Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Kaki dari dua orang menjuntai di tepi batuan yang menghadap ke danau.

Penjelasan Peringkat IP untuk Ketahanan Produk terhadap Air, Debu, dan Lainnya

Pernahkah Anda menjumpai istilah seperti IP55 atau IPX8 saat membaca tentang fitur suatu produk elektronik, seperti ponsel, pengeras suara, atau perangkat penyimpanan? Istilah tersebut mungkin terlihat seperti persamaan aljabar yang belum lengkap. Namun, istilah tersebut memiliki makna nyata dan memuat informasi penting perihal perangkat.

Istilah tersebut disebut peringkat perlindungan masuk/ingress protection (disingkat IP) yang menunjukkan kemampuan produk untuk menahan intrusi debu dan cairan. Peringkat IP mulai dikenal tahun 1976 karena kecenderungan menjengkelkan pada peralatan elektronik yang menurun kinerjanya atau mengalami malafungsi ketika kemasukan air atau debu. Komisi Elektroteknik Internasional (IEC/International Electrotechnical Commission), organisasi global dengan keanggotaan nirlaba yang terdiri dari 170 negara, mengembangkan peringkat yang masih digunakan secara luas di seluruh industri.

Selain menilai potensi intrusi debu dan cairan, standar tersebut (IEC 60529) juga menilai seberapa mudah pengguna mengakses komponen yang berpotensi berbahaya di dalam enclosure perangkat. Peralatan listrik dengan tegangan maksimum 72,5 kV dapat dinilai. IEC telah menentukan berbagai uji untuk dilakukan oleh produsen yang akan memverifikasi pemenuhan persyaratan IP oleh enclosure suatu perangkat.

Tujuan IEC adalah menyusun dokumen tunggal yang memuat semua persyaratan tentang perlindungan enclosure perangkat. Sebelum adanya IEC, standar lain sudah digunakan untuk motor, switchgear tegangan rendah, dan peralatan kontrol.

SSD Eksternal Kingston XS2000 diletakkan di padang rumput yang lebat.

Sejak pesatnya pertumbuhan jumlah produk digital (ponsel, desktop, laptop, tablet, pengeras suara portabel, dll.) serta popularitasnya di kalangan dunia usaha dan awam, peringkat IP adalah standar industri untuk menentukan apakah suatu perangkat tahan air, kedap air, dan lainnya. Lebih dari sekadar sensasi pemasaran, peringkat IP memberikan informasi konkret kepada pengguna mengenai kemampuan perangkatnya.

Agar tidak repot mencari panduan pengguna untuk ponsel, kami akan memberi Anda beberapa informasi umum. Sebagian besar ponsel dewasa ini mendapat peringkat IP67 atau IP68. Keduanya berarti kedap debu (dust-tight) dan menawarkan perlindungan penuh terhadap kontak dengan debu. Peringkat pertama terlindung dari efek perendaman sementara di dalam air dengan kedalaman 36” selama 30 menit; peringkat kedua terlindung dari efek perendaman terus-menerus hingga kedalaman yang ditetapkan oleh produsennya.

Jadi, bagaimana cara menafsirkan peringkat tersebut? Semuanya dimulai dengan inisial IP. Menurut IEC, angka pertama mengacu pada perlindungan terhadap benda padat (misalnya, debu) dan dinilai dengan skala dari 0 (tanpa perlindungan) hingga 6 (tidak ada debu yang masuk). Angka kedua menilai perlindungan enclosure terhadap cairan (misalnya, air) dan menggunakan skala dari 0 (tanpa perlindungan) hingga 9 (pancaran air bertekanan tinggi/bersuhu panas dari berbagai sudut).

Digit Pertama (benda padat asing)

  1. 0 - Tanpa perlindungan
  2. 1 - Terlindung dari benda padat asing berdiameter di atas 50 mm.
  3. 2 - Terlindung dari benda padat asing berdiameter di atas 12,5 mm.
  4. 3 - Terlindung dari benda padat asing berdiameter di atas 2,5 mm.
  5. 4 - Terlindung dari benda padat asing berdiameter di atas 1 mm.
  6. 5 - Terlindung dari debu.
  7. 6 - Kedap debu.

Digit Kedua (perlindungan air)

  1. 0 - Tanpa perlindungan
  2. 1 - Terlindung dari tetesan air yang jatuh secara vertikal
  3. 2 - Terlindung dari tetesan air yang jatuh secara vertikal ketika enclosure dimiringkan hingga 15°
  4. 3 - Terlindung dari semprotan air pada sudut hingga 60°
  5. 4 - Terlindung dari percikan air
  6. 5 - Terlindung dari pancaran air bertekanan rendah
  7. 6 - Terlindung dari pancaran air yang sangat kuat
  8. 7 - Terlindung dari efek perendaman sementara di dalam air dengan kedalaman sekitar 36” selama 30 menit
  9. 8 - Terlindung dari efek perendaman terus-menerus hingga kedalaman yang ditetapkan oleh produsen
  10. 9 - Terlindung dari pancaran air bertekanan tinggi/suhu panas dari berbagai sudut.

Banyak produk Kingston yang memiliki peringkat IP. Produk tersebut di antaranya adalah Flash drive USB terenkripsi (S1000, D500S ) dan SSD Eksternal XS2000.

#KingstonIsWithYou #KingstonIronKey

Video terkait

Minta Bantuan Pakar