Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Seorang wanita memegang ponsel yang sedang mengambil foto pemandangan hutan yang indah.
Tip Fotografi Luar Ruangan

Kenyataan saat ini: kehadiran smartphone telah membuat hampir semua orang di bumi dapat mengakses kamera dengan mudah dan memiliki teknologi untuk mengambil foto luar ruangan yang indah. Menurut MarketSplash, publikasi online yang berfokus di bidang kewirausahaan, pemasaran digital, desain, dan e-niaga, masyarakat sedang memanfaatkan sepenuhnya kesempatan ini. Setiap detik 54.000 foto diambil di seluruh dunia, yang berarti 3,3 juta foto per menit, dan 1,7 triliun foto per tahun*, dengan plus minus sekitar satu miliar atau lebih.

Fotografi luar ruangan dapat dilakukan di mana saja. Asalkan ada kamera, orang akan memotret. Alam terbuka menyediakan cahaya alami, susunan warna yang tak terbatas, pemandangan nyata yang tak tertandingi, latar belakang perkotaan atau pedesaan, empat musim yang berbeda, kehidupan satwa liar, dan masih banyak lagi. Jadi, kami merasa saat ini tepat untuk berbagi beberapa tip:

Mari kita mulai dengan kamera tradisional. Bahkan untuk fotografer baru, banyak keunggulan yang ditawarkan oleh model kamera DSLR atau mirrorless untuk fotografi luar ruangan jika dibandingkan dengan model kamera saku yang berlensa tetap.

Dua gadis muda dengan tas punggung haiking di jalan setapak sebuah hutan sedang memperlihatkan tampilan di layar kamera mereka.

Di antara jenis kamera DSLR, ada kamera full frame (bingkai penuh), APS-C, dan mikro four thirds atau empat pertiga (tidak, itu bukan salah ketik). Di antara ketiganya, kamera full-frame adalah yang terbesar, memberikan kualitas gambar terbaik, dan kompatibel dengan berbagai fitur. Kamera APS-C sangat cocok bagi pemula atau yang sudah memiliki sedikit pengalaman fotografi. Kamera mikro four thirds (empat pertiga) berbobot lebih ringan dan lebih terjangkau dibandingkan dengan model full-frame. Kamera ini juga mudah dialihkan dari pemotretan biasa ke perekaman video 4K.

Salah satu keuntungan utama kamera DSLR adalah kemampuan adaptasinya dengan berbagai jenis lensa sehingga Anda dapat mengambil foto dengan berbagai jenis tampilan, sudut, komposisi, dll.

Lensa sudut lebar (14-24 mm) sangat baik untuk foto berformat horizontal karena dapat menangkap latar belakang yang lebar, seperti ngarai besar. Lensa telefoto (70-200 mm) berfungsi dengan baik untuk foto berformat vertikal, karena dapat mengambil foto close-up yang detail, seperti rusa di tepi sungai. Lensa 50 mm adalah lensa medium yang memuaskan, yang mendukung pengambilan foto berkualitas baik dari objek yang jauh atau dekat, seperti sungai yang beriak.

Jika Anda bermaksud mengambil foto wajah dalam jumlah banyak, pastikan kamera dilengkapi dengan fitur autofokus mata. Fitur tersebut otomatis mengunci - dan tetap mengunci - fokus ke mata individu (atau hewan peliharaan) yang sedang dibidik, meskipun objek tersebut sedang bergerak.

Sebuah meja dengan berbagai peralatan kamera, laptop dengan mouse dan keyboard nirkabel, serta beberapa kartu SD dan microSD Kingston.

Ingat bahwa, ketika memotret di alam terbuka, matahari adalah teman Anda. Manfaatkan hal tersebut. Jam terbaik pada dini hari dan sore menjelang malam biasanya memberikan pencahayaan terbaik untuk fotografi luar ruangan. Cahaya matahari pada jam tersebut lebih lembut, lebih merata, dan lebih hangat. Selain itu, matahari yang berada di belakang saat Anda memotet akan memberikan pencahayaan yang sangat baik untuk subjek foto. Untuk menghindari mata terlihat sipit, arahkan pandangan subjek foto ke arah lain dari kamera dan tidak menatap langsung ke matahari. Dalam situasi ketika bayangan mengganggu bidikan Anda, reflektor adalah cara yang mudah dan murah untuk memberikan lebih banyak cahaya pada subjek.

,p>Saat memotret di alam terbuka, kartu memori di kamera Anda harus memiliki kapasitas yang cukup. Anda juga dapat menyiapkan beberapa kartu agar tidak kehabisan tempat penyimpanan. Selain itu, kartu memori harus cukup cepat untuk mengimbangi kecepatan kamera jika Anda menggunakan mode pemotretan beruntun untuk mengambil gambar aksi di luar ruangan. Jajaran kartu memori flash Kingston Canvas didesain secara khusus untuk kamera digital, smartphone, drone, kamera dasbor, dan kamera keamanan. Dengan kapasitas hingga 1TB, ada cukup banyak tempat untuk menyimpan hasil pemotretan hingga berhari-hari, termasuk file RAW, dan kecepatannya dapat mengimbangi kamera Anda.

#KingstonIsWithYou

* 200+ Statistik Fotografi: Demografi, Tren Pasar & Pendapatan; 17 September 2023, marketsplash.com/photography-statistics

Video terkait