Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Desktop tower untuk gaming dengan DDR4 RGB Kingston FURY Renegade dan sistem pendinginan cair

Pendinginan udara Vs. pendinginan cair pada PC rakitan

Berbicara tentang PC rakitan, ada dua opsi utama untuk mengurangi panas dari CPU Anda dengan aman: pendinginan udara dan pendinginan cair. Kedua opsi memiliki keuntungannya masing-masing, tetapi memilih metode pendinginan bergantung pada kebutuhan PC Anda. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara kerja kedua jenis metode pendinginan serta membantu Anda dalam mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari setiap tipe pendinginan itu.

Apa itu pendinginan udara, dan bagaimana cara kerjanya?

Pendinginan udara adalah metode menghilangkan panas yang sangat sederhana, tetapi dapat menjadi sangat efektif dan mudah dipasang! Pendingin udara terdiri dari dua bagian: pembuang panas dan kipas. Kipas dapat berada di atas atau di samping pembuang panas dan mendorong udara menjauh dari CPU Anda untuk dapat mendinginkan komponen itu.

Keuntungan:

Foto jarak dekat desktop gaming dengan sistem pendinginan udara yang menggunakan 4 kipas
  1. Harga – Pendinginan udara jauh lebih terjangkau daripada pendinginan cair karena operasinya yang sederhana. Jika anggaran Anda terbatas, mungkin sebaiknya memilih pendinginan udara dan menggunakan sisa anggaran untuk membeli lebih banyak penyimpanan atau DRAM yang lebih cepat.
  2. Pemasangan – Sistem pendinginan udara lebih mudah dipasang daripada pendinginan cair dan karena itu menjadi pilihan yang lebih baik bagi para pemula perakit PC. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan air yang berpotensi bocor ke sistem Anda!
  3. Pemeliharaan – Pendinginan udara memerlukan jauh lebih sedikit pemeliharaan karena segera setelah sistem selesai disiapkan, Anda hanya perlu membersihkan debu dari PC Anda sekali dalam beberapa bulan.

Meskipun harganya murah dan mudah digunakan, pendinginan udara memiliki beberapa kerugian:

  1. Bunyi berisik – Kipas pada sistem pendinginan udara umumnya lebih berisik daripada sistem pendinginan cair, ini bisa cukup mengganggu saat bermain game.
  2. Kinerja – Pendinginan udara tidak seefisien pendinginan cair, tetapi masih merupakan pilihan yang baik untuk mendinginkan PC Anda.
  3. Visual – Bentuk pembuang panas dari pendingin udara cukup besar, sehingga dapat mengganggu penampilan rakitan. Selain itu, tidak ada opsi untuk mengubah tampilan visual pendingin udara.

Apa itu pendinginan cair, dan bagaimana cara kerjanya?

Pendinginan cair atau pendinginan air adalah salah satu cara terbaik untuk mendinginkan PC karena konduktivitas termal air yang tinggi.

Sistem pendinginan cair terdiri dari blok air, pompa, radiator, pipa dan terkadang menggunakan reservoir. Pompa mendorong cairan pendingin dari dan menuju ke radiator melalui blok air yang terpasang pada CPU. Panas lalu dipindahkan dari komponen CPU ke cairan dingin yang kemudian dipompa secara terus-menerus ke seluruh sistem.

Berbicara tentang pendinginan air, Anda memiliki dua opsi utama: Pendinginan cair AIO (all in one) dan loop khusus. Pendingin AIO dijual sebagai satu unit tunggal, dan Anda tidak perlu merakitnya sendiri. Pada pendinginan loop khusus, Anda dapat membuat kustomisasi di setiap aspek sistem pendingin Anda untuk memberikan kinerja dan penampilan visual yang terbaik. Pendinginan AIO dan loop khusus memiliki keuntungan dan kerugian yang berbeda, jadi penting untuk membedakan keduanya.

Foto jarak dekat desktop tower gaming dengan sistem pendinginan cair*

Keuntungan:

  1. Bunyi berisik – Operasi pendinginan cair lebih senyap, kipas di sistem berpendingin cair cenderung berputar lebih lambat dan senyap daripada kipas di sistem pendinginan udara.
  2. Kinerja – Pengguna PC yang ingin bermain game dengan pengaturan maksimum sebaiknya mempertimbangkan pendinginan cair. Mendorong PC Anda hingga batas kemampuannya membutuhkan lebih banyak daya, dan karena itu akan berpotensi memanaskan sistem Anda ke tingkat yang berbahaya. Pendinginan cair dapat menurunkan suhu ini lebih cepat dan lebih efisien daripada pendinginan udara.
  3. Visual – Sistem pendinginan cair dapat sangat mengesankan secara visual karena Anda dapat memasukkan elemen RGB untuk meningkatkan daya tarik visual mesin Anda. Pendinginan loop khusus dapat terlihat sangat mengesankan karena Anda dapat mencampur dan memasangkan banyak komponen serta membuat sistem yang sepenuhnya unik.

Meskipun bisa 2-10 kali lebih efektif daripada pendinginan udara, pendinginan cair memiliki beberapa kerugian:

  1. Harga – Pendinginan cair khusus akan berbiaya jauh lebih besar daripada sistem pendinginan udara standar. Anda membayar untuk operasi yang lebih rumit dan kinerja yang lebih baik. Namun, harga pendinginan AIO akan lebih mendekati harga pendinginan udara.
  2. Pemasangan – Penyiapan pendinginan cair khusus dapat memakan waktu dan upaya, terutama bagi perakit PC pemula. Pendingin cair AIO (all-in-one) lebih mudah dipasang dan seharusnya hanya membutuhkan sekitar 30 menit bagi Anda. Akan tetapi, dengan cara yang mana pun, adanya air yang mengalir melalui sistem Anda juga dapat menjadi hal yang cukup menakutkan.
  3. Pemeliharaan – Sistem pendinginan cair khusus memerlukan lebih banyak pemeliharaan daripada pendinginan udara, karena Anda perlu mempertahankan tingkat cairan yang tepat, serta memastikan komponennya bersih dan berfungsi. Selain itu, jika salah satu komponen sistem pendinginan khusus mengalami kegagalan, malapetaka dapat terjadi pada komputer Anda. AIO memerlukan lebih sedikit pemeliharaan dan karena semuanya telah dirakit saat dibeli, risiko kebocoran sistem telah dikurangi.

Pada akhirnya, keputusan ada di tangan Anda! Memilih antara pendinginan udara dan pendinginan cair sesungguhnya tergantung pada preferensi pribadi, anggaran, dan kebutuhan sistem Anda. Keduanya adalah solusi yang sangat baik; tetapi dirancang untuk kebutuhan sistem yang berbeda. Namun, apa pun jenis metode pendinginan yang Anda gunakan, hal yang paling penting adalah menjaga PC Anda sedingin mungkin sehingga PC dapat mempertahankan kinerja terbaiknya dan menghindari setiap masalah penurunan kinerja karena suhu.

#KingstonIsWithYou #KingstonFURY

Minta Bantuan Pakar