan hingga versi peningkatannya tersedia, yang lamanya dapat memakan waktu hingga tujuh tahun.

Kemampuan untuk ditingkatkan

Istilah berikut mungkin terdengar tidak menyenangkan, tetapi di dunia gaming, PC bersifat dinamis, sedangkan konsol bersifat statis. Setidaknya berkaitan dengan kemampuan untuk ditingkatkan. Seperti disebutkan, kartu grafis (GPU) terus-menerus dikembangkan lebih canggih. Begitu pula halnya dengan persyaratan RAM untuk game kelas tinggi terbaru yang makin meningkat. Meski sebagian besar game saat ini membutuhkan RAM sebesar 4GB atau 8GB, tetapi game terbaru menuntut RAM sebesar 16GB atau 32GB untuk menjamin pengalaman gaming yang menyenangkan. Selain itu, gamer pada PC dapat mengganti Drive Hard Disk atau SSD berukuran lebih kecil menjadi SSD berkapasitas lebih besar yang memberikan ruang penyimpanan, kecepatan, dan ketahanan yang lebih baik sambil mengurangi penggunaan daya listrik. GPU, RAM, dan SSD semuanya mudah dipasang.

Modding (Modifikasi)

Modding memungkinkan gamer 'memodifikasi' game dengan menambahkan lebih banyak konten untuk mengubah/memperbarui game lamanya menjadi tantangan baru. Gamer dapat melakukan modding sendiri atau mengunduh mod (hasil modding) milik orang lain. Namun, kemampuan melakukan modding harus dimasukkan ke dalam program oleh pengembang game. Umumnya, kemampuan itu disertakan dalam game PC. Meski melakukan modding pada game konsol terkadang dimungkinkan, tetapi hal itu dapat menjadi sulit, membutuhkan banyak waktu, dan bahkan dilarang (atau dianggap ilegal) oleh pembuat konsol.

Game lebih murah

Game PC dapat diakses dengan mudah, ternyata, di PC. Siapa yang sudah tahu? Ada banyak situs online yang menjual/menyewakan berbagai judul game. Pengunduhannya cepat, judul game sangat banyak, dan situs online tersedia di mana-mana seperti lokasi Starbucks di dunia nyata. Harganya juga bersaing!

Kompatibilitas dengan versi sebelumnya

Meski konsol keluaran baru lebih mendukung kompatibilitas dengan versi sebelumnya daripada konsol sebelumnya, tetapi masih ada beberapa batasan. Tidak ada konsol yang dapat memainkan seluruh katalog game sebelumnya dari perusahaan pembuatnya. Akan tetapi, PC dapat memainkan hampir setiap game PC yang pernah dirilis untuk PC dengan pemasangan alat dan driver yang tepat.

Kelebihan konsol

Casing PS5 dalam keadaan terbuka dan memperlihatkan SSD M.2 Kingston FURY Renegade yang terpasang pada slot penyimpanannya.
Mudah digunakan, gampang disiapkan

Keluarkan dari kotaknya, siapkan, lalu mainkan. Semua itu dapat dilakukan dalam hitungan menit. Tidak ada yang perlu dirakit atau disambungkan. Tidak perlu khawatir akan komponen yang tak kompatibel. Tidak diperlukan keterampilan atau pengetahuan khusus. Teknologi yang layak untuk disukai.

Tidak diperlukan peningkatan perangkat keras.

Pemilik konsol dapat memperoleh hal terbaik dari dua sisi ini: perangkatnya dapat langsung dimainkan dari kotak kemasannya tanpa perlu peningkatan, dan terdapat manfaat berupa tambahan penyimpanan dan kecepatan dari SSD berspesifikasi tinggi seperti yang ditawarkan oleh Kingston FURY Renegade kepada para pemilik PS5.

Pengontrol nirkabel

Game PC sering kali membuat pemainnya hampir tidak beranjak dari tempatnya. Banyak unit konsol yang dapat dimainkan menggunakan pengontrol nirkabel sehingga memungkinkan para pemain berpindah tempat dan merasa lebih terlibat.

Terjangkau

Yang kerap menjadi titik perdebatan antara pengguna setia dari kedua metode di atas, menurut pandangan kami, konsol adalah pilihan yang lebih terjangkau, baik pada saat pembeliannya maupun seiring waktu. Jangan lupa bahwa konsol seperti Xbox dan PlayStation mempopulerkan gaming kepada masyarakat luas, dan popularitasnya disebabkan oleh harga yang lebih murah dan kepraktisannya.

Game selalu dapat dimainkan

Saat membeli sebuah game untuk PlayStation atau Xbox, Anda dapat yakin bahwa game itu dapat dimainkan tanpa perlu membeli kartu grafis baru atau tambahan RAM. Meski dalam dua generasi terakhir, konsol telah dibedakan berdasarkan kapasitas penyimpanannya, tetapi hal ini hanya memengaruhi sedikit kapasitas konsol dalam memainkan game.

Lempar koinnya

Game eksklusif

Subjek ini cukup sulit karena kedua pilihan menawarkan judul game yang eksklusif. Bahkan, pengembang pihak pertama (yaitu Sony dan Nintendo) mengambil langkah lebih lanjut dan menawarkan game yang dirancang secara khusus untuk merek konsolnya sendiri. Mario dan Nintendo tentu saja berkaitan erat, tetapi tahukah Anda bahwa Nathan Drake, Kratos, Crash Bandicoot, dan Spyro the Dragon semuanya adalah kekayaan intelektual eksklusif dari PlayStation? Banyak pengembang juga membuat game hanya untuk PC, seperti MMO dan MOBA yang sangat populer.

Dua orang di sofa memegang pengontrol PlayStation dan berfokus pada game mereka. Dua orang yang ada di belakang menonton dan mendukung mereka.

Jadi, jika di saat lain seseorang bertanya kepada Anda "PC atau konsol?", apa yang akan menjadi jawaban Anda? Menurut kami, jawaban Anda akan tetap sama seperti sebelum membaca artikel ini. Namun, jika seandainya Anda belum memiliki pilihan, kami berharap artikel ini dapat memberikan sedikit wawasan untuk membantu menentukan preferensi Anda. Pada akhirnya, hal terpenting adalah Anda menikmati permainan game Anda, yang sungguh telah disediakan baik oleh konsol maupun PC.

#KingstonIsWithYou

Video terkait

Minta Bantuan Pakar