Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Modul memori Kingston di server

Cara memilih memori server

#KingstonCognate perkenalkan Simon Besteman

Foto Simon Besteman, seorang ISP, pemasok, dan konsultan pusat data

Simon Besteman adalah seorang pakar berkewarganegaraan Prancis dan Belanda sekaligus veteran industri TIK dan pusat data. Ia memiliki pengalaman bekerja di ISP, pemasok, pusat data, dan sebagai konsultan manajemen untuk berbagai organisasi selama lebih dari 20 tahun. Simon telah memegang berbagai posisi manajemen senior di perusahaan multinasional dalam bidang layanan, penjualan dan pemasaran, manajemen operasi, dan pengembangan strategis.

Saat ini, Simon adalah Direktur Manajemen dari Komunitas Cloud Belanda, koalisi penyedia hosting dari Belanda. Sebagai perwakilan terkemuka di industri ini, ia kerap menulis blog tentang urusan industri dan kebijakan, pembicara utama di berbagai kongres dan konferensi, serta peserta dalam rapat pemerintah Belanda terkait telekomunikasi, pusat data, dan peraturan internet. Ia menjabat sebagai dewan di beragam grup industri, dengan fokus pada pendidikan, ketenagakerjaan, dan pemerintahan.

Memori adalah komponen penting untuk semua sistem dan mengonfigurasinya dengan cara yang salah dapat berdampak drastis terhadap performa sistem dan aplikasi Anda.

Sebelum memutuskan tentang cara mengisi server, jenis memori mana yang akan digunakan, dan berapa banyak modul memori yang harus diinstal, Anda harus memahami pentingnya pilihan yang dibuat, atau Anda akan berakhir dengan performa yang mengecewakan, konsumsi daya yang berlebihan, atau bahkan masalah yang lebih serius, seperti sistem yang tidak menyala sama sekali.

Berbagai jenis teknologi memori

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kompatibilitas. Mencampur modul memori dari merek yang berbeda-beda dalam bank memori yang sama dapat mengakibatkan masalah kompatibilitas. Jika menginstal memori yang salah atau teknologi memori tercampur, sistem dapat menyala, tetapi tidak akan diboot ke sistem operasi.

Terdapat 3 teknologi memori utama yang tersedia di masa kini: UDIMM (DIMM Tidak Terbuffer/Unbuffered DIMM), RDIMM (DIMM Terdaftar/Registered DIMM), dan LRDIMM (DIMM Muatan Rendah/Load Reduced DIMM). Meskipun teknologi memori ini secara fisik muat di slot memori server Anda, ketiganya TIDAK DAPAT dicampur, melakukannya akan menyebabkan kegagalan boot sistem.

Cara memilih memori yang tepat

Tumpukan modul memori yang tersebar dengan latar belakang gelap

UDIMM, RDIMM, dan LRDIMM juga memiliki kecepatan memori yang berbeda. Server masa kini kompatibel dengan modul memori DDR4 yang berjalan pada kecepatan hingga 3200MT/s. Akan tetapi, kecepatan memori ini dapat beragam dan menurunkan clock bergantung pada model prosesor yang digunakan dan juga jumlah modul memori yang diinstal.

Anggap saja seperti jalan raya. Lalu lintas harus melambat ketika ada banyak mobil di jalan raya atau akibatnya akan terjadi kecelakaan. Prinsip ini sama seperti server. Ketika banyak modul memori terinstal, sistem harus memperlambat frekuensi memori agar dapat menangani lebih tingginya jumlah data yang berpindah menuju dan berasal dari modul-modul memori.

Pemeriksaan penting lainnya adalah kesesuaian dengan panduan instalasi memori produsen dan platform. Saat ini, tersedia banyak platform dengan konfigurasi saluran memori yang beragam. Kini tersedia motherboard dengan empat, enam, dan delapan saluran memori, sedangkan motherboard dua belas saluran memori akan hadir dalam tahun ini. Kingston Memory Search membantu Anda memilih nomor komponen yang kompatibel dan juga menyediakan informasi tentang sistem Anda.

Apa yang harus dipertimbangkan saat mengonfigurasi server Anda

Demi performa terbaik, penting untuk menginstal memori modul sesuai rekomendasi arsitektur masing-masing platform. Hal ini kami sebut dengan konfigurasi memori seimbang. Tidak mengikuti panduan konfigurasi saluran memori untuk platform akan mengakibatkan penurunan performa memori atau konfigurasi memori yang tidak seimbang.

Banyak pelanggan menginstal modul memori berkapasitas rendah ke server mereka. Pendekatan ini memiliki beberapa tantangan:

  • Skalabilitas: Jika Anda mengisi server dengan modul memori berkapasitas rendah, Anda tidak akan dapat menambah modul memori ke depannya. Anda akan terpaksa melepas modul memori yang ada dan membeli yang baru untuk mencapai kapasitas maksimum.
  • Konsumsi daya: Menginstal modul memori yang lebih banyak akan menyerap lebih banyak daya.
  • Performa: Ingat analogi jalan raya? Mengisi penuh server kemungkinan besar akan menyebabkan penurunan kecepatan memori.

Memahami pengaplikasian adalah kunci keberhasilan

Membeli opsi termurah yang tersedia kerap kali bukan pendekatan yang paling hemat biaya jika menimbang biaya total kepemilikan. Luangkan banyak waktu untuk meriset spesifikasi platform, opsi peningkatan, dan apa saja kebutuhan pengaplikasian Anda.

Jika pengaplikasian Anda memerlukan kapasitas memori yang besar, Anda perlu melihat teknologi memori RDIMM dan LRDIMM. Jika pengaplikasian Anda sensitif terhadap bandwidth memori, maka Anda perlu melihat model prosesor yang diinstal dan juga jumlah saluran memori yang disertakan pada platform Anda. Jika platform Anda memiliki saluran delapan memori, sebaiknya instal kelompok berisi delapan modul memori per prosesor untuk mendapatkan performa terbaik. Beberapa platform membatasi performa memori ketika modul diinstal di bank kedua, yang juga disebut sebagai 2DPC (2 DIMM per Saluran).

Terakhir, Anda juga perlu mempertimbangkan menginstal modul memori berbasis peringkat ganda karena performa memori yang ditawarkan lebih baik daripada modul memori peringkat tunggal.

Mitra memori terbaik bagi solusi Anda

Kingston menawarkan modul memori server 3200MT/s yang merupakan modul memori DDR4 tercepat yang tersedia dan nantinya kami akan berpindah ke memori server DDR5 dalam tahun ini.

Seperti yang dapat dilihat, meningkatkan sistem tidak semudah yang Anda pikirkan. Oleh karena itu, Kingston menyediakan pelanggan sebuah layanan dukungan GRATIS dan terkhususkan bernama "Minta Bantuan Pakar". Entah itu menginstal memori, SSD (Solid State Drive), atau produk lainnya, Kingston akan membantu dan memberikan masukan sekaligus solusi terbaik untuk keperluan bisnis Anda.

#KingstonIsWithYou

Pencari Produk Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 35 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Minta bantuan pakar Memori

Minta bantuan pakar Memori

Kingston dapat menawarkan kepada Anda opini dan saran independen tentang keuntungan dari mengonfigurasi server Anda untuk performa & kapasitas yang optimal. Pakar konfigurasi Kingston memiliki semua pengetahuan dan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan peningkatan memori Anda.

Minta Bantuan Pakar