Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Profesional muda duduk di meja kerja dengan rekannya yang sedang bekerja di laptop.
Pembuatan Portofolio Fotografi Anda

Menampilkan Keterampilan Fotografi Anda

Portofolio bagi fotografer sama seperti resume bagi kebanyakan profesi lainnya. Dalam beberapa kasus, portofolio bahkan lebih penting. Portofolio adalah kompilasi karya terbaik fotografer. Portofolio menjadi ciri khas fotografer. Portofolio adalah presentasi kreativitas, gaya, kemampuan, dan dedikasi fotografer dalam wujud foto. Portofolio sangat penting untuk mendapat tawaran pekerjaan (artinya, menghasilkan uang).

Portofolio tidak boleh disepelekan!

Kami telah menyusun beberapa tip untuk memandu fotografer dalam membuat portofolio yang menarik perhatian. Meskipun pembuatan portofolio bukan hal yang biasa kami lakukan, tetapi membantu mengatasi masalah penyimpanan digital adalah bidang kami. Selengkapnya tentang hal tersebut akan dibahas nanti.

Apa saja isi Portofolio?

Tentu saja, isinya adalah foto-foto hasil bidikan Anda. Kita akan membahas hal tersebut sesaat lagi. Untuk saat ini, kita akan membahas beberapa hal lain yang perlu Anda sertakan di dalamnya. Selain ingin melihat foto bidikan Anda, calon klien juga ingin mengetahui beberapa hal tentang Anda.

Saat membuat halaman "Saya", berikan nama dan informasi kontak Anda (lokasi/alamat, nomor telepon, alamat email), serta latar belakang singkat tentang minat Anda terhadap fotografi dan pendidikan Anda, jika relevan. Jika Anda berspesialisasi dalam genre fotografi tertentu, sebutkan dan ceritakan alasan Anda memilihnya. Sebutkan semua penghargaan yang pernah Anda menangkan. Tambahan yang sangat tepat bagi profil Anda adalah daftar klien sebelumnya dan informasi tentang foto yang Anda hasilkan untuk klien. Sertakan tautan ke setiap jejaring sosial yang Anda gunakan, dan juga daftar harga. Buatlah secara ringkas. Cukup empat atau lima paragraf saja.

Foto yang Harus Disertakan

Kamera di atas meja dengan Kingston Canvas Go! Plus berkapasitas 512GB disisipkan separuh. Juga terlihat tanaman sukulen dan folder di atas meja.

Singkatnya: Pilih yang terbaik dari yang terbaik. Portofolio jelas bukan sesuatu yang dibuat hanya seperlunya saat menunggu janji pertemuan. LUANGKAN WAKTU YANG CUKUP!!!

Akan membantu jika foto-foto Anda sudah diatur dengan suatu cara. Jika belum, sebaiknya atur foto Anda terlebih dahulu. Pengaturan tersebut akan sangat memudahkan Anda dalam menemukan jenis foto tertentu. Pengaturan foto juga membantu dalam menghilangkan foto yang hanya memenuhi ruang penyimpanan, atau yang tidak layak untuk portofolio. Contohnya, mengeliminasi foto berformat mentah, bidikan yang buram, bidikan uji coba, serta foto pribadi keluarga/teman, liburan, dll.

Kita sampai pada bagian yang tersulit dan terpenting, yakni pemilihan foto.

  • Lebih sedikit adalah cara terbaik, lebih dari itu akan membuat Anda tidak dipilih. Sebanyak 15 hingga 20 foto akan berfungsi dengan optimal. Jumlah di atas 30 sangat tidak disarankan.
  • Keanekaragaman memperkaya kehidupan dan portofolio. Foto yang serupa atau identik harus dihindari. Berbagai jenis foto, warna, pencahayaan, dan komposisi akan memperlihatkan keserbabisaan dan kemampuan Anda.
  • Jika Anda generalis yang tidak berspesialisasi dalam satu genre, buat satu portofolio untuk setiap genre. Seseorang yang sedang mencari fotografer acara pernikahan tidak akan berminat sama sekali dengan foto-foto sepeda motor yang menarik, meskipun foto tersebut telah memenangkan penghargaan.
  • Pastikan bagian foto di portofolio Anda hanya berisi foto. Teks, cerita latar belakang, dan emoji yang lucu akan merusak kesan yang ingin ditampilkan. Portofolio fotografi adalah karya visual, bukan editorial. Jadi, biarkan karya Anda yang berbicara.
  • Setelah melalui proses seleksi pertama, Anda boleh menggunakan lebih banyak foto dari yang dibutuhkan (ingat bahwa 15-20 foto terbaik dari yang terbaik adalah tujuan terpenting Anda). Lakukan eliminasi foto sekarang.
  • Ulangi langkah di atas.

Ulangi lagi (sebanyak yang diperlukan). Ingatlah kategori portofolio Anda. Satu genre per portofolio. Sebagian besar spesialis pemasaran perusahaan tidak akan tertarik dengan foto pesta pernikahan di pantai.

Uji Portofolio Anda

Wanita muda yang membawa kamera sedang berdiri di depan pemandangan kota sambil menawarkan jasa foto kepada pengunjung.

Setelah draf pertama portofolio Anda selesai, ujilah portofolio tersebut. Perlihatkan kepada orang lain. Mintalah pendapat mereka tentang menarik tidaknya desain dan tata letaknya. Apakah foto-fotonya menarik? Apakah menurut mereka, jumlah foto sudah cukup? Apakah terlalu banyak? Apa hal yang perlu diperbaiki? Setelah melihat portofolio ini, apakah Anda tertarik untuk menggunakan jasa saya?

Cobalah untuk meminta masukan yang konstruktif dari individu dalam tiga kelompok ini: fotografer profesional, seseorang di bidang kreatif selain fotografi, dan teman atau anggota keluarga. Utamakan masukan dari fotografer profesional.

Portofolio Gaya Lama Masih Menjadi Mode

Dewasa ini, portofolio digital telah menjadi standar. Namun, masih ada alasan yang valid untuk membuat versi cetak. Meskipun calon klien dapat melihat portofolio digital hampir dari setiap tempat di dunia, portofolio cetak bermutu dapat mengubah pandangan klien dan menjadi alat bantu penjualan yang sangat baik saat bertemu dengan calon klien lokal. Anda tidak hanya akan terlihat profesional, tetapi salinan cetak juga memiliki aura yang memperlihatkan perhatian Anda kepada klien.

Jaga Kebaruan Portofolio

Portofolio Anda bukan hasil sekali jadi dan bersifat final. Portofolio harus menggambarkan keadaan diri Anda saat ini. Foto dari satu atau dua tahun lalu sekalipun dapat terlihat usang. Biasakan untuk meninjau dan memperbarui portofolio Anda secara teratur: setiap kuartal, setiap enam bulan, atau setiap tahun. Ingatlah, saat menambahkan, Anda juga perlu mengurangi. Sebaiknya pertahankan jumlah antara 15 dan 20.

Peran Kingston

Keunggulan portofolio digital adalah kemudahan dan biaya pengiriman yang rendah. Pengiriman dapat dilakukan dengan hanya mengklik beberapa tautan. Seperti disebutkan di awal pembahasan, terdapat satu peran bagi Kingston, yaitu penyimpanan. Portofolio memang dapat disimpan di PC atau laptop, atau di Cloud. Namun, Kingston menyediakan berbagai sarana penyimpanan portofolio Anda dengan cara yang mudah diakses saat bepergian:

  • flash disk USB terenkripsi
  • kartu memori SD dan micro-SD berkinerja tinggi/berkapasitas tinggi (seperti Canvas React Plus dan Canvas Go! Plus, yang dirancang untuk penggunaan industri dengan kapasitas hingga 1TB)
  • SSD eksternal super cepat seperti XS2000

Apa nilai manfaat dari penggunaan berbagai opsi penyimpanan ini? Portabilitas. Bawalah perangkat penyimpanan ke pertemuan dengan calon klien, tingkatkan media apa pun yang Anda gunakan agar seluruh portofolio Anda dapat tampil dengan penuh kemegahan serta siap untuk dilihat dan dinikmati dengan nyaman oleh klien.

Demikianlah pembahasan kami. Pembahasan ini adalah sedikit tip dari kami untuk mengiringi perjalanan dan perkembangan karier fotografi Anda.

#KingstonIsWithYou

Video terkait