Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Videografer memeriksa rekaman pada kamera video yang memiliki banyak alat tambahan

Videografer: Penyebab Perlunya Mempertimbangkan SSD dan Cara Memanfaatkannya Dengan Optimal

Dapat dikatakan bahwa penyimpanan adalah hal terpenting berikutnya setelah kamera dan pencahayaan bagi para videografer profesional. Setelah seharian mengambil rekaman video 4K, 8K, atau HD apa pun, videografer memerlukan kapasitas penyimpanan yang cukup untuk menyimpan karyanya dengan aman.

Jadi, apa jenis perangkat penyimpanan terbaik untuk videografer? Lalu, apa praktik terbaik yang harus dilakukan oleh videografer berkaitan dengan perangkat penyimpanan? Jawabannya adalah SSD. Untuk pertanyaan terakhir, kami berharap Anda akan mendapatkan beberapa gagasan yang baik setelah membaca artikel ini.

SSD lebih cocok untuk videografer daripada HDD

Pria duduk di depan meja komputer yang terdapat dua monitor di atasnya dan mengedit rekaman video dengan keyboard

SSD memberikan lebih banyak manfaat kepada videografer daripada HDD karena banyak alasan:

Ketahanan dan keandalan lebih tinggi
SSD menggunakan memori non-volatile (flash) untuk menyimpan dan mengakses data. Berbeda dengan HDD, SSD tidak memiliki komponen mekanis bergerak. SSD dirancang untuk mengatasi kejadian terjatuh, guncangan, kejutan, dan keausan karena penggunaan sehari-hari. Kemungkinan kehilangan data pada SSD jauh lebih kecil. Kehilangan data pada videografer dapat menjadi bencana sangat besar.

Kecepatan lebih tinggi
Kecepatan SSD hingga 10x lebih cepat daripada HDD. Dengan kecepatannya yang lebih tinggi, SSD dapat menangani data dengan kecepatan sangat tinggi yang diperlukan oleh videografer masa kini.

Tersedia dalam berbagai ukuran
Tidak seperti HDD yang besar dan tidak menarik, SSD dibuat dalam berbagai ukuran, mulai dari sebesar permen karet hingga ukuran 2,5 inci.

Konsumsi daya lebih rendah
Bagi videografer yang melakukan pengambilan gambar di tempat terpencil tanpa akses ke sumber listrik, lebih menguntungkan untuk beralih ke teknologi yang membutuhkan lebih sedikit listrik untuk beroperasi, terutama jika ada kebutuhan daya sangat besar dari peralatan audio dan pencahayaan. SSD akan lebih lambat menguras baterai laptop (atau generator) Anda daripada drive mekanis.

Lebih senyap
Meski kemungkinan terdengarnya sangat kecil pada saat perekaman, sistem penyimpanan yang lebih senyap akan menguntungkan untuk penyuntingan audio.

SSD NVMe Sangat Tepat untuk Videografer yang Sibuk

NVMe adalah antarmuka terpenting pada standar SSD yang baru. SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi daripada HDD tradisional. SSD dengan antarmuka NVMe adalah yang tercepat. SSD NVMe kelas atas mampu mencapai kecepatan sekitar 7.000 MB/dtk. Selain itu, hanya NVMe yang dapat mengatasi perubahan tingkat bingkai, ukuran bingkai, standar, dan teknologi yang dihadapi para videografer.

Merek Bereputasi yang Mudah Dibeli

Pasar SSD dipenuhi dengan berbagai macam model, dengan berbagai harga dan kinerja. Namun, pemilihan drive yang tepat untuk kebutuhan tertentu seseorang seharusnya tidak didasarkan pada harga atau informasi pada lembar spesifikasi saja. Produsen dan saluran pengecer bereputasi dapat membantu dalam memilih SSD terbaik untuk kebutuhan Anda.

Opsi Penyimpanan SSD

Ada dua opsi penempatan SSD yang sama-sama akan disukai oleh videografer, yaitu portabel dan internal.

Portabel
Dengan SSD portabel, pengguna di hampir semua tempat dapat memindahkan rekaman dan mengakses file digital yang ada. Selain itu, file dapat dicadangkan dan diamankan dengan mudah tanpa koneksi internet.

Internal
Jika laptop Anda memiliki HDD, tidak sulit meningkatkannya ke SSD dan menikmati kinerja yang lebih cepat. Bahkan SSD tingkat pemula memiliki kecepatan sekitar 10x lebih cepat daripada HDD standar.

Enkripsi itu Sangat Penting

Upaya videografer menghasilkan berjam-jam rekaman file video yang tersimpan. Namun dengan umumnya peretas, pembobolan data, dan risiko pencurian atau kehilangan, timbul pertanyaan, seberapa amankah data itu? Kerugian keuangan dan kerusakan reputasi yang menyedihkan adalah hukuman yang berat, terlebih jika solusi pencegahannya adalah enkripsi perangkat keras. Berikut adalah dua contoh protokol yang diperlukan.

  • Enkripsi berbasis perangkat keras AES 256-bit: standar internasional yang menjamin keamanan data yang tinggi dan diakui di antaranya oleh pemerintah AS. Pada dasarnya enkripsi ini tidak dapat diuraikan sehingga menjadikannya standar enkripsi komersial terkuat yang tersedia.
  • TCG Opal 2.0: protokol yang dapat melakukan inisialisasi, autentikasi, dan mengelola SSD terenkripsi dengan menggunakan solusi manajemen keamanan berfitur TCG Opal 2.0. dari vendor perangkat lunak independen.

Dengan tambahan kegunaan, keamanan, dan kapasitas yang dihadirkannya kepada videografer, jelas bahwa ada banyak alasan untuk mempertimbangkan SSD sebagai bagian dari kelengkapan perangkat keras. Gunakan SSD Anda dengan aman dan dalam kondisi yang tepat, maka Anda akan merasa tidak mungkin lagi kembali ke perangkat lama.

#KingstonIsWithYou

Video terkait

Minta Bantuan Pakar